Intip Perbedaan Model Besi Berdasarkan Bentuk Rangka

Pilihan model besi yang tepat dapat mengurangi resiko kekurangan material.

Pilihan jenis besi sangat beragam, dan perbedaan biasanya terletak dari bentuk rangka atau bentuk fisiknya. Model besi tertentu hanya bisa digunakan untuk tujuan tertentu pula, sehingga masing-masing punya fungsinya sendiri-sendiri. Secara umum besi dengan model rangka biasanya digunakan untuk keperluan konstruksi. 

Baca Juga: Simak Tips Memilih Besi Wiremesh Sesuai Fungsinya

Model Besi Berdasarkan Bentuk Rangka

Untuk membantu Anda lebih mengenal nama-nama besi konstruksi, maka bisa mengenal berbagai jenisnya melalui artikel di bawah ini: 

  1. Pipa Besi 

Jenis yang pertama adalah pipa besi, dan sesuai dengan namanya bentuk kerangka besi ini adalah bulat memanjang dengan rongga kosong di bagian tengah. Besi jenis ini terbuat dari material baja yang sering dijumpai di berbagai toko bahan bangunan. 

Penggunaannya sendiri adalah untuk membuat saluran, khususnya untuk saluran material yang mudah terbakar. Misalnya saluran gas, minyak, dan aneka jenis bahan tambang lainnya. Sebab mengalirkan hasil tambang tersebut tidak memungkinkan memakai pipa dari material plastik, karena dijamin habis terbakar. 

  1. Besi Plat 

Besi yang kedua adalah besi plat, bentuknya sendiri berupa pelat atau lempengan yang cenderung tipis namun tetap kaku dan kuat. Umumnya model besi satu ini digunakan sebagai bahan dasar pembuatan perkakas. Khususnya perkakas rumah tangga seperti rak piring, meja kopi, rak buku, rak sepatu, dan lain sebagainya. 

  1. Besi Beton 

Berikutnya ada besi beton yang juga sering disebut dengan istilah besi penulangan. Bentuknya bulat panjang yang umum digunakan untuk memperkuat konstruksi atau pondasi bangunan ringan, seperti rumah hunian. Bagian permukaannya terdapat motif ulir yang bertujuan untuk memudahkan penggunaanya. 

Berkat motif ulir ini pula, besi beton juga sering disebut sebagai besi ulir. Motif ulir ini diketahui juga berfungsi untuk meningkatkan daya lekat. Sehingga mampu menahan beban secara maksimal dan mencegah bagian yang ditopang rusak atau roboh. 

  1. Besi Siku

Jenis besi selanjutnya adalah besi siku yang terdiri dari satu potongan besi yang dibuat membentuk sudut 90 derajat atau berbentuk siku. Sehingga membentuk posisi tegak lurus, salah satunya vertikal dan satunya lagi horizontal. Besi siku sekilas mirip dengan bentuk segitiga namun tidak terdapat penutup di salah satu sisinya. 

Penggunaannya sendiri sangat banyak, paling sering adalah dijadikan penyangga untuk rak dinding. Bisa juga dijadikan sebagai penyangga tower air, penyangga rak besi, rangka pintu, dan lain sebagainya. 

  1. Besi Hollow 

Besi hollow merupakan salah satu besi konstruksi yang bentuknya pipa kotak, sehingga berbentuk kotak namun kosong di bagian tengah. Besi jenis ini paling sering digunakan untuk pembuatan rangka atap, plafon, partisi, dan lain sebagainya. 

Penggunaannya memberi banyak keuntungan karena tahan api, tahan korosi, anti rayap, dan juga anti hama dan binatang pengerat. Beberapa orang juga menggunakannya sebagai pagar rumah dan balkon maupun kanopi. 

  1. Besi UNP 

Besi konstruksi berikutnya adalah besi UNP, dan merupakan model besi yang memiliki bentuk seperti huruf U. Besi jenis ini berfungsi sebagai penutup balok pada area atap, dan bisa juga digunakan sebagai penutup balok untuk penopang bagian dinding. 

Oleh tukang las, besi UNP sering dipilih untuk membuat rangka. Misalnya rangka pagar rumah, rangka kanopi, dan lain sebagainya. Berhubung bentuknya huruf U maka mudah untuk dibentuk, sehingga tidak memakan waktu lama untuk mengerjakannya. 

  1. Besi Wiremesh 

Selanjutnya adalah besi wiremesh yang juga dikenal sebagai besi anyam. Besi ini terbuat dari material baja yang kuat dan kemudian dianyam memakai mesin las bertegangan tinggi. Sehingga berbentuk lembaran dan memiliki penampakan seperti sebuah anyaman. Penggunaannya sendiri bisa memperkuat pondasi bangunan baik di tiang, lantai, dan sebagainya. 

Melalui penjelasan di atas, Anda tentu menjadi lebih kenal berbagai jenis besi. Sehingga kedepannya bisa memilih sesuai kebutuhan dan tujuan. 

Baca juga: Takut Salah Pilih? Simak Panduan Pemilihan Ukuran Besi Siku.

Jika Anda tertarik untuk mengetahui lebih banyak mengenai Material Besi, kunjungi website KPS Steel di sini, atau hubungi kami melalui Whatsapp di sini.

Bagikan Artikel :
Menu