Pahami 7 Kelebihan dan Detail Pondasi Cakar Ayam 2 Lantai

detail-pondasi-cakar-ayam-dua-lantai-kps-steel-distributor-besi-jakarta

Detail pondasi cakar ayam rumah 2 lantai menjadi hal yang sangat penting untuk dipahami bila Anda berencana membangun rumah. Seperti yang kita ketahui, pondasi rumah yang kuat dan baik tentu membuat bangunan lebih kokoh. Sehingga penghuni tidak perlu khawatir saat berada di dalam rumah.

Oleh karena itu, teknik ini sering digunakan sebagai upaya menopang bangunan agar tidak rubuh. Bukan hanya untuk rumah saja, melainkan berbagai gedung pencakar langit juga membutuhkannya.

Agar mudah memahaminya seperti ini, pohon sulit tumbang karena, akar di bawah pohon sangat kuat dan mampu menopangnya walaupun diterpa angin dan hujan. Inilah konsep penting dari cakar ayam.

Berbagai Kelebihan Pondasi Cakar Ayam

Detail pondasi cakar ayam rumah 2 lantai seperti ini memiliki berbagai kelebihan yang perlu diketahui. Salah satunya adalah penemunya merupakan orang Indonesia dan sudah diakui seluruh dunia. Kondisi ini menjadi bukti bahwa, pondasi tersebut sangat cocok untuk hunian Anda.

Selain itu, masih ada beberapa kelebihan lain yang mungkin, belum Anda ketahui sampai sekarang. Apa saja itu, berikut penjelasannya secara singkat

1. Pondasi Cakar Ayam Dapat Diterapkan di Tanah Lunak

Detail pondasi cakar ayam rumah 2 lantai menjadi bagian dari solusi terbaik karya anak bangsa dalam mengatasi tanah lunak. Karena kondisi iklim Indonesia lembab, memang pengaplikasian cakar ayam sangat membantu para pekerja dalam membangun bangunan di atas tanah lunak.

Sehingga pondasinya mampu mempertahankan hunian tidak bergeser hingga meminimalkan kerusakan.

2. Pondasi Ini Tidak Perlu Drainase

Detail pondasi cakar ayam rumah 2 lantai ini menggunakan sebuah beton padat. Jadi, saat diaplikasikan ke rumah, tidak akan tergenang atau menimbulkan kerusakan seperti sifat dari kayu.

Andai saja, drainase di lingkungan itu kurang baik, ketahanannya tetap terjaga. Tidak perlu khawatir karena, air akan sulit menembus beton atau membuatnya menjadi rusak.

3. Cakar Ayam Sesuai dengan Kontur Indonesia

Detail pondasi cakar ayam rumah 2 lantai ini juga cocok untuk seluruh kontur tanah di Indonesia. Karena, negara ini sendiri mempunyai berbagai jenis dan tipe kontur tanah. Selain itu juga perlu diketahui, udara lembab membuat tanah jadi lebih lunak.

Cakar ayam merupakan solusi agar bangunan itu tetap kokoh. Dengan begini Anda tidak perlu takut kalau ingin membangun rumah di berbagai kontur tanah yang ada.

4. Cakar Ayam Membuat Bangunan Tahan Lama

Daya cengkeramnya memang harus diakui cukup kuat. Karena, beton tersebut ditanam di dalam tanah yang dalam. Sehingga, kekuatannya untuk bertahan sangat ampuh. Pondasi ini membantu sebuah bangunan untuk tetap kokoh

5. Pondasinya Sudah Mengalami Berbagai Tahap Pengujian

Sebelum digunakan secara komersial, pondasi cakar ayam rumah 2 lantai sudah mengalami tahap pengujian terlebih dulu sehingga kekuatannya bisa dibuktikan secara ilmiah. Melalui pengujian ini, tentunya kita akan lebih aman saat menggunakannya.

6. Pengerjaan Pondasi Cenderung Singkat

Pada dasarnya proses pengerjaannya cenderung singkat, karena konsepnya sendiri begitu sederhana. Bahkan proses pengerjaan pondasi cakar ayam cenderung lebih singkat disbanding jenis pondasi lainnya.

7. Cakar Ayam Tahan Terhadap Gempa

Detail pondasi cakar ayam rumah 2 lantai ini juga tahan terhadap gempa, hal itu bisa terjadi karena saat guncangan terjadi, beton dan pola pondasi mampu menahannya dengan baik. Getarannya seakan tidak membuatnya retak. Inilah alasannya mengapa kekuatannya cukup ampuh dalam menahan gempa.

Baca Juga: Mengenal Lebih dalam Mengenai Pondasi Cakar Ayam

Ukuran Pondasi Cakar Ayam Rumah 2 Lantai

Perlu diperhatikan, bagi Anda yang ingin membangun rumah 2 lantai. Maka ukuran dari pondasinya sendiri setidaknya 2 meter. Menggunakan full besi ukuran 60 60, tambah cor beton 80 80.

Menggunakan slof 20 besi menggunakan susunan 3, jangan lupa setiap besi diatur jaraknya sekitar 2 meter. Selanjutnya menggunakan cincin sebesar 15 cm. Struktur ini hanya contoh saja, semua disesuaikan kebutuhannya.

Termasuk lihat juga bagaimana kondisi tanahnya. Jika kurang bagus bisa ditambah, tetapi kalau masih baik memakai 10 besi saja sudah cukup. Jangan lupa menambahkan pipa berukuran beton

Cara Membuat Pondasi Cakar Ayam Tahan Gempa

Pada dasarnya membuat pondasi agar tahan gempa hampir sama ketika Anda membangun rumah dua lantai. Hanya saja untuk besi dan jaraknya lebih diatur agar saat terjadi guncangan penopangnya dapat bertahan.

Harus diakui bahwa, sistem cakar ayam ini sangat bagus tetapi Anda juga membutuhkan besi berkualitas. Karena, ketahanannya dipengaruhi oleh komponen tersebut serta pipa beton sebagai penyempurnaannya.

Baca Juga: Besi-Besi yang Dibutuhkan dalam Konstruksi Bangunan

Ingin membangun pondasi ini untuk rumah Anda? KPS Steel menyediakan beragam jenis besi untuk memenuhi kebutuhan konstruksi Anda. Jika Anda tertarik untuk mempelajari informasi yang lebih lengkap mengenai beragam jenis besi, kunjungi blog kami untuk info terbaru. Kunjungi juga laman produk kami untuk informasi mengenai beragam jenis besi. Anda juga dapat melakukan pemesanan secara online, hubungi kami melalui WhatsApp.

Bagikan Artikel :

Artikel Terkait

Menu