Jenis Besi Konstruksi Beserta Kegunaannya

jenis-besi-konstruksi-beserta-kegunaannya-kps-steel-jakarta-indonesia

Apakah Anda sering melihat besi konstruksi?

Hampir semua bangunan yang mengalami renovasi atau tahap awal pembangunan pasti akan menggunakan beragam jenis besi konstruksi. Jenisnya berbeda-beda sesuai dengan kebutuhan. Hal itu tidak terlepas dari manfaat besi konstruksi tersebut.

Baca Juga: Besi yang Dibutuhkan Untuk Konstruksi Bangunan

Sebagai rekomendasi, di bawah ini adalah penjelasan mengenai jenis besi yang digunakan untuk konstruksi beserta kegunaannya:

1. Besi Beton

Besi konstruksi pertama adalah besi beton. Sering digunakan sebagai material tulang pada pondasi bangunan. Oleh karena itu, besi beton kerap kali dinamakan beton bertulang. Besi ini mempunyai 2 jenis yaitu besi ulir dan besi polos. Kegunaan dari besi beton adalah untuk menguatkan pondasi sebuah bangunan sehingga lebih kokoh dan kuat.

2. Besi Siku

Jenis besi selanjutnya adalah besi siku. Sesuai dengan namanya, bentuknya siku dengan sudut kemiringan 90 derajat. Tersedia dalam beberapa ukuran. Penggunaan besi yang satu ini lebih banyak untuk konstruksi tangga, menara serta konstruksi lain.

3. Wide Flange

Sekilas besi konstruksi yang satu ini mirip dengan besi H-beam. Yang membedakan, besi WF memiliki gaya tariik dan tekanan yang lebih baik dari pada besi H-beam.

Karena kelebihannya, banyak yang menggunakannya sebagai material struktur bangunan dengan kekuatan yang lebih efisien.

4. Expanded Metal

Bentuknya mirip dengan besi wiremesh, berbentuk jaring-jaring. Terbuat dari plat baja yang berlubang. Banyak digunakan untuk konstruksi lantai bangunan karena sifatnya yang kuat, tapi ringan karena terbuat dari plat baja. Besi ini tersedia dalam beberapa ukuran dengan fungsi yang berbeda-beda.

5. Wiremesh

Tampilan besi konstruksi ini seperti anyaman kawat berbentuk kotak-kotak. Banyak digunakan sebagai penguat dak beton atau plat lantai. Selain itu beberapa jenis pagar juga menggunakan besi ini karena kekuatannya yang kuat dan kokoh.

6. Pipa Besi

Terbuat dari baja, jenis yang satu ini mempunyai bentuk bulat dan memanjang berwarna hitam. Cukup banyak dijumpai di toko bangunan. Kegunaan besi yang satu ini adalah sebagai penyalur bahan tambang yang mudah sekali terbakar. Misalnya minyak, gas dan oli. Besi jenis ini biasanya jarang digunakan untuk bangunan perumahan. Yang paling banyak menggunakannya adalah pabrik atau industri berskala besar.

7. Besi Hollow

Secara bahasa, Hollow artinya berlubang. Dari bentuknya jenis besi ini memang berlubang seperti pipa kotak. Lebih banyak digunakan sebagai plafon dan rangka dinding. Keunggulannya adalah tahan api, anti rayap dan hama.  Sering pula digunakan sebagai rangka pagar rumah, kanopi dan juga pembangunan balkon. Kekokohan dan kekuatan besi ini juga sering menjadi pertimbangan mengapa harus menggunakannya sebagai bahan konstruksi.

Baca Juga: Benarkah Besi Pipa Hanya Untuk Saluran Air?

Masih banyak lagi jenis dan kegunaan besi konstruksi yang dapat Anda pelajari. Untuk melihat berbagai jenis besi yang cocok untu Anda, kunjungi kami di KPS Steel.

Bagikan Artikel :

Artikel Terkait

Menu