Daftar Besi Bangunan untuk Kebutuhan Konstruksi

besi bangunan pada pembuatan sebuah rumah berwarna merah kps steel distributor besi jakarta

Besi bangunan merupakan komponen yang krusial dalam setiap proyek konstruksi, baik itu dalam pembangunan rumah, jembatan, dan bangunan lain.

Material ini tidak hanya memberikan kekuatan dan stabilitas pada struktur, tetapi juga menentukan kualitas serta daya tahan bangunan Anda. 

Dengan berbagai jenis besi yang tersedia, pemilihan yang tepat dan pemahaman akan fungsinya dapat membuat perbedaan besar dalam hasil akhir proyek Anda.

Artikel ini akan membahas secara detail tentang berbagai jenis besi untuk bangunan yang sering digunakan dalam konstruksi, mulai dari besi beton hingga besi hollow.

Daftar Besi Bangunan yang Digunakan untuk Konstruksi

Setidaknya ada 8 jenis besi untuk bangunan yang sering digunakan dalam proyek konstruksi. Berikut adalah penjelasan lengkapnya.

1. Besi Beton

Besi beton, juga dikenal sebagai baja tulangan, adalah bahan yang digunakan untuk memberikan kekuatan tambahan dan mendukung beton saat berada di bawah tekanan.

Pada konstruksi bangunan, besi beton digunakan sebagai struktur tambahan atau rangka untuk meningkatkan kekokohan bangunan.

Terdapat dua tipe utama dalam kategori besi beton, yakni besi beton polos dan besi beton ulir. Besi beton polos memiliki permukaan yang halus dan sering digunakan dalam konstruksi yang tidak memerlukan kekuatan tarik yang tinggi.

Sementara itu, besi beton ulir memiliki permukaan yang bergerigi atau berulir, yang memberikan ikatan yang lebih kuat dengan beton.

Besi beton ulir biasanya digunakan dalam konstruksi yang memerlukan kekuatan tarik yang lebih tinggi, seperti jembatan dan gedung bertingkat. Penggunaannya penting karena dapat meningkatkan kekuatan dan daya tahan struktur bangunan.

2. Besi Kanal

Besi kanal mempunyai bentuk yang mirip dengan huruf ‘C’ atau ‘U’. Karena kekuatannya, material ini cocok dipakai sebagai kerangka atap bangunan. Terdapat dua jenis besi kanal yang sering digunakan, yaitu besi CNP dan besi UNP.

Besi CNP memiliki bentuk seperti huruf ‘C’, sedangkan Besi UNP memiliki bentuk seperti huruf ‘U’.

Kedua jenis besi ini memiliki kekuatan dan kekokohan yang tinggi, membuatnya ideal untuk digunakan sebagai rangka atap atau struktur pendukung lainnya dalam konstruksi.

Selain itu, besi kanal juga memiliki ketahanan yang baik terhadap korosi dan cuaca, membuatnya cocok digunakan dalam berbagai kondisi lingkungan.

Jika Anda sedang mencari distributor besi kanal, Anda bisa memilih kebutuhan besi yang diinginkan melalui KPS Steel, distributor besi terpercaya.

3. Pipa Besi

Seperti namanya, besi pipa merujuk pada besi berbentuk pipa yang memiliki beragam aplikasi dalam penggunaannya.

Secara umum, pipa besi dipakai untuk pembangunan saluran air, penyangga bangunan, pagar, teralis, rangka plafon, tiang lampu, dan lainnya.

Pipa besi tersedia dalam berbagai jenis, ukuran, dan ketebalan, memungkinkan Anda untuk memilih yang paling sesuai dengan kebutuhan konstruksi Anda.

Besi bangunan ini juga memiliki ketahanan yang baik terhadap korosi serta cuaca. Mudah dipasang dan dirawat, membuatnya menjadi pilihan yang populer dalam berbagai proyek konstruksi.

4. Besi Profil

Besi profil, disebut juga sebagai baja profil, merupakan jenis besi yang dipakai untuk memenuhi berbagai kebutuhan dalam industri konstruksi. Ada empat jenis dari besi ini, yaitu besi H Beam, besi INP, besi WF, dan besi siku

Besi INP biasanya digunakan sebagai balok dan kolom dalam konstruksi. Besi H Beam memiliki bentuk seperti huruf ‘H’, biasanya digunakan dalam konstruksi jembatan dan gedung.

Besi WF memiliki bentuk yang mirip dengan Besi H Beam, tetapi dengan sayap yang lebih lebar. Besi WF biasanya digunakan dalam konstruksi yang memerlukan kekuatan yang lebih besar.

Di sisi lain, besi siku yang sesuai namanya memiliki bentuk seperti siku. Besi ini sering digunakan dalam pembuatan detail serta kerangka tangga, rangka pintu, rak besi, dan berbagai macam peralatan lainnya.

