Cara Asah Mata Bor Besi yang Tumpul dengan Mudah

Cara asah mata bor besi kps steel distributor besi jakarta

Mata bor besi atau biasa disebut drill bit adalah salah satu alat konstruksi yang berfungsi untuk melubangi suatu material dengan cara memutar mata bornya secara terus menerus. Artinya, penting untuk mengetahui bagaimana cara asah mata bor besi yang tumpul agar bisa digunakan untuk melubangi logam atau material konstruksi lainnya.

Jika tidak dilakukan dengan benar, maka cara mengasah yang salah justru dapat menimbulkan aus. Berikut ini panduan cara mengasah drill bit yang tumpul dengan mudah untuk digunakan pada konstruksi maupun industri.

Cara Asah Mata Bor Besi dengan Benar

Sebelum mengetahui cara mengasahnya, kenali dulu apa itu mata bor besi dan jenis-jenisnya. Pada dasarnya, mata bor besi adalah salah satu cutting tools untuk berbagai material konstruksi. Mata bor besi umumnya terbuat dari baja karbon dan baja keras, seperti produk mata bor Nachi Cutting Tools dari KPS Steel.

Selain itu, bentuk lubang yang dihasilkan berbeda-beda tergantung jenis mata bornya. Berikut ini beberapa jenis mata bor besi yang sering digunakan:

  • Twist Drill Bit, digunakan untuk keperluan pengeboran sehari-hari dengan desain khusus yang memungkinkan debu atau material yang terkikis tersalurkan dari lubang saat proses pengerjaan,.
  • Spade Drill Bit, memiliki ukuran bodi lebih pendek dibanding twist drill bit, sehingga lebih cocok digunakan untuk pengeboran logam atau melubangi kayu secara kasar.
  • Countersink Drill Bit, memiliki kepala sekrup atau mata bor khusus yang dapat masuk dan melubangi area berbentuk kerucut (bentuk V) di bagian atas lubangnya.
  • Center Drill Bit, digunakan untuk membuat lubang tengah (center) untuk menandai permukaan material sebelum pengeboran yang lebih besar.
  • Stub Drill Bit, dapat membuat lubang yang dangkal dengan cutting edge yang lebih kecil dan akurat, biasa dipakai untuk melubangi lembaran logam.
  • Subland Drill Bit, merupakan mata bor besi dengan penggabungan dua diameter berbeda, sehingga bisa digunakan untuk pengeboran terhadap berbagai ukuran lubang.
  • Micro Drill Bit, memiliki ujung berukuran kecil (mikro), sehingga sangat ideal untuk menghasilkan lubang yang halus pada jenis logam keras.

Selain ketujuh tipe di atas, masih banyak jenis mata bor besi lainnya yang biasa digunakan dalam konstruksi. Seiring penggunaan secara terus menerus, mata bor besi dapat menjadi tumpul sehingga kehilangan kekuatan untuk melubangi material. Berikut ini adalah beberapa cara asah mata bor besi yang sering dilakukan:

1. Cara Manual

Salah satu alat yang bisa digunakan untuk mengasah mata bor besi adalah grinder atau yang biasa juga disebut sebagai gerinda. Grinder mesin listrik yang digunakan untuk memotong, menggerus, atau mengasah material logam, termasuk mata bor besi.

Untuk cara asah mata bor besi secara manual, pastikan Anda memiliki grinder biasa yang sesuai dan dalam kondisi baik. Pastikan juga Anda sudah melengkapi diri dengan APD (Alat Pelindung Diri) yang meliputi kacamata pelindung dan sarung tangan untuk melindungi mata dan tangan Anda saat mengasah mata bor.

Setelah peralatannya dilengkapi, ikuti langkah-langkah berikut ini untuk mengasah mata bor besi menggunakan grinder biasa:

  1. Pasang kepala pengasah dan roda gerinda pada posisinya.
  2. Pegang tangkai mata bor dengan kuat agar aman dan tidak goyah saat digerakkan, sekaligus untuk mengurangi resiko kecelakaan akibat gerinda terkena tangan.
  3. Nyalakan grinder, lalu tempelkan pada mata bor besi dengan gerakan mengikuti jalur gerak grinder, yaitu ke atas dengan gerakan konstan secara berulang hingga hasil asahannya membentuk mata bor yang lebih lancip.
  4. Setelah selesai mengasah, bersihkan mata bor dan gerinda dari sisa-sisa logam yang tergerus saat proses pengasahan.

