Fakta-Fakta tentang Castella Beam

apa itu castellated beam kps steel distributor besi pulau jawa dan bali

Saat ini, penggunaan castella beam atau balok castella sudah menjadi hal umum dan terbilang cukup populer untuk dunia konstruksi. Ada berbagai keuntungan yang bisa Anda dapatkan dengan pembuatan balok yang satu ini, sehingga wajar saja jika hal ini menjadi pilihan bagi banyak pembuat proyek.

Namun, jika Anda masih belum terlalu memahami apa yang dimaksud dengan balok castella, maka penjelasan di bawah ini sebaiknya Anda baca sampai tuntas. Ketahui apa yang dimaksud balok castella, sejarah, kebutuhan, keunggulan, serta cara untuk membuatnya.

Apa itu Castella Beam?

Balok castella merupakan salah satu jenis balok yang dibuat dalam bentuk memanjang. Dalam sepanjang jaringannya, terdapat pola tertentu sehingga dapat dimanfaatkan untuk berbagai keperluan konstruksi.

Langkah membuat Castella Beam yaitu mulai dari membuat pola pemotongan, lalu memisahkan dan menyatukannya kembali dengan balik yang memiliki jaring lebih dalam.

Selanjutnya penting untuk menentukan bentuk lubang pada Castella Beam. Ada berbagai jenis bentuk digunakan dalam pembuatan lubang pada balok ini. Bentuk yang paling umum dipakai yaitu heksagonal, melingkar, bentuk berlian, dan segi delapan.

Umumnya, balok ini mempunyai kedalaman 1,5 kali lebih besar jika dibandingkan dengan bagian induknya, namun untuk beratnya terbilang hampir sama.

Sejarah Castella Beam

Nama dari balok ini diambil dari bahasa Latin, yaitu kata ‘castellatus’ yang memiliki arti dibangun menyerupai kastil. Maka dari itu, bukaan dari balok ini sangat teratur dan menarik, mirip seperti kastil.

Pada dasarnya, balok ini juga dibuat untuk menjadi saluran struktural, sehingga dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan kedalaman suatu konstruksi, serta memiliki kekuatan yang bagus sehingga dapat menambahkan material atau berat tertentu di atasnya.

Jika dilihat dari sejarahnya, setelah berakhirnya Perang Dunia 2, banyak kawasan yang mengalami kekurangan bahan baja, sehingga menemukan konsep balok castella ini. Selain mudah dibuat, balok ini juga dapat memiliki kekuatan penahan beban yang sangat baik dan harganya cenderung murah.

Maka dari itu, balok ini telah menjadi pilihan atau solusi untuk berbagai kebutuhan bangunan di kawasan Eropa sejak tahun 1950-an.

Kebutuhan akan Castella Beam

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, awal penggunaan balok castella ini berasal dari kurangnya bahan baja, sehingga butuh mencari alternatif lain yang tidak kalah bagus jika dilihat dari segi fungsinya.

Seiring berjalannya waktu, balok ini pun masih menjadi primadona untuk berbagai proyek konstruksi karena memiliki berbagai kelebihan, salah satunya yaitu dapat menghemat biaya. Jadi, jika Anda sedang ingin membuat berbagai jenis proyek, namun ingin menghemat pengeluaran untuk bahan baja, maka balok ini dapat menjadi salah satu pilihan yang tepat.

Keunggulan Castella Beam

Balok castella memang menjadi solusi konstruksi pasca perang dunia. Namun, terobosan penting ini hingga kini masih dimanfaatkan untuk berbagai jenis konstruksi bangunan. Hal ini tentunya bukan tanpa alasan, karena sebenarnya ada berbagai keunggulan yang bisa didapatkan jika Anda memanfaatkan balok castella. Berikut daftarnya:

1. Memiliki Daya Tahan yang Sangat Bagus

Keunggulan pertama yaitu dari segi daya tahannya, karena balok yang satu ini memang terbilang memiliki ketahanan yang sangat bagus sehingga cocok untuk berbagai fungsi untuk mendukung struktur bangunan.

Namun, untuk bisa mendapat keunggulan pertaman ini, balok castella perlu dibuat dengan maksimal, sehingga pemilihan bahan untuk membuatnya pun sebaiknya dilakukan secara tepat. Sebagai rekomendasi, Anda bisa mengandalkan produk besi dari Distributor Besi Pulau Jawa dan Bali.

2. Serbaguna

Sesuai dengan penjelasan pada bagian sebelumnya, balok castella ini dapat diproduksi dengan memanfaatkan berbagai jenis bentuk, sehingga polanya pun dapat disesuaikan dengan kebutuhan.

