Mengenal Ragam Bahan Bangunan untuk Membangun Rumah

Bahan Bangunan untuk Membangun Rumah kps distributor besi jakarta

Bahan bangunan untuk membangun rumah jumlahnya sangat banyak. Memang, tidak semua bahan bangunan harus Anda gunakan. Anda perlu menyesuaikannya dengan konsep dan tema hunian hingga menciptakan suasana nyaman dan enak dipandang.

Misalnya saja, material batu kali yang biasa digunakan untuk keperluan pondasi, baik untuk rumah atau bangunan. Beberapa kontraktor sering memanfaatkannya karena ukurannya dapat disesuaikan dengan hunian itu sendiri.

Jenis batuan ini memberikan daya topang bagus sehingga Anda tidak perlu khawatir soal ketahanannya. Terlebih lagi, saat terjadi gempa, kemampuan dalam mempertahankan bangunan dinilai cukup bagus. Hanya saja, harganya pun cukup tinggi.

Bahan Bangunan untuk Membangun Rumah

Bukan hanya batu kali saja, Anda bisa memakai beberapa material lain. Beberapa contohnya adalah lumpur serta tanah liat yang dapat dipakai sebagai pondasi. Tidak semua material ini bisa dibilang bagus karena Anda harus melihat kualitasnya.

Meskipun begitu, kemampuan kedua bahan tersebut dalam menopang rumah tidak perlu diragukan lagi. Namun, apakah hanya dua material itu saja? Tentu tidak. Masih ada beberapa material lain yang bisa Anda manfaatkan. Berikut beberapa contohnya.

1. Batu Bata

Bahan bangunan untuk membangun rumah selanjutnya adalah batu bata yang terbuat dari tanah liat. Bahan bangunan ini berwarna merah akibat dari pembakaran yang terjadi. Biasanya, batu bata dimanfaatkan dalam pembuatan dinding.

Ada beberapa kelebihan dapat dilihat dari penggunaannya, seperti harganya relatif terjangkau dan hampir semua toko menjualnya. Dengan begini, Anda tidak perlu pusing harus mencari bila memang bahannya kurang.

Selain itu, kemampuannya dalam menahan panas cukup baik. Maka dari itu, sangat disarankan untuk memakai batu bata terutama di wilayah perkotaan. Daya perekat material ini hanya memerlukan pasir dan semen.

2. Batako

Bahan bangunan untuk membangun rumah selanjutnya adalah batako. Material ini terbuat dari pasir dan semen yang selanjutnya dicetak menggunakan press. Harus diakui, kelebihannya bahan ini cukup banyak.

Salah satu kelebihannya adalah tahan terhadap air. Dengan begini, Anda bisa menghemat karena tidak perlu memakai cat anti bocor agar terhindar dari rembes. Kelebihan lainnya adalah bentuknya tampak sama dan seragam.

Artinya, pemasangan batako akan jauh lebih mudah berkat keseragaman bentuk ini. Berbeda dengan bata merah yang harus memotongnya terlebih dulu. Dari segi berat, batako termasuk ringan. Untuk itu, proses pengerjaannya cepat.

Meski begitu, pertimbangkan lagi sebelum Anda memutuskan untuk menggunakan bahan ini. Bahan bangunan untuk membangun rumah ini kurang bagus dalam melakukan penyerapan panas. Maka dari itu, di perkotaan sangat jarang memakai material ini. Bahan ini lebih disarankan untuk digunakan pada rumah di pegunungan.

3. Pasir

Pasir merupakan material utama dalam pembangunan rumah. Bisa dikatakan, pasir bagaikan nyawa bangunan karena setiap tahapan pembangunan pasti memerlukan pasir. Hanya saja, jangan sampai salah dalam memilih pasir agar hasilnya memuaskan.

Usahakan untuk memilih pasir dengan kandungan lumpur yang sedikit. Kondisi tersebut sangat berpengaruh saat Anda mencampurnya dengan semen. Perlu diperhatikan, material ini memiliki banyak pilihan. Untuk itu, ketahui dulu mana yang paling cocok dan tepat sebelum membeli.

4. Kayu

Bahan bangunan untuk membangun rumah selanjutnya adalah kayu. Sama halnya seperti pasir, material ini sangat penting. Hampir semua hunian memakainya. Bukan hanya ada di desa saja, bangunan di perkotaan juga masih memakainya.

Kelebihan penggunaan material ini adalah teksturnya terlihat indah dan kuat. Selain itu, harganya terjangkau dan pengerjaan muda. Itu sebabnya, Anda tidak memerlukan banyak waktu untuk membangun rumah menggunakan material ini.

Menariknya lagi, jenis material ini ada banyak, mulai dari jati, sengon, mahoni, sampai dengan trembesi. Sebelum membelinya, harap teliti terlebih dulu karena masing-masing jenis mempunyai kelebihan dan kekurangan, termasuk soal harga.

Bahan bangunan untuk membangun rumah ini juga mempunyai kelemahan, seperti tidak tahan terhadap panas, susah dibentuk, sampai berpotensi rusak akibat hewan pengerat. Sistem perawatannya juga tidak mudah.

5. Genting

Selanjutnya, ada pula bahan lain, yakni genting yang terbuat dari tanah liat. Hampir seluruh hunian memakainya sebagai atap. Dari segi harga, genting memang terjangkau. Selain itu, bahan ini tangguh terhadap berbagai cuaca, baik itu panas atau badai.

