Pemasangan Bekisting Kolom dalam Konstruksi Bangunan

bekisting-kolom-kps-steel-distributor-besi-jakarta

Bekisting kolom merupakan salah satu bagian penting pada sebuah konstruksi struktur bangunan. Bagian ini memiliki fungsi sebagai bentuk rancangan struktur bangunan, biasanya terdapat pada pondasi. Selain itu, bagian ini juga terdapat dalam pembuatan tiang bangunan dan lainnya. Secara sederhana, bagian tersebut dapat diibaratkan sebagai cetakan beton. Di mana campuran adukan dituangkan ke dalamnya dengan bentuk dan ukuran tertentu.

Benda ini memiliki beberapa fungsi, antara lain sebagai cetakan saat membuat pindasi bangunana. Fungsi lainnya adalah untuk cetakan beton pada pembuatan pilar atau tiang dengan ukuran serta bentuk sesuai kebutuhan. Sedangkan fungsi ketiga yaitu digunakan sebagai pijakan sementara selama proses pembangunan. Pada artikel kali ini, kami akan menjelaskan beberapa bagian serta metode pemasangan bekisting untuk pembuatan struktur kolom bangunan.

Baca Juga: Pengertian dan Kegunaan Tie Rod Bekisting Pada Bangunan

Bagian Bekisting Kolom yang Perlu Diketahui

Perlu Anda ketahui bahwa benda ini memiliki beberapa bagian. Adapun bagian dari bekisting antara lain sebagai berikut:

1. Kicker

Bagian pertama yaitu kicker alias sepatu kolom. Sesuai dengan namanya, kicker adalah bagian yang berada pada paling bawah struktur. Fungsinya yaitu untuk menempatkan cetakan pada posisi tepat.

Pemasangan kicker dilakukan dengan cara memakunya pada bagian lantai atau dasar kolom. Kicker tidak hanya bisa menggunakan kayu, akan tetapi juga dapat memakai cor beton dengan ukuran tinggi 5 cm.

2. Panel Cetakan (Shutter)

Bagian kedua yaitu panel bekisting atau cetakan alias shutter. Bagian ini dapat dibuat dari beragam material, namun secara umum material yang dipakai yaitu plywood. Penggunaan plywood didasarkan pada faktor ekonomisnya.

Di mana plywood dapat dipakai hingga empat atau bahkan lima kali. Selain itu, plywood juga dipilih karena bisa menghasilkan permukaan beton yang cenderung lebih halus. Pada arah vertikal, panel cetakan tersebut disokong oleh balok kayu.

Sedangkan secara horizontal panel bekisting diperkuat menggunakan klem. Pada saat membuat cetakan, hal yang perlu mendapat pehatian adalah menyatukan panel satu dengan lainnya sehingga membentuk sudut secara pas.

3. Penyangga (Braching)

Bagian ketiga yaitu penyangga atau juga disebut dengan braching. Penyangga befungsi untuk mempertahankan cetakan sehingga tidak terjadi perubahan posisi. Untuk itu, penyangga sangat dibutuhkan pada seluruh arah bekisting.

Metode Pemasangan Bekisting Kolom

Setelah mengetahui apa saja bagian-bagiannya, ada baiknya Anda juga mengetahui bagaimana metode pemasangan bekisting dalam pembuatan struktur kolom suatu bangunan. Adapun penjelasan metode pemasanagannya adalah sebagai berikut.

1. Fabrikasi Bekisting

Fabrikasi yaitu proses pembuatan cetakan atau bekisting sebelum merakitnya langsung di lapangan. Sebelum proses fabrikasi, diperlukan beberapa material terlebih dahulu sebagai bahan pembuatannya.

Bahan yang dibutuhkan antara lain multiplek, kaso, serta paku. Ketebalan multiplek harus sesuai dengan ukuran struktur kolomnya. Untuk kolom berukuran 60×90 bisa menggunakan multiplek berketebalan 15 mm.

Sedangkan kaso dipilih dari jenis kayu keruing berukuran 5/7. Jarak antar kaso harus disesuaikan berdasarkan ukuran kolom. Pada proses fabrikasi, bekisting hanya didirikan, belum ke tahapan diperkuat.

2. Pemasangan Bekisting

Adapun langkah-langkah pemasangan cetakan ini dari awal sampai akhir akan dijelaskan sebagai berikut:

  1. Pertama, membuat sepatu kolom (kicker) sebagai dasar cetakan sehingga letaknya presisi sesuai gambar desain atau perencanaan.
  2. Kedua, memasang bekisting
  3. Ketiga, memasang sabuk balok pada cetakan untuk memperkuatnya. Balok tersebut harus dikunci menggunakan tie rod.
  4. Keempat, memasang pipa support yang fungsinya untuk mempertahankan posisi vertikal kolom dan menghindari bentuk miring.

Baca Juga: Kenali Fungsi Kolom Praktis dan Cara Pembuatannya

Untuk mendapatkan bangunan yang kuat dan kokoh, maka struktur kosntruksinya harus dibuat dengan presisi. Jika Anda tertarik untuk mempelajari informasi yang lebih lengkap mengenai beragam jenis besi, kunjungi blog kami untuk info terbaru. Kunjungi juga laman produk kami untuk informasi mengenai ragam jenis besi di KPS Steel. Anda juga dapat melakukan pemesanan secara online, hubungi kami melalui WhatsApp.

Bagikan Artikel :
Menu