Setiap jenis besi profil memiliki kekuatan dan kekokohan yang berbeda, maka dari itu pemilihan didasarkan pada kebutuhan spesifik dari proyek konstruksi.

5. Plat Besi

Plat besi berbentuk seperti lembaran logam. Material ini terbentuk setelah melalui proses fabrikasi. Plat besi dapat diaplikasikan dengan luas untuk kebutuhan pembangunan lantai, dinding, atau komponen mesin.

Plat besi tersedia dalam berbagai jenis. ukuran, dan ketebalan, memungkinkan Anda untuk memilih yang paling sesuai dengan kebutuhan konstruksi Anda.

Selain itu, plat besi juga memiliki kekuatan dan ketahanan yang baik terhadap korosi, membuatnya ideal untuk digunakan dalam berbagai kondisi lingkungan.

Besi bangunan ini juga mudah dipotong dan dibentuk. Dengan ini, memungkinkan Anda untuk membuat berbagai bentuk dan ukuran sesuai dengan kebutuhan konstruksi Anda.

6. Besi AS

Besi AS atau juga dikenal sebagai Besi Assental. Material ini sangat populer, maka dari itu banyak digunakan dalam berbagai aplikasi konstruksi dan industri.

Besi AS mempunyai daya tahan dan kekuatan yang sangat baik sehingga biasa digunakan dalam pembangunan komponen atau struktur bangunan.

Keunggulan lain dari besi AS adalah kekuatan tarik yang tinggi, menjadikannya material yang kuat serta tahan lama karena dapat menahan tekanan dan beban dengan baik.

Terlebih lagi, besi AS juga mudah dibentuk maupun dipotong, memungkinkan Anda untuk membuat berbagai bentuk dan ukuran sesuai dengan kebutuhan konstruksi Anda.

Dengan kekuatan dan fleksibilitasnya, besi ini menjadi pilihan yang sering digunakan dalam berbagai jenis proyek konstruksi.

7. Besi Wiremesh

Besi wiremesh merupakan jenis besi bangunan yang dipakai untuk memperkuat struktur bangunan. Besi ini bisa diaplikasikan sebagai tulangan, lantai bangunan, dak rumah, dan pengecoran jalan.

Besi ini berbentuk lembaran kotak yang berlubang, yang memungkinkan beton mengalir serta mengeras di dalamnya, menciptakan struktur yang kuat dan tahan lama.

Besi wiremesh tersedia dalam berbagai ukuran dan ketebalan, memungkinkan Anda untuk memilih yang paling sesuai dengan kebutuhan konstruksi Anda.

8. Besi Hollow

Varian beton yang berbentuk seperti barang berongga dan memiliki penampang segi empat disebut sebagai besi hollow. Material ini sering digunakan dalam pembangunan rangka atau frame dinding, dan pembuatan plafon.

Besi hollow memiliki kekuatan yang baik dan berat yang relatif ringan, membuatnya ideal untuk digunakan dalam konstruksi ringan.

Sementara itu, besi hollow juga memiliki ketahanan yang baik terhadap korosi dan cuaca, membuatnya ideal untuk digunakan dalam berbagai kondisi lingkungan.

Pemilihan jenis besi yang tepat dapat mempengaruhi kualitas dan kekuatan struktur bangunan. Oleh karena itu, penting untuk memahami karakteristik dan fungsi dari masing-masing jenis besi sebelum memilihnya untuk proyek konstruksi Anda.

Anda perlu mempertimbangkan faktor seperti biaya, material, ketersediaan, dan kemudahan pemasangan agar mendapat pilihan yang sesuai kebutuhan.

Selain itu, Anda juga perlu mempertimbangkan faktor lingkungan saat memilih jenis besi untuk proyek konstruksi Anda. Beberapa jenis besi mungkin lebih tahan terhadap korosi dan cuaca daripada yang lain, membuatnya lebih ideal untuk digunakan dalam kondisi lingkungan tertentu.

Baca Juga: Tips dan Panduan Menghitung Biaya Renovasi Rumah

Penuhi Kebutuhan Besi Bangunan Anda Bersama KPS Steel

Sedang mencari distributor besi dan baja terpercaya untuk kebutuhan proyek Anda? KPS Steel adalah distributor berpengalaman yang menyediakan berbagai jenis bahan bangunan, termasuk besi dan baja.

KPS Steel menyediakan berbagai produk berkualitas seperti besi beton, besi kanal, pipa besi, besi profil, plat besi, besi AS, besi wiremesh, dan besi hollow. Selain itu, ada pula bahan bangunan seperti mata bor Nachi dan wire rope sling.

Dengan pelayanan yang optimal, KPS Steel siap memberikan solusi terbaik untuk kebutuhan besi bangunan Anda. Kunjungi halaman ini dan hubungi tim kami untuk informasi lebih lanjut.

Bagikan Artikel :

Butuh Besi Bangunan untuk Keperluan Konstruksi?