Harus diakui bahwa pemakaiannya sendiri memberikan suasana rumah menjadi sejuk. Bahan bangunan untuk membangun rumah tersebut juga punya beberapa kelemahan, seperti mudah berlumut dan pudar dalam jangka waktu lama.

Tingkat rawan bocor pada material ini juga tinggi. Maka dari itu, Anda harus rajin melakukan pengecekan sampai perawatan secara intensif. Setidaknya, Anda perlu mengecek setiap satu bulan sekali atau satu minggu ketika musim hujan.

Baca Juga: 10 Cara Membuat Denah Rumah Sederhana dengan Mudah

6. Semen

Bahan bangunan untuk membangun rumah berikutnya adalah semen. Kami merekomendasikan semen dengan warna putih, di mana kegunaannya cukup banyak. Salah satu kegunaannya adalah mampu mengatasi tembok retak dan terkelupas.

Harus diakui, teksturnya sendiri memang kuat. Bila diaplikasikan pun bahan ini tergolong sangat tahan lama. Kelebihan lainnya adalah produk ini cukup aman terhadap lingkungan sebab hasil pengolahannya mampu didaur ulang.

Perlu diketahui bahwa unsur dekoratif dari material ini cukup bagus. Memakai semen putih sangat cocok untuk tipe hunian dengan konsep industrial. Tidak heran, bila kesan ruangan akan terlihat unik dan menarik.

Bahan bangunan untuk membangun rumah ini harus diakui lebih mahal dibandingkan lainnya. Namun, saat diaplikasikan ternyata penggunaannya lebih hemat karena penggunaan bahan ini tidak perlu terlalu banyak.

7. Kaca

Bahan selanjutnya adalah kaca, material penting yang jenisnya cukup banyak. Ada berbagai jenis kaca, seperti kaca polos dengan bahan sodium silikat. Tidak heran bila harga jualnya sendiri sangat terjangkau.

Pilihan lainnya adalah kaca anti pecah. Seperti namanya, kekuatan dari material ini memang sangat kuat. Kaca ini mampu tahan terhadap benturan walau sangat kuat. Hal tersebut bisa terjadi karena penggunaan Polyvinyl butyral pada kaca ini.

Bagi Anda yang membangun rumah dengan tingkat risiko tinggi, maka Anda disarankan untuk memakai kaca anti pecah. Tenang saja, tingkat ketebalannya bisa disesuaikan kebutuhan sehingga tidak akan mengganggu pandangan.

Ada juga jenis kaca photochromic yang mungkin masih asing terdengar. Maklum saja, jenis ini sering digunakan untuk bangunan kantor alih-alih hunian keluarga. Fungsi material ini adalah demi mengurangi sinar matahari yang masuk ke dalam sekaligus mengurangi panas.

8. Cat

Bahan bangunan untuk membangun rumah berikutnya adalah cat. Material ini sangat penting untuk diperhatikan terutama mengenai kemampuan serta pola warnanya. Berbagai merk cat bermunculan dengan memberikan penawaran.

Beberapa contohnya, terdapat cat yang menawarkan keunggulan ramah terhadap lingkungan dan anak-anak, tahan lama, sampai harga terjangkau. Meskipun begitu, jangan langsung tergiur dengan klaim tersebut.

Pastikan Anda membaca deskripsi produknya sebelum memutuskan untuk membeli. Selain itu, tentukan dulu bagaimana pola warnanya yang sesuai dengan tema bangunan.

Permainan warna seperti ini menjadi pengaruh terbesar bagi sebuah hunian agar terlihat bagus. Apalagi, hal ini semakin penting apabila Anda berniat untuk tinggal di rumah tersebut dalam jangka waktu yang lama.

9. Baja

Bahan berikutnya adalah baja, yakni bahan yang biasa digunakan sebagai penguat bangunan itu sendiri. Fungsinya memang sangat krusial sebagai penahan beban pada atap sekaligus untuk memperkuat dinding.

Sebab memiliki peran penting, penting bagi Anda untuk memilih bahan berkualitas, salah satunya di KPS Steel. Anda akan mendapatkan pengalaman menyenangkan berbelanja di sini. Apalagi, Anda tidak perlu meragukan kualitas produk kami.

Penasaran ingin menggunakan produk tersebut? Langsung saja, hubungi KPS Steel sekarang juga untuk mendapatkan produk yang Anda inginkan. Kami dengan sigap dan cepat akan membantu.

Harus diakui dalam membangun memang tidak mudah. Anda perlu tahu berbagai bahan bangunan untuk membangun rumah, karena ada banyak sekali, perhatikan dan lihat dengan seksama mana yang Anda butuhkan.

Kini, Anda tidak perlu bingung lagi untuk memilih bahan bangunan untuk rumah, seperti besi berkualitas. KPS Steel sebagai distributor besi terpercaya menyediakan berbagai pilihan produk berkualitas yang bisa Anda lihat di laman produk KPS Steel.

Baca Juga: Prinsip Pembuatan Rumah Tahan Gempa yang Wajib Dipahami

Kami menjamin kualitas dan pelayanan terbaik untuk memenuhi kebutuhan pelanggan. Apabila Anda berminat membeli besi berkualitas, langsung saja hubungi KPS Steel di sini. Anda juga bisa menemukan beragam informasi bermanfaat melalui blog KPS Steel.

Bagikan Artikel :

Artikel Terkait