Sudah Tahu Begini Cara Menggunakan Bor Listrik

cara menggunakan bor listrik kps steel distributor besi pulau jawa dan bali

Bor listrik termasuk salah satu peralatan mesin yang kerap digunakan dalam pembuatan bangunan atau perabotan. Bor sendiri biasa digunakan untuk melubangi permukaan suatu material seperti kayu atau besi. Lalu, bagaimana cara menggunakan bor listrik?

Penggunaan bor listrik harus dilakukan dengan cara yang benar untuk menghindari hasil pengeboran yang kurang sesuai, kerusakan mata bor, dan kecelakaan. Oleh karena itu, jika Anda belum pernah menggunakan bor listrik sebelumnya, simak ulasan berikut ini.

Cara Menggunakan Bor Listrik dengan Benar

Bor listrik sendiri tidak hanya digunakan untuk melubangi suatu material, namun juga digunakan untuk memasang baut ataupun melonggarkannya. 

Penggunaan bor sendiri sangat mudah. Agar Anda mendapatkan hasil maksimal, simak cara memakai mesin bor listrik berikut ini.

  • Perhatikan Material yang akan Dibor

Cara menggunakan bor listrik yang pertama yaitu Anda perlu memperhatikan material apa yang akan Anda bor karena berbeda material yang akan dibor, berbeda pula cara menggunakan bornya. 

Cara mengebor permukaan besi tentu berbeda dengan cara mengebor permukaan kayu.

Apabila Anda akan melubangi permukaan material seperti kayu atau tembok maka bor listrik bisa menghasilkan lubang yang bagus. Namun apabila Anda akan melubangi permukaan material yang keras seperti beton maka Anda perlu menggunakan mesin bor impact drill. 

Mesin bor listrik atau tangan biasa tidak bisa menembus permukaan objek yang keras seperti beton sehingga memerlukan bor jenis impact drill. Bor impact drill bekerja dengan cara berputar dan menghentak sehingga dapat menembus permukaan benda yang keras. 

  • Memilih Mata Bor yang Tepat

Cara menggunakan bor listrik selanjutnya Anda perlu memilih mata bor yang tepat. Mesin bor tidak bisa melubangi material tanpa adanya mata bor. Mata bor sendiri ada beragam bentuk dan setiap bentuk mata bor memiliki fungsi dan hasil lubang yang berbeda-beda.

Kesalahan pemilihan mata bor bisa menyebabkan lubang tidak presisi, mata bor patah atau material pecah sehingga Anda harus mengetahui jenis mata bor yang sesuai dengan kebutuhan Anda. 

Jenis mata bor dapat disesuaikan dengan material yang ingin Anda bor. Berikut contoh jenis mata bor.

  • Jenis Mata Bor Berdasarkan Bahannya

Ada beberapa jenis mata bor berdasarkan bahannya seperti mata bor high speed steel atau HSS, cobalt, dan solid carbide.

HSS terbuat dari material baja yang tahan terhadap panas dan tidak mudah aus. Mata bor jenis ini bisa digunakan untuk mengebor semua jenis material seperti plastik, baja sampai aluminium. 

Mata bor berbahan cobalt cocok digunakan untuk mengebor material yang keras seperti baja. Sedangkan solid carbide cocok untuk mengebor material stainless steel

  • Jenis Mata Bor Berdasarkan Tujuan Pemakaiannya

Contoh jenis mata bor berdasarkan tujuan pemakaiannya yaitu ada twist bits atau mata bor yang paling umum digunakan karena dapat dipakai membuat lubang pada beragam material mulai dari kayu, plastik sampai logam. 

Kemudian ada metal standar yaitu mata bor silinder yang bisa digunakan pada material besi, aluminium sampai kuningan. 

Apabila Anda ingin membuat lubang pada kayu, Anda juga bisa menggunakan mata bor khusus kayu seperti auger bit, flat bit, atau forstner bit. 

Selain memilih jenis mata bor sesuai dengan keperluan, Anda juga perlu memilih ukuran mata bor yang sesuai dengan ukuran mesin bor Anda. Hindari menggunakan mata bor yang lebih kecil atau lebih besar karena berisiko menyebabkan kecelakaan. 

