Cara Membuat Bekisting Tangga yang Wajib Diperhatikan

cara membuat bekisting tangga KPS Steel distributor besi jakarta

Dalam pembuatan tangga pada rumah atau bangunan lain, tenaga kontraktor wajib mengetahui cara membuat bekisting tangga. Sebagian orang yang awam dengan dunia konstruksi mungkin belum memahami apa itu bekisting.

Dalam pembuatan tangga, tentu dibutuhkan alat penopang khusus untuk mengakomodasi beton yang masih basah. Dengan adanya penopang, beton basah dapat menetap di posisinya sampai kering. Penopang inilah yang dinamakan bekisting.

Bekisting adalah alat pendukung dalam konstruksi beton yang berfungsi menahan beban seperti berat beton basah serta beban ketahanan lamanya bahan. Bekisting juga dipakai untuk mencetak beton berdasarkan bentuk, ukuran, dan permukaan yang diinginkan.

Tutorial Cara Membuat Bekisting Tangga

Pada dasarnya bekisting adalah material pendukung konstruksi yang bersifat temporer. Meskipun sementara, rangkaian material tersebut sangat berpengaruh terhadap kekuatan tangga nantinya.

Untuk membangun tangga yang kuat dan kokoh, bekisting harus kuat, akurat, kedap air, rapat, mudah dibongkar, serta mudah dipindahkan. Adapun langkah-langkah membuat bekisting tangga yaitu:

1. Tahap Persiapan

Tahap pertama dalam cara membuat bekisting tangga beton bertulang adalah persiapan yang matang dan terencana. Anda harus memastikan bahwa pembuatan bekisting harus disesuaikan berdasarkan tangga beton yang ingin dibangun.

Untuk itu, diperlukan perhitungan serta pengukuran yang tepat dan akurat. Proses perhitungan harus diperhatikan secara cermat dan teliti agar tidak ada kesalahan yang nantinya bisa berakibat fatal.

Salah satu perhitungan yang harus diperhatikan yaitu ukuran anak tangga. Dalam pembuatan bekisting tangga, sangat disarankan untuk membuat gambar bekisting yang akan dibuat secara kasar.

Perlu diingat juga bahwa pembuatan bekisting tangga adalah yang paling sulit dibanding pembuatan bekisting lainnya. Anda harus mengukur dengan sabar dan teliti terutama pada saat membagi jarak langkah naik dan datar.

Dengan ketelitian pengukuran yang tinggi, Anda akan memperoleh kesesuaian antara rancangan dengan realitas. Agar hasilnya akurat, gunakan skala 1:1 untuk ukuran anak tangga. Langkah cara membuat bekisting tangga ini sangat penting karena dapat membantu Anda dalam membagi dan menyusun penyangga dengan baik.

Kemiringan tangga juga harus diperhatikan sebelum bekisting mulai dipasang. Gunakan marking (penanda) untuk memberikan tanda kemiringan tangga yang akan dipasangi bekisting nantinya.

Jika semua telah direncanakan dengan rancangan yang akurat, selanjutnya Anda bisa memulai proses pembuatan bekisting. Anda perlu menyiapkan bahan dua buah tripleks berukuran 25×450 untuk dua sisi.

2. Menyambungkan Tripleks dengan Kayu

Cara membuat bekisting tangga selanjutnya adalah menyambungkan tripleks dengan kayu. Satu buah tripleks biasanya memiliki ukuran panjang 8 kaki atau sekitar 244 cm. Padahal Anda membutuhkan tripleks sepanjang 450 cm.

Untuk mendapatkan ukuran panjang tersebut, maka Anda perlu menyambung dua buah tripleks. Untuk menyambungnya, Anda memerlukan kayu yang ukurannya 1×2 inch dengan panjang 450 cm.

Dalam menyambungkan tripleks dengan kayu, Anda perlu menggunakan paku berukuran 1,5 inch. Penyambungan tripleks dilakukan untuk membuat lembaran material tersebut lebih kaku sehingga memiliki daya tahan lebih kuat.

Cara membuat bekisting tangga yang benar harus memperhatikan pemasangan jack base. Fungsi jack base sendiri adalah sebagai penyangga utama sehingga mainframe bisa berdiri dengan kokoh dan sanggup menopang beban.

Di samping itu, penggunaan jack base juga penting untuk mengatur ketinggian scaffolding sehingga dapat disesuaikan dengan ketinggian tangga berdasarkan rancangan yang telah dibuat. Jika sudah, Anda bisa melanjutkannya dengan memasang mainframe sebagai struktur utama scaffolding.

3. Memasang Cross Brace

Urutan cara membuat bekisting tangga selanjutnya yaitu memasang cross brace. Pemasangan cross brace sendiri berfungsi sebagai pemaku dan pengikat antar mainframe bekisting.

Dengan adanya pemaku dan pengikat tersebut, struktur scaffolding akan tetap berdiri tegak dan kokoh serta kuat menopang beban yang diberikan.

Baca Juga: Intip Ragam Jenis Mata Gerinda dan Fungsinya

4. Membuat U-Head Jack

Selanjutnya, yang perlu Anda lakukan adalah memasang u-head jack. U-head jack merupakan salah satu bagian dari scaffolding yang berupa plat berbentuk U. Kegunaan u-head jack yaitu sebagai penyangga balok suri-suri sehingga tetap tegak dan kokoh.

Yang disebut suri-suri adalah kayu balok untuk menumpu bodeman pada bekisting. Selain itu, fungsi dari u-head jack juga untuk mengatur ketinggian serta kemiringan bekisting.

5. Memasang Plywood

Tahap terakhir dalam cara membuat bekisting tangga beton adalah memasang plywood. Perlu diingat, pemasangan plywood harus disesuaikan dengan kemiringan yang sudah ada pada desain rancangan tangga.

Pemasangan plywood tersebut gunanya adalah untuk dasar plat tangga yang dipasang pada bagian kanan dan kiri tangga. Dengan kata lain, pemasangan plywood dimaksudkan untuk cetakan tanjakan pada anak tangga.

Pemasangan bekisting anak tangga bisa dilakukan apabila besi telah terpasang. Bekisting tangga yang telah dipasang dapat dibongkar dalam waktu 2 minggu. Tetapi ada syaratnya, yaitu setelah dibongkar tangga harus masih disangga khususnya pada bagian tengah.

Kami adalah perusahaan yang menyediakan bahan-bahan bangunan berkualitas dan sesuai standar. Setelah mengetahui cara membuat bekisting tangga, dapatkan material untuk kebutuhan tangga Anda di KPS Steel.

Baca Juga: Mengenal Perbedaan Baut dan Sekrup, Jangan Tertukar!

Jika Anda tertarik untuk membeli besi untuk berbagai keperluan konstruksi, pastikan memilih KPS Steel. KPS Steel menyediakan beragam jenis besi berkualitas untuk memenuhi kebutuhan konstruksi Anda. Kunjungi laman produk KPS Steel untuk info selengkapnya.

Anda juga dapat mengikuti informasi terkini seputar dunia konstruksi melalui blog KPS Steel. Lakukan pemesanan secara online untuk produk yang Anda butuhkan melalui link ini.

Bagikan Artikel :