Perlu Ketelitian, Ini dia Cara Mengelas Plat Tipis

Perlu Ketelitian, Ini dia Cara Mengelas Plat Tipis

Mengelas Plat Tipis tidaklah mudah, namun dengan cara yang tepat, Anda pun dapat melakukannya.

Plat besi tipis banyak digunakan untuk berbagai hal, misalnya untuk konstruksi bangunan. Namun pembuatannya ternyata tidak mudah. Plat besi dinilai tipis jika memiliki ketebalan di bawah 2 mm. Hal inilah yang menjadi tantangan bagi para welder atau tukang las. Lalu bagaimana cara mengelas plat tipis yang tepat?

Baca Juga: Ketahui Perbedaan pada Setiap Jenis Besi Plat

Terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk mengelas plat. Misalnya, suhu yang digunakan. Suhu yang terlalu tinggi akan membuat plat menjadi berlubang. Ada banyak faktor lain selain suhu agar hasil plat  menjadi baik.  Simak selengkapnya Cara Mengelas Plat Tipis dengan benar di bawah ini.

5 Cara Mengelas Plat Tipis

Perlu ketelitian, ini 5 hal yang perlu Anda perhatikan dalam mengelas plat tipis.

1. Menggunakan arus las dan diameter elektroda kecil

Arus las merupakan salah satu faktor yang sangat penting untuk mengelas plat tipis. Fluktuasi arus nantinya juga akan memengaruhi peningkatan panas yang bisa masuk ke daerah las. Karena itu, arus las atau ampere yang digunakan sebaiknya tidak terlampau tinggi. Coba gunakan 40 A – 60 A. Dengan demikian, hasilnya akan lebih sempurna.

Selain ampere kecil, diameter elektroda juga perlu diperhatikan. Sebaiknya Anda menggunakan elektroda dengan diameter kecil. Karena  semakin kecil diameter, maka arus yang digunakan juga akan semakin kecil. Sebaiknya gunakan diameter 1,2 mm, 2,0 mm, dan 2,6 mm. Diameter elektroda juga bisa dipilih berdasarkan deposit las yang diinginkan.

2. Hindari pengelasan kontinyu dan lakukan dengan intermittent

Cara mengelas plat tipis yang satu ini perlu dilakukan guna menghindari adanya lubang. Mulai mengelas beberapa detik dan matikan beberapa detik kemudian. Lakukan hal tersebut berulang-ulang. Hal ini akan membuat panas yang masuk ke material bisa dikurangi.

Bisa pula dilas menggunakan metode intermitten. Misalnya material yang akan dilas memiliki panjang 1,5 meter, maka lakukan pengelasan 15 cm terlebih dahulu, kemudian beri jarak 15 cm dan lanjutkan mengelas lagi. Seperti itu seterusnya hingga selesai. Intermitten akan meminimalisir adanya deformasi pada material.

3. Lakukan tig saling silang

Pengelasan sebaiknya dilakukan dengan cara tig saling silang. Jangan pernah digeber. Kalau bisa lakukan secara mengambang. Setelah selesai, periksa apakah hasilnya sudah berhasil. Biasanya, plat yang cukup padat dan berat merupakan tanda keberhasilan dari tig.

4. Pengelasan dengan cepat

Cara mengelas plat tipis juga perlu dilakukan dengan cepat. Mengapa demikian? Agar panas yang masuk ke dalam material tidak akan berlebihan. Hal ini bisa menghindari adanya lubang. Anda bisa juga dengan mencoba terlebih dahulu di besi yang tidak terpakai.

Jika Anda belum merasa mahir dan maksimal, bisa juga mengikuti pelatihan mengelas yang biasanya dilakukan oleh BLK setempat maupun Lembaga Sertifikasi Welder yang baik.  Dengan mengikuti pelatihan secara serius, kemampuan Anda akan terasah dengan baik.

5. Latihan dengan rutin dan berulang

Hal ini cukup krusial untuk bisa mengelas plat tipis dengan sempurna. Sama seperti kemampuan lain, teknik mengelas juga perlu ditaih dengan rutin. Rutinitas akan membuat Anda menjadi terbiasa melakukannya.

Bukan tidak mungkin saat mengelas, Anda akan menemui masalah. Tapi, dengan terus berlatih Anda akan menganggapnya hal yang biasa dan bisa mengatasinya dengan mudah. Karena pada dasarnya, mengelas maupun kegiatan lain memang diperlukan proses berulang agar bisa memperoleh feel yang tepat untuk mempermudah pekerjaan.

Dari ke-5 cara mengelas plat tipis di atas, Anda sangat membutuhkan ketelitian. Jadi, saat mengelas usahakan fokus pada pekerjaan. Cara di atas juga bisa diinovasi sesuai pengalaman masing-masing. Selamat mencoba!

Baca Juga: Macam-Macam Jenis Besi Plat Dan Kegunaannya

Untuk menemukan bahan besi plat terbaik, KPS Steel selaku distributor besi dan baja menyediakan besi plat berkualitas. Anda dapat menemukannya dan melihat-lihat produk KPS Steel disini.

Bagikan Artikel :
Menu