Mengenal Jenis Jenis Mesin Bor serta Fungsinya

Mengenal Jenis Jenis Mesin Bor serta Fungsinya KPS Steel distributor besi jakarta

Ada sejumlah jenis jenis mesin bor yang kerap digunakan dalam berbagai pekerjaan. Mesin ini merupakan power tool yang kegunaannya adalah untuk membuat lubang pada beragam jenis media. Seperti kayu, dinding, besi, tanah, dinding, dan lain sebagainya.

Alat perkakas ini dilengkapi motor penggerak untuk memutar mesin yang telah disambungkan dengan mata bor pada bagian ujungnya. Mata bor yang permukaannya memiliki ulir-ulir khusus berputar dengan cepat sehingga melubangi permukaan benda kerja yang diam.

Pada dasarnya, alat ini berfungsi untuk membuat lubang. Seiring perkembangannya, mesin bor kini dirancang dalam beberapa jenis untuk berbagai kebutuhan dengan fungsi masing-masing.

Jenis Jenis Mesin Bor dan Fungsinya

Mesin bor atau drill dapat bergerak dengan beberapa jenis penggerak. Menurut tenaga penggeraknya, drill terdiri dari cordless (digerakkan dengan tenaga baterai), listrik langsung (menggunakan kabel), manual (tenaga manusia), dan bensin.

Di samping itu, mesin ini juga terbagi menjadi beberapa jenis menurut fungsinya. Berikut adalah beberapa jenis mesin drill atau bor berdasarkan kegunaannya:

1. Mesin Bor Tangan

Mesin bor tangan adalah jenis jenis mesin bor tangan (hand drill) yang sederhana dan paling sering digunakan. Hand drill sendiri terdiri dari beberapa jenis yang dibedakan menurut ukuran mata bornya, mulai dari ukuran 6,5 mm sampai 32 mm.

Fungsi hand drill umumnya dipakai untuk membuat lubang pada permukaan besi maupun kayu. Selain membuat lubang, hand drill sering digunakan untuk mengencangkan maupun melepaskan baut.

Cara menggunakannya cukup mudah, Anda hanya perlu menekan tombol yang ada untuk memutar mata bor. Hand drill yang dijual di pasaran memiliki beragam spesifikasi. Perbedaan spesifikasi menawarkan bentuk, kapasitas, kecepatan putaran, dan arah putaran berbeda juga.

2. Ratchet Drill

Rachet drill merupakan satu dari jenis jenis mesin bor yang termasuk bor manual. Kegunaan rachet drill lebih diperuntukkan untuk membuat lubang pada permukaan kayu. Ini karena tumpuannya kurang sehingga tekanan yang diberikan lebih kecil.

Karena karakteristik tersebut, maka rachet drill kurang cocok jika diaplikasikan untuk membuat lubang pada objek yang lebih keras seperti logam. Alat ini sering dijumpai di workshop-workshop pengrajin kayu atau pekerjaan perkayuan secara umum.

3. Mesin Bor Cordless

Cordless drill merupakan mesin bor tanpa kabel, namun menggunakan baterai sebagai tenaga penggeraknya. Cordless drill banyak dimanfaatkan dalam pekerjaan-pekerjaan yang sifatnya lebih ringan karena kekuatan putarannya cenderung lemah dibanding yang lain.

Fungsi dari jenis jenis mesin bor satu ini adalah dipakai untuk mengebor gypsum atau kayu. Mata bor berukuran kecil dapat digunakan untuk mengebor permukaan besi. Jenis ini banyak dimiliki oleh rumah tangga.

4. Mesin Bor Impact

Impact drill memiliki kemiripan dengan hand drill dan termasuk dalam jenis corded (menggunakan tenaga listrik). Bedanya adalah jenis ini dilengkapi fitur impact. Fitur tersebut memungkinkan alat ini tidak hanya bisa memutar mata bor.

Akan tetapi juga memberikan hentakan atau dentuman dengan arah maju mundur. Penambahan fitur impact bertujuan agar mata bor dapat menembus tembok beton yang strukturnya keras.

Pada umumnya, ukuran mata bor pada jenis jenis mesin bor impact adalah 13 mm. Terlepas dari fitur impact yang tersedia, Anda dapat mengaktifkan maupun menonaktifkan fitur tersebut.

Baca Juga: Intip Model Mata Bor yang Cocok Untuk Kerajinan Kayu

5. Floor Drill Press

Floor drill press banyak dikenal dengan sebutan bor duduk. Seperti namanya, penggunaan alat satu ini diletakkan pada lantai atau meja. Meskipun tidak dilengkapi magnet, namun bagian alas benda kerja dapat diputar pada sudut tertentu.

Fitur tersebut memungkinkan proses pengeboran pada benda kerja menjadi lebih mudah, cepat dan akurat dengan posisi yang presisi. Floor drill press biasanya digunakan untuk mengebor kayu dan besi yang akan dibuat menjadi sesuatu.

6. Bor Magnet (Magnetic Drill)

Jenis jenis mesin bor selanjutnya yaitu magnetic drill. Dinamakan magnetik drill karena alat satu ini dilengkapi magnet berukuran besar pada bagian alasnya yang bisa diaktifkan maupun dinonaktifkan.

Apabila magnet diaktifkan, alat ini dapat mengebor benda kerja dengan posisi apapun baik itu vertikal ataupun horizontal. Selama alasnya berupa besi, alat ini dapat dipasang pada posisi apapun. Karena menggunakan magnet, maka kegunaannya adalah untuk mengebor besi.

7. Mesin Bor Gantung

Sesuai namanya, salah satu dari jenis jenis mesin bor ini dipasang dengan cara menggantung sehingga membedakannya dari alat drill yang lain. Perbedaan juga dijumpai pada fungsi.

Jika alat drill lain secara umum digunakan untuk membuat lubang pada benda kerja, maka bor gantung fungsinya adalah untuk mengikis atau memperbesar lubang yang telah dibuat sebelumnya.

Karena fungsinya berbeda, maka mata bor yang digunakan pada alat ini juga berbeda dari mata bor jenis mesin drill lainnya.

8. Earth Auger

Earth Auger merupakan jenis mesin drill yang dipakai untuk mengebor tanah. Permukaan tanah yang akan dilubangi memerlukan alat drill dengan tenaga besar sehingga earth auger ditenagai oleh bensin. 

Untuk mempermudah pekerjaan Anda dalam membuat lubang di berbagai objek kerja, diperlukan mata bor berkualitas dengan beragam bentuk maupun ukuran. KPS Steel menyediakan produk mata bor nachi terbaik untuk berbagai kebutuhan Anda.

Jika Anda tertarik untuk membeli mata bor nachi untuk berbagai keperluan konstruksi, pastikan memilih KPS Steel. KPS Steel menyediakan beragam jenis besi berkualitas untuk memenuhi kebutuhan konstruksi Anda. Kunjungi laman produk KPS Steel untuk info selengkapnya.

Baca Juga: Perbedaan Mata Bor Kayu dan Besi serta Mata Bor Beton

Anda juga dapat mengikuti informasi terkini seputar dunia konstruksi melalui blog KPS Steel. Lakukan pemesanan secara online untuk produk yang Anda butuhkan melalui link ini.

Bagikan Artikel :