2. Cara Semi Manual

Salah satu kekurangan dari cara asah mata bor besi secara manual menggunakan grinder biasa yaitu resikonya lebih besar, karena tangkai mata bor dipegang secara langsung dengan tangan tanpa alat penahan.

Untuk mengurangi resiko kecelakaan, Anda bisa menggunakan cara semi manual. Metode ini sama-sama membutuhkan gerinda atau grinder. Bedanya, gerinda yang digunakan adalah jenis universal drill bit grinder yang sudah dilengkapi dengan cakram untuk menahan tangkai mata bor besi.

Dengan cara ini, Anda juga bisa menyetel ukuran ketajaman mata bor yang akan diasah sesuai kebutuhan. Selain itu, metode ini juga jauh lebih aman dibanding cara manual. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Pasang kepala pengasah dan roda gerinda pada posisinya, kemudian pasang tangkai mata bor pada bagian cakram penahan. Pastikan mata bor terpasang dengan kuat agar aman dan tidak goyah.
  2. Dengan cara yang sama seperti metode manual, nyalakan grinder lalu tempelkan pada mata bor gerakan konstan ke atas secara berulang mengikuti jalur gerak grinder hingga mata bornya lancip.
  3. Setelah mengasah, bersihkan mata bor dan gerinda dari sisa-sisa logam yang tergerus saat proses pengasahan.

3. Cara Otomatis Menggunakan Mesin

Alternatif cara asah mata bor besi terakhir yang jauh lebih aman dan praktis adalah dengan menggunakan mesin khusus yang bernama electric drill bit sharpener. Cara menggunakannya lebih praktis, hampir sama seperti cara kerja serutan pensil. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Pasang dan nyalakan alat electric drill bit sharpener.
  2. Masukkan mata bor besi yang akan diasah sesuai dengan lubang ukurannya.
  3. Ulangi tahap memasukkan mata bor berkali-kali hingga ujungnya kembali lancip dan tidak tumpul.

Cara Mengecek Mata Bor Besi yang Sudah Diasah

Setelah diasah, periksa mata bor besi tersebut untuk memastikan apakah ujungnya sudah tajam atau belum. Berikut adalah 2 alternatif cara yang dapat dilakukan untuk mengecek mata bor besi yang sudah diasah:

1. Pemeriksaan Visual

Cara paling sederhana untuk mengecek mata bor besi yang sudah diasah adalah dengan melakukan pemeriksaan visual. Periksa dengan seksama ujung mata bornya, apakah sudah tajam dan lancip atau belum. Jika belum runcing atau masih tumpul, artinya mata bor besi tersebut belum cukup diasah. 

2. Uji Langsung pada Material

Cara kedua adalah dengan menguji langsung pada material yang akan dilubangi. Jika mata bor besi sudah bisa digunakan untuk menembus material dengan mudah tanpa membuat permukaannya rusak, artinya mata bor sudah cukup tajam dan siap dipakai.

Dalam melakukan pengeboran, pastikan untuk menggunakan mata bor besi yang tajam dan sesuai dengan jenis material yang akan dilubangi. KPS Steel adalah distributor produk besi bangunan berkualitas untuk berbagai kebutuhan konstruksi, termasuk mata bor besi.

Untuk melihat rincian produk yang tersedia, Anda bisa mengunjungi halaman produk kami di sini. Jika membutuhkan mata bor besi yang tajam, maka pilihannya adalah berbagai jenis mata bor Nachi Cutting Tools dari KPS Steel.

Produk mata bor Nachi terbuat dari material baja karbon dan baja keras berkualitas, sehingga mampu membuat hasil pengeboran yang rapi. Apabila mata bor Anda kurang tajam, Anda bisa menggunakan cara asah mata bor besi di atas atau membeli produk mata bor Nachi Cutting Tools dari KPS Steel!

Bagikan Artikel :

Artikel Terkait