Jenis Besi Ini Cocok untuk Membuat Hiasan Dinding Rumah

jenis besi ini cocok untuk membuat hiasan dinding rumah

Selain untuk pembangunan konstruksi atau furnitur, ternyata ada pula jenis besi yang cocok untuk dijadikan bahan hiasan dinding rumah. Hiasan dinding rumah memiliki peran atau fungsi yang sangat kompleks, mulai dari memperindah ruangan sampai fungsi yang lebih spesifik.

Misalnya saja menambahkan figura di dinding salah satu ruangan, tidak hanya mempercantik dinding namun juga menjadi wadah untuk foto keluarga. Berhubung hiasan dinding ini punya sentuhan estetik tentunya tidak berlebihan jika memilih dengan teliti agar selaras dengan perabot lain di dalam rumah.

Jenis Besi untuk Pembuatan Hiasan Dinding Rumah

Anda bisa mempertimbangkan hiasan dinding dari material besi yang cocok untuk interior berkonsep modern maupun minimalis. Jenis besi untuk pembuatan hiasan dinding ternyata juga cukup beragam.

Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri sehingga bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan selera. Secara umum jenis besi yang lumrah digunakan untuk pembuatan hiasan dinding rumah adalah:

1. Besi Hollow

Biasanya besi hollow lebih sering digunakan untuk kebutuhan infrastruktur, namun seiring berjalannya waktu penggunaannya terus berkembang. Dewasa ini besi hollow kerap digunakan untuk pembuatan furniture dan juga hiasan dinding.

Karakter besi ini yang kuat membuatnya cocok dijadikan bahan hiasan dinding, dan dari segi tampilan pun tidak mengecewakan apalagi jika difinishing dengan cermat.

2. Besi Siku

Jenis besi kedua yang juga sering digunakan sebagai material pembuatan hiasan dinding adalah besi siku. Sesuai dengan namanya, besi ini memiliki  bentuk siku yang membuatnya sering difungsikan sebagai penyangga.

Paling sering digunakan untuk menopang rak dinding yang nantinya diisi dengan beberapa perabot cantik. Seperti buku, pigura, kaligrafi, dan lain sebagainya.

3. Aluminium

Aluminium juga termasuk ke dalam jenis logam atau besi yang penggunaannya sangat luas. Besi jenis ini memiliki rongga di bagian dalam yang membuat bobotnya lebih ringan.

Selain itu juga mudah dibentuk sehingga sering digunakan untuk pembuatan hiasan dinding rumah. Misalnya saja untuk pembuatan pigura, jam dinding, dan lain sebagainya.

Baca Juga: Membuat Perabotan Rumah Minimalis dengan Besi

4. Stainless Steel

Stainless steel adalah jenis besi yang sangat populer karena selain kuat dan anti karat, besi jenis ini juga punya tampilan yang mewah. Selain digunakan untuk pembuatan furniture juga sering digunakan untuk pembuatan hiasan dinding.

Strukturnya yang kuat membuat hiasan dinding lebih awet dan tampak mewah, meskipun dengan finishing yang sederhana. Melalui penjelasan di atas tentu diketahui bahwa jenis besi yang digunakan untuk pembuatan hiasan dinding cukup beragam.

Jika menghendaki hiasan dinding yang ringan namun awet maka aluminium bisa dijadikan pilihan, apalagi dari segi harga juga lebih ekonomis. Sedangkan untuk Anda yang ingin punya hiasan dinding yang cantik dan berkelas maka material stainless steel bisa dipertimbangkan.

Kelebihan Hiasan Dinding dari Besi

Memilih hiasan dinding dari material besi bukanlah keputusan buruk, sebab memberikan banyak keuntungan. Pasalnya material ini memiliki kelebihan yang beragam, seperti:

  • Lebih kokoh dan kuat, sehingga hiasan dinding akan lebih awet dan juga tidak mudah rusak.
  • Tahan terhadap karat dan anti keropos sebagaimana kayu yang bisa saja lapuk, sehingga tetap terlihat cantik meskipun sudah lama dimiliki.
  • Tampilan yang cantik dan kekinian, sebab material logam memiliki tampilan khas yang terlihat modern sehingga cocok untuk hunian zaman sekarang.
  • Bentuk atau desain lebih variatif, khususnya untuk jenis besi yang memang mudah dibentuk sehingga desainnya tidak akan pernah membosankan maupun ketinggalan zaman.

Tingginya peminat hiasan dinding dari material besi membuat penjualnya semakin banyak. Anda bisa menemukan penjual hiasan dinding semacam ini di internet, khususnya di marketplace.

Sehingga tidak akan sulit menemukan desain hiasan dinding rumah dari besi yang sesuai dengan konsep interior rumah yang dihuni maupun dengan selera Anda pribadi.

Baca Juga: Tingkatkan Kreativitas Membuat Kerajinan Tangan dengan Besi

Jika Anda tertarik untuk mempelajari informasi yang lebih lengkap mengenai beragam jenis besi, kunjungi blog kami untuk info terbaru.

Kunjungi juga laman produk kami untuk informasi mengenai besi hollow galvanis dan pipa galvanis dan beragam jenis besi lainnya. Anda juga dapat melakukan pemesanan secara online, klik link ini untuk pemesanaan.

Bagikan Artikel :
Menu