Manfaat Melakukan Curing Beton & Ragam Metodenya

Manfaat Melakukan Curing Beton & Ragam Metodenya KPS Steel distributor besi jakarta

Curing adalah tahap perawatan yang dilakukan untuk mengoptimalkan pembuatan beton. Aktivitas tersebut mempunyai pengaruh besar terhadap kualitas dan kekuatan beton. Selain itu, ada beragam manfaat yang diperoleh apabila melaksanakannya. Jadi, Anda juga jangan sampai melewatkannya.

Dalam artikel ini akan kami sampaikan beragam informasi mengenai curing. Jadi, Anda tidak akan salah langkah tatkala melakukan finishing dalam pembuatan beton. Mari simak artikel ini hingga selesai.

Curing Adalah Perawatan Beton yang Beperan Penting

Tahukah Anda tatkala beton mulai mengeras atau memasuki tahap final maka selanjutnya perlu melakukan curing? Perawatan tersebut dilaksanakan dengan tujuan mengoptimalkan hasil pengecoran.

Curing adalah tindakan yang wajib dilakukan sebab mempunyai pengaruh besar atas kualitas dan kekuatan. Melalui aktivitas tersebut, beton tidak akan kehilangan kelembaban terlampau cepat atau serentak.

Jika hal tersebut sampai terjadi, nantinya akan ada penyusutan berlebihan. Sehingga akhirnya beton akan mengalami risiko keretakan. Keretakan sudah pasti akan mempengaruhi konstruksi. Bahkan bisa saja membahayakan orang-orang di sekitar konstruksi.

Curing adalah aktivitas yang harus segera dilaksanakan setelah beton memasuki tahapan hardening atau tatkala bekisting dibuka. Sementara metode dan jangka waktu yang diperlukan dapat berbeda-beda menyesuaikan beberapa hal.

Seperti jenis beton yang dipakai, keadaan cuaca, jenis dan luasan elemen struktur, penetapan nilai serta waktu dalam kuat tekan karakteristik beton bergantung pada spesifikasi perencanaan, kemudian hal lainnya.

Namun, biasanya curing dilaksanakan sampai meraih 70% kuat tekan beton yang disarankan oleh konsultan perencana. Jadi, bukan melakukannya secara sembarangan atau asal-asalan.

Pemilihan metode juga perlu menyesuaikan dana yang tersedia. Anda pasti tahu jika masalah keuangan sangat memerlukan perhatian tinggi dalam proses pembangunan. Sehingga perlu kehati-hatian dalam menentukan metode yang hendak digunakan.

Manfaat Melakukan Curing atau Perawatan

Ada beragam manfaat yang diperoleh apabila melakukan curing dengan benar. Terutama berkaitan dengan kekuatan dan daya tahan. Manfaat curing adalah sebagai berikut.

1. Mencegah Kehilangan Air Saat Setting Time Concrete

Beton perlu dijaga dari kehilangan air terlalu banyak. Sebab, ada banyak masalah yang mungkin timbul apabila sampai kehilangan air terlalu banyak ketika setting time concrete. Oleh sebab itu, jangan sampai melewatkan aktivitas ini.

2. Mencegah Kehilangan Air Saat Penguapan

Beton sangat mungkin mengalami penguapan ketika hari-hari pertama. Anda dapat mencegah penguapan berlebihan dengan melakukan curing. Tentu saja pencegahan penguapan lebih baik dilakukan daripada memberbaikinya di lain waktu.

3. Memelihara Perbedaan Suhu

Manfaat berikutnya ialah memelihara perbedaan suhu antara beton dengan lingkungan. Sebab, ada perbedaan suhu yang besar di antara keduanya. Sehingga wajib untuk memperhatikan suhu.

4. Meningkatkan Kekuatan

Manfaat lain dari curing adalah meningkatkan kekuatan beton. Tentu kekuatan tersebut sangat berguna dalam konstruksi. Terutama jika bangunan yang dibuat direncanakan untuk bertahan dalam waktu lama.

5. Stabilitas Dimensi Struktur

Struktur suatu bangunan perlu stabil supaya tidak terjadi gangguan tertentu. Struktur bangunan yang stabil akan membuat bangunan mampu menahan berbagai risiko. Misalnya terpaan angin kencang.

6. Mencegah Keretakan

Keretakan adalah hal yang wajib dihindari. Sebab mampu mengakibatkan beragam masalah bahkan mungkin saja menyebabkan korban jiwa. Oleh sebab itu, ketika melakukan pembangunan Anda wajib mengamati apakah muncul keretakan atau tidak.

Baca Juga: Kedalaman Pondasi Rumah 3 Lantai yang Ideal dan Cara Mengukurnya

Ragam Metode Curing atau Perawatan Beton

Memilih metode curing adalah hal penting dalam pekerjaan konstruksi. Tahukah Anda bahwa jika memilih metode yang tidak tepat maka dapat menyebabkan penurunan kualitas beton? Mari simak dahulu beberapa metode yang dapat dipakai dalam curing.

1. Membran

Metode membran ini sangat tepat dipakai pada lokasi yang cukup sulit untuk mengakses air. Anda dapat menerapkan metode ini dengan cara melapisi permukaan memakai membran. Sehingga kandungan air tidak lekas menguap.

Metode tersebut juga tepat dipakai untuk lapisan perkerasan atau rigid pavement dan dilaksanakan secepatnya setelah waktu pengikatan. Membrannya sendiri dapat berbentuk lembaran plastik atau jenis lain yang kedap air.

2. Kalsium Klorida

Anda juga dapat memanfaatkan kalsium klorida untuk melapisi permukaan. Kalsium klorida mempunyai sifat mampu menyerap kelembaban dari atmosfer. Kelembaban tersebut mampu mencegah penguapan.

3. Pembasahan

Anda bisa mengandalkan air untuk menutupi permukaan. Sehingga mampu menghambat penguapan. Anda dapat menyirami permukaan secara berkala, menyelimuti permukaan memakai karung basah dan lain sebagainya.

4. Pemanasan

Mungkin metode ini terbilang unik. Penerapannya ialah dengan memanaskan dalam suhu tertentu. Akan tetapi, suhu beton sebelumnya harus dalam kisaran 10 sampai 30 derajat celcius.

Kemudian Anda dapat memanaskannya memakai tekanan rendah 40 hingga 55 derajat celcius dalam jangka waktu 10 jam sampai 12 jam. Lantas di suhu 65 hingga 95 derajat celcius.

Sementara suhu paling akhir ialah 40 sampai 55 derajat celcius. Umumnya metode pemanasan dilakukan pada wilayah dengan musim dingin. Jadi metodenya menyesuaikan cuaca di wilayah terkait.

Pengerjaan konstruksi memerlukan beberapa tahap supaya tercipta bangunan yang kuat dan kokoh. Salah satunya melakukan curing pada beton. Curing adalah tahap perawatan yang membantu meningkatkan kualitas dan daya tahan.

Dalam pembuatan beton, diperlukan beberapa bahan. Salah satunya ialah wiremesh. Anda bisa memperoleh wiremesh berkualitas dari KPS Steel. Anda juga dapat menemukan beragam material besi berkualitas lainnya.

Baca Juga: Mengenal Ragam Jenis Dak Rumah untuk Percantik Hunian

Jika Anda tertarik untuk membeli beragam material besi bangunan, kunjungi laman produk KPS Steel dan hubungi kami untuk pemesanan. Kunjungi juga laman blog kami untuk mempelajari informasi terkini seputar dunia konstruksi.

Bagikan Artikel :
Menu