Mengenal Jenis Jenis Konstruksi di Indonesia

jenis jenis konstruksi kps steel distributor besi jakarta

Jenis jenis konstruksi terdiri dari berbagai macam bangunan dengan beragam fungsi. Apalagi seiring dengan perkembangan teknologi dan zaman. Sebuah konstruksi telah mengalami banyak perubahan yang lebih kompleks. 

Di Indonesia pun, konstruksi telah mengalami perkembangan ke arah yang lebih modern. Sebab kebutuhan manusia pun semakin beragam. Mengenal Apa itu Teknologi Konstruksi, Tujuan & Fungsinya juga merupakan perkembangan untuk pekerja-pekerja konstruksi di Indonesia. 

Untuk memajukan perekonomian pun harus ditunjang dengan sarana dan prasarana yang mumpuni dan memadai. Dalam rangka mewujudukannya, banyak manusia yang melakukan berbagai macam inovasi di bidang konstruksi.

Jenis Jenis Konstruksi

Konstruksi merupakan kegiatan yang mencakup pembangunan, pemeliharaan, dan perbaikan infrastruktur. Sementara itu, konstruksi juga meliputi struktur bangunan atau model dan desainnya. 

Fungsinya pun bermacam-macam tergantung pada tujuan pembangunan sebuah infrastruktur. Berikut ini adalah jenisnya yang harus Anda ketahui!

1. Konstruksi Gedung

Anda akan menjumpai jenis-jenis konstruksi berupa bangunan gedung di Indonesia. Saat ini tidak hanya ada di kota besar, bahkan juga di daerah-daerah. Gedung-gedung ini biasa digunakan untuk bangunan yang sifatnya institusional. 

Biasanya untuk perusahaan, perkantoran, lembaga pendidikan, rumah sakit, mall atau pusat perbelanjaan hingga sekadar tempat rekreasi. Konstruksi gedung banyak digarap oleh arsitek ataupun insinyur sipil sehingga lebih mengedepankan kebutuhan masyarakat. 

2. Konstruksi Jalan

Supaya bisa melakukan pekerjaan berupa konstruksi jalan, sebuah lembaga atau perusahaan konstruksi harus ditunjuk terlebih dahulu oleh pemerintah setempat. Seringkali proyek ini disebut juga dengan heavy engineering construction

Bisa melalui proses pelelangan atau langsung ditunjuk. Secara umum proyek ini meliputi pembangunan jalanan, rel kereta, fasilitas umum, taman kota, dan banyak lainnya.

Sementara itu, dalam proses pengerjaan jalan raya meliputi tahapan pengukuran, penggalian kemudian dilakukan pengerasan jalan. Selain itu, juga perlu memikirkan konstruksi jembatan dan sistem drainase

3. Konstruksi Industri

Jenis jenis konstruksi ini pada umumnya berupa pembangunan kilang minyak, bangunan yang mendukung kegiatan industri, baik itu berat, kimia, ataupun farmasi. Harus dikelola oleh tim yang memang ahli agar sesuai standar dan landasan hukum yang berlaku. Dalam proses pembuatannya pun membutuhkan keahlian khusus dan penggunaan  teknologi yang lebih spesifik lagi.

4. Konstruksi Teknik Berat

Selanjutnya adalah konstruksi teknik berat yang menjadi program pembangunan oleh negara. Tidak bisa dibangun seenaknya dan harus melalui persetujuan dan izin negara. Karena pembangunan ini ada hubungannya dengan utilitas sebuah negara. 

Proyeknya mencakup pembangunan bendungan, pemasangan pipa, pembuatan jalur transportasi dan banyak lainnya. Orientasi kepentingannya tentu saja memudahkan rakyat dan melengkapi fasilitas yang mereka butuhkan.

5. Konstruksi Perumahan

Konstruksi perumahan merupakan jenis jenis konstruksi yang meliputi pembangunan perumahan baik berupa komplek rumah-rumah atau apartemen, ataupun penginapan seperti villa dan hotel. Biasanya dilakukan pembangunan ini baik secara personal ataupun massal.

Untuk proses pengerjaan konstruksinya dibutuhkan perencanaan wilayah yang matang sebab akan berkorelasi dengan penyediaan fasilitas lainnya. Fasilitas-fasilitas yang harus terpenuhi dengan baik seperti ketersediaan air bersih, sambungan jaringan listrik, akses jalanan, serta saran dan prasarana lainnya. 

Tahap-Tahap Proyek Konstruksi

Dalam rangka mewujudkan jenis jenis konstruksi sebagaimana yang dikehendaki di atas, maka berikut ini adalah tahapan yang biasa dilakukan seorang kontraktor dan timnya.

1. Tahap Planning

Tahap pertama untuk konstruksi adalah melakukan perencanaan. Kegiatannya meliputi penetapan garis besar dari rencana proyek yang akan dikerjakan. 

Salah satunya juga melakukan perekrutan konsultan ahli. Sehingga kemudian dapat dilakukan uji kelayakan, memilih desain konstruksi sampai financing.