  • Memasang Mata Bor

Jika Anda sudah memilih jenis mata bor yang sesuai dengan kebutuhan, maka cara menggunakan bor listrik selanjutnya Anda tinggal memasangnya. Sebelum memasang mata bor pastikan kabel mesin bor tidak terpasang pada stop kontak.

Adapun cara memasang mata bor yaitu buka chuck atau ujung mesin bor dengan cara memutar ke arah kiri dengan menggunakan kunci bor khusus. Kemudian masukkan ekor mata bor dan pastikan jangan sampai terbalik. 

Pastikan jika mata bor sudah terpasang dengan erat sebelum memutar chuck ke arah kanan untuk mengunci mata bor. 

  • Persiapan Mengebor

Cara menggunakan bor listrik selanjutnya persiapkan material yang akan Anda bor. Pastikan daya listrik rumah Anda memadai agar proses pengeboran bisa berjalan lancar. 

Untuk memudahkan Anda dalam mengebor, Anda bisa menandai area yang ingin Anda lubangi terlebih dahulu.

Sebelum memulai mengebor, Anda bisa memakai alat pengaman seperti masker, helm dan kaca mata keselamatan atau sarung tangan untuk melindungi tubuh Anda dari serpihan material. 

Sebaiknya hindari memakai aksesoris yang bisa mengganggu Anda saat menggunakan mesin bor.

  • Proses Pengeboran

Jika sudah siap Anda bisa memulai pengeboran dengan menempelkan ujung mata bor pada permukaan material kemudian menghidupkan mesin bor listrik. 

Mata bor menghadap jarum jam bisa digunakan untuk memasang skrup. Sedangkan mata bor menghadap kiri digunakan untuk melepas atau mengendurkan skrup. 

Gerakkan dan tekan mesin secara perlahan sampai kedalaman yang Anda inginkan. Saat menggerakkan bor Anda perlu memegang mesin bor dengan erat agar mesin tidak mental. 

  • Perhatikan Kecepatan Mesin

Saat mengebor, Anda juga perlu memperhatikan kecepatan mesin. Anda bisa menggunakan kecepatan sedang untuk membuat lubang. Namun jika Anda akan memasang skrup maka gunakan kecepatan rendah. 

Sebaiknya gunakan  kecepatan rendah jika Anda memakai mata bor yang memiliki ukuran diameter besar. Apabila ukuran mata bor kecil maka Anda bisa menggunakan kecepatan tinggi.

Saat mengebor Anda harus santai dan tidak panik serta posisikan mesin bor secara tegak lurus. Jika Anda akan membuat banyak lubang maka jangan lupa untuk memberikan jeda jika mata bor sudah panas.

Setelah lubang sudah selesai terbentuk maka Anda bisa mencabut mata bor secara perlahan. Apabila ternyata ukuran lubang terlalu kecil sehingga skrup tidak dapat masuk maka Anda bisa membesarkan lubang dengan cara seperti sebelumnya.

Baca Juga: Tips Memilih Mata Bor yang Bagus, Simak Selengkapnya!

  • Simpan Kembali Mesin Bor

Jika sudah selesai menggunakan bor maka cabut kabel mesin, bersihkan permukaan material kemudian lepas mata bor dari mesin dengan cara seperti yang sama seperti di atas. Selalu gulung kabel mesin dan bersihkan tubuh mesin sebelum disimpan. 

Apabila mesin sudah bersih, simpan mata bor dan mesin bor pada tempat yang kering. 

Bagi Anda yang sedang membuat konstruksi atau perabotan dan membutuhkan besi berkualitas maka Anda bisa memesan besi di KPS Steel. Pemilihan besi yang berkualitas dapat mencegah kerusakan mesin bor listrik. 

KPS Steel adalah Distributor Besi Pulau Jawa dan Bali yang telah berpengalaman selama 57 tahun menyediakan beragam jenis besi seperti besi plat strip, besi beton, hingga mata bor berkualitas.

Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut baik mengenai deskripsi produk, harga, dan pemesanan Anda bisa hubungi kami.

Itulah cara menggunakan bor listrik yang bisa Anda jadikan sebagai panduan. Pelajari juga beragam informasi terkini seputar konstruksi bangunan melalui blog KPS Steel.

Bagikan Artikel :