Berbagai Macam Besi untuk Rumah yang Anda Butuhkan

berbagai macam besi untuk rumah yang anda butuhkan

Ada begitu banyak jenis besi berikut dengan kegunaannya masing-masing. Untuk pembangunan rumah, ada beberapa kebutuhan besi yang Anda butuhkan.

Besi tergolong sebagai salah satu unsur yang paling sering ditemukan di bumi. Besi terbuat dari bahan bijih besi. Di samping itu, besi ternyata berbeda dengan baja. Besi merupakan material yang didapatkan secara alami. Sedangkan baja adalah material yang dibuat dari beragam unsur besi lainnya. Salah satu kegunaan besi dan baja adalah untuk pembangunan properti. Di artikel ini, kita akan membahas ragam dan kegunaan besi untuk rumah.

Baca Juga: Besi yang Cocok Membuat Furniture Rumah Tangga

Pada umumnya, besi digunakan untuk berbagai kebutuhan terkait konstruksi maupun industri. Hal ini dikarenakan besi bersifat mekanik yang sangat tepat untuk kebutuhan tersebut. Besi juga memiliki kekuatan, sehingga seing menjadi bahan untuk konstruksi. Lalu, apa saja jenis besi untuk rumah?

Ragam Besi untuk Rumah

Sebagai bahan konstruksi, ada beberapa jenis bahan metal atau besi untuk rumah. Berikut ini adalah beberapa ragam besi yang sering dipakai untuk pembangunan rumah:

1. Besi Wiremesh

Wiremesh adalah jenis besi yang dianyam membentuk lembaran. Pada titik temunya, sistem las listrik diberlakukan, sehingga anyaman dapat menyatu dengan kuat. Wiremesh yang baik menggunakan sistem pengelasan otomatis, sehingga jarak antar anyamannya sangat presisi.

Di lapangan, besi wiremesh digunakan sebagai bahan penopang kolom atau dak beton. Keuntungan menggunakan wiremesh adalah menyingkat waktu pekerjaan, karena wiremesh sangat mudah dipasang, tinggal menyesuaikan dengan kolom yang tersedia.

2. Besi Beton

Besi yang satu ini memiliki fungsi untuk menambah kekuatan struktural sebuah bangunan, termasuk konstruksi rumah. Cara kerjanya adalah besi ini memberikan kelenturan pada beton, sehingga beton dapat bertahan ketika menopang beban dinamis ataupun beban statis. Besi ini memiliki bentuk yang sangat panjang, sehingga sering juga disebut dengan besi tarik.

Terdapat dua ragam besi beton di pasaran umum. Yang pertama adalah besi polos. Sesuai namanya, besi polos memiliki permukaan bundar dan licin. Yang kedua adalah besi berulir, yang memiliki ulir pada permukaannya. Ketika dipasangkan dengan beton, besi berulir mampu mengikat lebih erat.

3. Besi Hollow

Sering juga dikenal dengan sebutan besi holo, besi untuk rumah ini memiliki bentuk batang dengan rongga. Di pasaran, ada dua jenis besi hollow, yakni galvanis dan galvalum. Jenis galvanis menggunakan bahan zinc sebanyak 97% dan sisanya alumunium serta bahan lain. Sementara jenis galvalum menggunakan unsur besi sebanyak 43% dan sisanya alumunium.

Dalam teknik konstruksi bangunan, besi hollow banyak digunakan untuk dijadikan penopang langit-langit alias plafon, rangka teralis, pagar, dan juga kanopi penutup carport. Tak jarang juga besi hollow dijadikan bahan untuk perlengkapan interior bergaya minimalis.

4. Besi Kanal

Besi kanal adalah jenis besi untuk rumah yang memiliki fungsi untuk menyambungkan dua bagian menjadi satu. Di pasaran, besi kanal dijual dengan dua pilihan kanal. Yaitu UNP dan CNP. Apa saja perbedaannya?

CNP memiliki penampang yang mirip huruf C. Dalam pembangunan rumah, besi CNP dipakai sebagai rangka atap, rangka pergola, dan bagian konstruksi lain yang membutuhkan rangka. Sedangkan UNP memiliki penampang luar yang mirip dengan alfabet U. Penggunaan besi kanal U alias UNP adalah untuk menopang dinding.

5. Pipa Besi

Besi jenis ini memiliki bentuk seperti pipa pada umumnya. Biasanya, pipa besi dipakai untuk pekerjaan instalasi. Misalnya untuk instalasi gas perumahan, minyak, dan benda berbahaya lain yang memerlukan jalur khusus. Pipa jenis ini memang tidak begitu umum digunakan untuk pekerjaan pembangunan rumah.

Meski begitu, pipa besi sering dipakai untuk instalasi air PAM, sehingga tidak mudah keropos. Di samping itu, besi berbentuk pipa ini juga sering digunakan sebagai bahan penunjang estetika untuk rumah. Misalnya untuk teralis kisi-kisi pagar rumah hingga dijadikan tiang lampu dekoratif.

Demikianlah beberapa jenis besi untuk rumah yang umum ditemukan di pasaran. Lewat tulisan ini, semoga Anda memiliki tambahan pengetahuan ketika sedang memilih jenis bahan bangunan, terutama besi untuk kebutuhan pekerjaan konstruksi bangunan Anda.

Baca Juga: Ragam Ide Kanopi Minimalis dengan Besi Hollow

Tertarik untuk mengetahui lebih banyak informasi mengenai besi? Silakan kunjungi blog KPS Steel di sini.

Bagikan Artikel :
Menu