Ini yang Dapat Anda Lakukan untuk Mengolah Besi Bekas

Ini yang Dapat Anda Lakukan untuk Mengolah Besi Bekas

Besi bekas adalah salah satu penyumbang limbah terbesar di lingkungan, namun sebenarnya ada cara-cara memanfaatkan limbah besi tersebut.

Sampah besi bekas merupakan salah satu penyumbang limbah terbesar di lingkungan saat ini. Penggunaannya yang massif, namun minim pendauran menjadikan sampah besi bertebaran dimana-mana. Bahkan tak susah untuk menemukan limbah yang satu ini di aliran sungai, got-got rumah, hingga ke kawasan pantai.

Baca Juga: 5 Alasan Jual Beli Besi Tua Sangat Menguntungkan

Tak banyak yang mengetahui bahwa sebenarnya limbah besi masih sangat bisa untuk dimanfaatkan kembali, untuk keperluan sehari-hari.

Ide dan Cara Memanfaatkan Limbah Besi

Ada beragam cara menanfaatkan limbah besi yang bisa anda coba, berikut adalah beberapa contohnya.

1. Pot Tanaman

Pemanfaatan yang pertama adalah mengubah limbah besi menjadi pot tanaman. Bahan utama dari pot tanaman ini adalah kaleng bekas, baik itu bekas minuman, makanan kaleng, pengharum, bahkan bekas kaleng cat pun bisa digunakan.

Anda bisa memulainya dengan membersihkan terlebih dahulu kaleng bekas tersebut. Jika sudah bersih dan kering, maka tahapan selanjutnya adalah mulai mewarnai bagian luar dari kaleng. Anda bisa memilih warna polos, ataupun bisa menambahkan corak dan motif-motif lucu.

Setelah selesai diwarnai, tahapan selanjutnya adalah memberikan beberapa lubang kecil di bagian bawah kaleng, agar bisa memberikan ruang resparasi dan tempat keluar masuk air untuk tanaman. Barulah setelahnya Anda bisa menambahkan kreasi dengan menjadikannya pot gantung, dengan menggunakan sisa kawat atau tali yang ada di rumah. Namun jika memang tidak ada, anda bisa menggunakannya sebagai pot duduk biasanya.

2. Asbak Rokok

Kreasi yang kedua adalah asbak rokok. Mungkin terdengarnya sepele, namun sebenarnya hal ini sangat berguna. Anda bisa menghasilkan wadah untuk asbak rokok dari besi bekas. Besi yang anda gunakan bisa beragam jenisnya. Langkah-langkahnya adalah dengan mulai memilah jenis besi terlebihdahulu.

Jika besi bekas tersebut sudah berupa wadah, maka tahapan selanjutnya adalah mengecatnya untuk menghilangkan sisa karat, sekaligus memunculkan kesan baru dan bersih pada besi. Setelahnya berikan bantalan dari besi atau bahan kayu di atas wadah, yang berguna sebagai tempat untuk meletakkan rokok.

3. Membuat mainan

Pemanfaatan yang ketiga adalah untuk membuat mainan anak. Dari besi bekas ini Anda bisa merakitnya menjadi beberapa jenis mainan, antara lain mobil-mobilan, pesawat tempur, pistol atau mainan tembak-tembakan, kemudian bisa juga dirubah menjaid robot-robotan.

Kunci dari perakitan ini adalah adanya alat las dan alat solder, sebab mengharuskan Anda untuk melubangi dan menyatukan antara besi satu dan yang lainnya. Jangan lupa untuk memberikan warna dengan cat besi atau pilox, untuk mendapatkan mainan yang baru dan tak cepat berkarat.

4. Lampu gantung

Pemanfaatan limbah besi selanjutnya adalah untuk diubah menjadi lampu gantung. Biasanya ide ini sangat cocok digunakan jika Anda menyukai tampilan outdoor yang terkesan vintage ataupun lawas. Penggunaan besi bekas sebagai pengganti lampu outdoor bisa Anda coba, untuk mengganti lilin atau mungkin lampu templek.

Caranya adalah dengan membuat besi bekas menjadi sebentuk wadah, yang memiliki beberapa bolongan kecil. Bolongan ini bisa dikreasikan seperti bentuk bulat, memanjang, ataupun bentuk lainnya agar terlihat beragam dan indah.

Wadah ini nantinya tinggal dijadikan bagian luar dari lampu gantung yang anda miliki. Bentuk bolongan inilah yang nantinya akan memberikan corak yang khas pada pantulan cahaya lampu tersebut. Penggunaan bohlam juga lebih disarankan daripada lilin, untuk menghindari kondisi besi yang terlalu panas atau terbakar.

Itulah beberapa kreasi dari besi bekas yang bisa anda coba, dalam rangka untuk mengurangi limbah sampah besi di lingkungan anda.

Baca Juga: Mengenal Arti dan Kegunaan Stainless Steel

Jika Anda tertarik untuk mendapatkan lebih banyak informasi mengenai besi, silakan kunjungi blog KPS Steel di sini.

Bagikan Artikel :
Menu