Awalnya, pola yang umum dipakai memang hanya cenderung berupa zigzag dan heksagonal. Namun, seiring berkembangnya inovasi untuk balok ini, kini Anda dapat memilih berbagai macam pola yang dibutuhkan.

Dengan macam-macam pilihan ini, maka Anda balok castella pun dapat menjadi bahan bangunan yang terbilang serbaguna.

3. Memiliki Sifat Ringan

Dengan kekuatannya yang terbilang bagus, bahan ini memiliki sifat yang ringan sehingga menjadi nilai tambah dan disukai banyak orang. Meski ringan, namun kekuatan dan stabilitasnya terbilang baik, sehingga dapat dengan aman dimanfaatkan untuk berbagai fungsi.

Ringannya bahan balok ini telah membuatnya memiliki keunggulan tersendiri, jika dibandingkan dengan bahan lain yang jauh lebih berat, misalnya baja. Sifat ringan ini dapat membuatnya lebih fleksibel ketika akan dimanfaatkan dengan optimal.

4. Dapat Menghemat Anggaran

Keuntungan berikutnya adalah hal yang sangat penting untuk dipertimbangkan dan sudah beberapa kali disinggung pada bagian sebelumnya, yaitu tentang biaya.

Dengan proses pembuatan yang terbilang cukup sederhana dan penggunaan bahan yang tidak banyak, balok ini dapat menjadi solusi tepat bagi Anda yang ingin melakukan penghematan anggaran untuk proyek konstruksi.

Namun, meski biaya yang dikeluarkan akan lebih sedikit, hasil konstruksinya tetap dapat dinikmati dengan baik. Kekuatan dari balok ini tetap dapat dibilang baik, demikian juga dengan stabilitasnya dalam mendukung konstruksi bangunan.

Cara Membuat Castella Beam

Setelah mendapat banyak informasi tentang balok castella, maka selanjutnya penting juga bagi Anda untuk mengetahui cara membuatnya. Semua bagian dari konstruksi bangunan memang harus diperhatikan secara matang, termasuk pembuatan balok castella jika Anda tertarik untuk memanfaatkan balok yang satu ini.

Supaya tidak salah dalam membuatnya, berikut adalah langkah-langkah untuk pembuatan balok castella, contohnya ketika akan membuat balok castella 200 x 600 dengan memanfaatkan profil H 200 x 400 x 8 x 13.

1. Buatlah Garis Patron

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan yaitu dengan membuat garus patron yang memiliki bentuk trapesioum atau castella. Buatlah bentuk trapesium tanpa menggunakan alas, buat di bagian web profil atau bisa dibilang sisi 400 jika Anda menggunakan angka yang dicontohan sebelumnya.

2. Potong sesuai Pola

Langkah kedua, Anda perlu memotong web dengan mengikuti pola yang sudah dibuat sebelumnya. Untuk membantu proses pemotongan, umumnya memakai oksigen dan acetylene, sehingga dapat dilakukan dengan maksimal.

Perlu diketahui juga bahwa sebaiknya Anda mengusahakan untuk memotongnya dengan selurus dan sekecil mungkin.

Fungsinya, yaitu untuk mendapatkan nilai ukuran yang nantinya menjadi paling mendekati tinggi dari web tersebut, atau sisi 600 jika dilihat dari ukuran yang dicontohkan.

3. Pisahkan dan Sesuaikan setelah Dipotong

Selanjutnya, setelah Anda melakukan pemotongan, maka selanjutnya perlu disambungkan bagian sisi horizontal dari kedua potongan tersebut.

Anda dapat membalik dan menyesuaikan kedua bagian dari ujung tersebut, sehingga menjadi bentuk yang simetris. Hal ini menjadi penting karena berfungsi untuk memaksimalkan hasil balok castella.  

Penggunaan balok castella ini memang terbilang cukup populer untuk berbagai jenis proyek konstruksi yang ada di tanah air, Anda pun dapat turut memanfaatkannya jika akan membangun sebuah proyek.

Berbagai keunggulan yang ditawarkan pun terbilang sangat menguntungkan, sehingga wajar saja jika penggunaannya semakin populer karena dianggap sebagai terobosan dan solusi yang tepat.

Namun, untuk membuat castella beam, perlu dipastikan bahwa Anda memilih besi yang berkualitas. Sebagai distributor besi pulau Jawa dan Bali, KPS Steel menyediakan ragam besi berkualitas untuk membuat Castella Beam. Kunjungi laman produk KPS Steel untuk melihat ragam jenis besi yang tersedia. Hubungi kami untuk pemesanan dan informasi lebih lanjut!

Pelajari beragam informasi terkini seputar dunia konstruksi dan penggunaan besi melalui laman blog KPS Steel.

Bagikan Artikel :

Butuh Besi Untuk Kebutuhan Konstruksi?

Artikel Terkait