Jenis – Jenis Cutting Tool yang Digunakan Pada Industri

Cutting tool merupakan alat potong besi/baja/logam untuk menghasilkan bentuk potongan yang diinginkan sesuai kebutuhan. Alat potong tersebut berbentuk ruyung dan bermata tajam sehingga bisa memotong material tanpa ribet dan memakan waktu.

Cara penggunaannya seperti gergaji mesin, hanya saja mata pisaunya lebih kecil. Terdapat pengaturan mekanis untuk mengatur kecepatan mesinnya sehingga bisa disesuaikan saat melakukan pemotongan.

Sebagian besar peralatan tersebut dikhususkan untuk bahan material logam besi, baja, lainnya. Namun, ada beberapa jenis alat pemotong bermata tunggal yang dibuat dari perpaduan logam yang digiling menjadi bentuk tertentu.

Ketahui Jenis-Jenis Cutting Tool yang Digunakan Pada Industri

Ada banyak jenis cutting tool yang dapat digunakan di berbagai industri. Proses pemotongan bahan logam dilakukan oleh mesin dengan berbagai bentuk mata pisau, ukurannya disesuaikan tujuan pemotongannya.

Pada proses permesinan, alatnya akan mengalami kenaikan suhu dan tegangan akibat adanya gesekan dengan permukaan benda lainnya. Berikut di bawah ini adalah jenis-jenis dari alat pemotong pada dunia industri.

1. Indexable Milling

Merupakan alat pemotong berujung mata tajam, tersusun dari bahan yang di brazing, las, atau jepit ke badan bahan lainnya. Cutting tool ini digunakan pada benda yang bisa dijepit oleh alatnya.

2. Solid End Milling

Jenis alat pemotong yang difungsikan untuk membuat bentuk serta lubang pada benda-benda kerja. Terbuat dari carbide micro grain di mana bisa membentuk kekerasan serta kekuatan lebih tinggi untuk pengaplikasian slotting.

3. Holemaking

Merupakan mata bor yang memiliki bentuk silinder menggunakan alat bergigi tajam dalam sebuah kolet. Gigi-gigi tersebut akan berputar dengan kecepatan tinggi, bertumpu pada spindle.

4. Turning

Cutting tool yang satu ini merupakan mata bor yang bekerja dengan perputaran serta pemotongan lapisan benda berkecepatan tinggi. Gerakan perputaran ini nantinya menghasilkan kepingan atau chip dan benda kerja lurus, kerucut, beralur.

5. Tapping

Alat pengulir bergigi pemotong yang difungsikan untuk menghasilkan chip atau kepingan. Tap berbentuk mata bor akan melubangi a dan memotong internal thread hingga kedalaman tertentu atau bahkan maksimal.

Baca Juga: Cara Menyambungkan Baja Ringan yang Benar

Distributor Cutting Tool di Indonesia  

Selama 11 tahun, KPS Steel secara terus menerus, konsisten, dan berkomitmen dalam menyediakan layanan serta produk berkualitas tinggi. Kami telah melayani berbagai kebutuhan pembesian hingga cutting tool.

Kami menyediakan dan menjual cutting tool dengan merek unggulan seperti Nachi. Sebagai lokal partner serta distributor resmi, kami juga menyediakan technical support handal untuk memberikan layanan kepada para customer setia.

Harga produk KPS Steel juga sangat bersaing dengan perusahaan lain, bahkan harganya jauh lebih terjangkau. Meski terjangkau, kami tetap memilih bahan material terbaik sehingga produk berkualitas tinggi.

KPS Steel memiliki laman situs professional di mana calon pelanggannya bisa melihat dengan mudah beraneka produk yang ditawarkan. Ditambah lagi, kami memiliki artikel yang bisa Anda baca sehingga meningkatkan pengetahuan.

Mesin Marking, Contoh, Fungsi dan Jenisnya di Indonesia

Machine marking merupakan perangkat atau alat di industri percetakan yang difungsikan sebagai pembuat grafik, logo, nomor seri, kode batang, lainnya. Penggunaan umumnya termasuk untuk mengidentifikasi dan melacak benda tertentu.

Berbeda dengan cutting tool sebelumnya yang berfungsi menghasilkan chips, mesin marking merupakan alat pembuat tanda pada produk-produk di pasar. Biasanya tanda yang dihasilkan bersifat permanen sehingga tidak mungkin dihapuskan.

Dalam istilah paling sederhananya, mesin ini ditujukan sebagai alat pembuat tanda, misalnya seperti plat, nomor seri kendaraan, nama brand. Adanya mesin ini, memudahkan Anda untuk mengetahui brand atau kendaraan miliknya.

Ada beberapa jenis marking machine di Indonesia seperti dot peen. Mesinnya bekerja menggunakan sistem elektromekanik dengan memanfaatkan gerakan bolak balik dari stylus pen pada permukaan benda kerjanya.

Selanjutnya adalah laser machine marking, alatnya mengadopsi sinar laser berenergi tinggi dan difokuskan sehingga tepat mengenai permukaannya. Mampu berjalan di beberapa bahan logam maupun plastik seperti PBT.

Di Indonesia juga terdapat manual machine marking yang mengadopsi sistem tenaga angina atau pneumatik. Cara kerja mesin manual ini dilakukan dengan menekan tuas dibagian samping alatnya hingga mengepres benda kerja.

Jika Anda membutuhkan rangkaian cutting tools atau kebutuhan terkait besi lainnya, Anda bisa mempercayakan kami, KPS Steel. Kami merupakan penyedia atau supplier baja dan besi terpercaya khususnya di wilayah Jabodetabek sejak 2011.

Baca Juga: Cara Memasang Bondek dan Wiremesh yang Benar

Kunjungi laman produk kami untuk informasi selengkapnya. Bila Anda tertarik untuk mempelajari lebih lanjut mengenai dunia perbesian, konstruksi, dan inspirasi hunian, kunjungi blog KPS Steel.

Bagikan Artikel :

Artikel Terkait

Menu