Kenali Fungsi Kolom Praktis dan Cara Pembuatannya

fungsi-kolom-praktis-kps-steel-distributor-besi-jakarta

Salah satu hal penting yang harus dipahami dari pembangunan gedung adalah fungsi kolom praktis. Sayangnya masih banyak orang yang hingga saat ini belum mengetahui tentang kolom praktis. Membangun sebuah properti memang tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Karena jika keliru akan menyebabkan potensi gedung roboh dan membahayakan orang-orang di dalamnya. Oleh karena itu pembangunan gedung sangat penuh perhitungan.

Salah satu komponen vital yang harus diperhitungkan dengan matang dalam pembangunan gedung adalah kolom. Kolom sendiri terbagi menjadi dua jenis yaitu kolom utama dan kolom praktis. Pada dasarnya kolom adalah komponen yang berguna untuk menyangga struktur bangunan. Jika Anda ingin memahami lebih dalam tentang kolom khususnya kolom praktis, silahkan simak artikel ini hingga tuntas.

Baca Juga: Periksa Struktur Bangunan Sebelum Membuat Rumah Tingkat

Memahami Fungsi Kolom Praktis Lebih Detail

Membangun struktur rumah harus melalui proses perhitungan yang tepat agar rumah tidak mudah roboh. Apalagi pada kasus di daerah tertentu yang sangat rentan mengalami gempa. Pembangunan suatu bangunan pasti akan meliputi pembuatan kolom. Berikut ini adalah beberapa fungsi dari penggunaan kolom praktis pada pembangunan rumah maupun gedung yang perlu Anda pahami.

1. Membantu Menahan Beban Rumah

Tentu Anda sudah memahami bahwa sebuah bangunan harus memiliki kekuatan untuk menahan beban besar. Apalagi jika bangunan tersebut merupakan rumah atau gedung bertingkat yang cukup tinggi. Untuk dapat menahan beban tersebut, dibuatlah kolom agar bangunan bisa berdiri tegak dan kokoh. Kolom praktis bertugas untuk membantu kolom utama dalam menahan beban bangunan.

2. Memperkuat Dinding Tetap Tegak

Kolom praktis juga memiliki fungsi untuk memperkuat dinding bangunan agar tetap tegak. Sebab dinding yang terbuat dari bata atau batako biasanya tidak memiliki kekuatan untuk menahan gaya melintang, sehingga ketika terjadi gempa atau didorong, dinding sangat mudah roboh. Agar hal tersebut tidak terjadi, diperlukan kolom praktis untuk memberikan kekuatan terhadap dorongan gaya melintang.

3. Mengurangi Risiko Keretakan Pada Dinding

Dinding yang menahan beban terlalu berat berisiko mengalami keretakan. Oleh karena itu diperlukan kolom praktis untuk membantu dinding menahan beban bangunan sehingga risiko keretakan bisa dihindari.

Memahami Cara Membuat Kolom Praktis

Setelah Anda memahami fungsi kolom praktis, maka selanjutnya Anda juga perlu mengetahui cara pembuatannya. Pada dasarnya proses pembuatan kolom praktis sama dengan struktur bangunan yang lainnya. Namun diketahui bahwa ada dua cara untuk membuat kolom praktis. Keduanya sama-sama bisa digunakan dan menghasilkan bangunan yang kuat serta kokoh. Sehingga Anda bisa memilih cara yang diinginkan.

Cara pertama untuk membuat kolom praktis adalah dengan menggunakan bekisting empat sisi. Pertama kolom dicor terlebih dahulu selanjutnya pada badan kolom ditanam angkur dengan tiap jarak satu meter dari tulangan, Setelah beton menjadi keras, barulah pemasangan dinding dilakukan. Cara ini memiliki kekurangan yaitu membutuhkan waktu yang lebih banyak sehingga proses pembangunan cenderung menjadi lebih lama.

Cara selanjutnya adalah membuat kolom adalah dengan memasang dinding terlebih dahulu. Barulah setelah itu dilakukan pemasangan bekisting pada dua sisi yang menempel ke dinding dan di cor. Cara ini cenderung lebih sering dilakukan karena lebih praktis. Sehingga proses pembangunan bisa berjalan lebih cepat. Tentunya cara ini juga lebih mudah untuk dilakukan dibanding cara pertama.

Salah satu aspek penting yang harus diperhitungkan dalam membangun rumah adalah keselamatan. Rumah harus dijamin tidak mudah mengalami roboh ataupun berbagai masalah lainnya di masa mendatang. Oleh karena itu diperlukan beberapa struktur rumah yang bertugas untuk menahan beban bangunan agar bisa berdiri tegak. Hal itulah yang merupakan fungsi kolom praktis sehingga rumah tidak mudah roboh.

Baca Juga: Daftar Harga Besi Cor Rakitan untuk Konstruksi Bangunan

Jika Anda tertarik untuk mempelajari informasi yang lebih lengkap mengenai beragam jenis besi, kunjungi blog kami untuk info terbaru. Kunjungi juga laman produk kami untuk informasi mengenai ragam jenis besi di KPS Steel. Anda juga dapat melakukan pemesanan secara online, hubungi kami melalui WhatsApp.

Bagikan Artikel :
Menu