2. Tahap Designing

Tahapan kedua merupakan proses designing atau perancangan desain. Biasanya melalui proses pra-rancangan, pengembangan desain dan kemudian penyiapan dokumen final. 

3. Tahap Pengadaan

Tahap ketiga disebut juga dengan tahap pengadaan atau pelelangan yang dilakukan konsultan pengawas. Di sinilah mulai muncul kontraktor yang akan menjadi penanggung jawab, selain itu juga bisa mulai menyiapkan bahan-bahan kebutuhan konstruksi yang dapat dicek di sini.

4. Tahap Pelaksanaan

Tahap keempat adalah pelaksanaan dari semua yang sudah disusun dan direncanakan sedemikian rupa di awal. Pengerjaan ini atau proses construction bisa dilakukan setelah keluarnya Surat Perintah Kerja. Maka dimulailah pembangunan konstruksi secara fisik yang disesuaikan dengan konsep yang telah ada dan sesuai dengan kesepakatan. 

Tahapan untuk Mewujudkan Berbagai Jenis Konstruksi

Sementara itu, di sini akan dibahas mengenai tahapan pekerjaan dalam melakukan konstruksi bangunan. Berikut penjelasan lengkapnya!

1. Konsep Rancangan

Pada konsep rancangan maka harus bisa meliputi aspek struktural, mekanikal, keahlian dan tentative yang diperlukan dalam proses pembangunan nantinya. Konsep yang dihasilkan di sini dijadikan sebagai acuan dalam pembangunan. Sehingga dapat menghimpun semua data dan kebutuhan yang memang diperlukan.

2. Skematik Desain

Rancangan awal mulai berubah menjadi sebuah visualisasi dari cikal bakal konstruksi yang akan dikerjakan. Biasanya akan disajikan dalam bentuk gambar sebagai pola arsitekturnya. 

Sementara hal lainnya yang secara fungsional dibutuhkan akan dituliskan dalam diagram dan laporan tertulis yang bergambar. Skematik desain rancangan ini harus mudah dipahami oleh jasa konstruksi.

3. Pengembangan Rancangan

Dalam tahapan ini mulailah segala rancangan dikembangkan oleh jasa konstruksi. Tentu saja setelah disetujui oleh pengguna jasa konstruksi. Biasanya pada proses ini sudah matang dan mengalami banyak revisi. 

4. Pembuatan Gambar Kerja

Pada tahap ini, seorang arsitek bertugas dan berperan penting untuk mengonversi konsep ke dalam gambar yang lengkap dan terperinci. Bahkan harus menjelaskan juga bagaimana proses pengerjaan jenis jenis konstruksi yang tengah digarap.

5. Pengadaan dan Pelaksanaan

Sebelum memasuki proses pelaksanaan, maka Anda harus melalui tahapan pengadaan terlebih dahulu. Barulah kemudian pada tahap pelelangan yang sudah lengkap datanya dengan syarat, rencana kerja, bahkan hingga rancangan anggaran biaya yang diberikan. 

Proses pelelangan ini akan menemukan tidak hanya konsultan ahli tapi juga jasa konstruksi yang akan berlomba-lomba untuk membidik suatu proyek. Apalagi jika proyek infrastruktur besar. Sementara itu untuk pengadaan bahan material konstruksi bisa mempertimbangkan pasokan dari supplier berikut.

6. Pengawasan Berkala

Tahapan terakhir adalah pengawasan secara berkala. Pekerjaan lapangan untuk pembangunan dimulai, maka harus ada pengawasan terkait keberlangsungan proyek. 

Setidaknya diadakan pertemuan minimal sebulan sekali. Sehingga pengambilan keputusan akan diketahui semua pihak dan memperlancar koordinasi kerja.

Toko Besi KPS Steel Solusi Kebutuhan Konstruksi di Indonesia

Kini Anda telah mengetahui jenis jenis konstruksi di Indonesia. Semua struktur konstruksi yang baik dan tahan lama karena didukung oleh bahan-bahan dasar yang kuat. Untuk mendapatkan berbagai jenis besi dan bahan konstruksi, maka KPS Steel bisa memberikan solusi.

Produk-produk yang dapat kami suplai berupa berbagai jenis besi mulai dari beton, baja, hollow, plat besi, atap, mata bor, pipa besi dan banyak lainnya. Kelebihan dari perusahaan kami adalah selalu mengutamakan kualitas sejak 1996. Pelayanan kami cepat dan responsif dengan harga yang kompetitif. 

Tidak hanya menyediakan kebutuhan material-material untuk pembangunan konstruksi. KPS Steel juga memberikan ragam rekomendasi seperti 11 Inspirasi Model Dak Teras Rumah Minimalis Modern untuk hunian Anda. 

Jika Anda ingin mendapatkan berbagai update informasi dan tips mengenai konstruksi dan bangunan, silahkan kunjungi blog kami di sini. Sementara itu, jika Anda hendak melakukan pembelian kebutuhan konstruksi yang berkualitas bisa menghubungi kami di sini sekarang.

Bagikan Artikel :

Artikel Terkait