Apa Itu Sheet Pile? Kenali Jenis dan Fungsinya

apa-itu-sheet-pile-kps-steel-harga-besi-jakarta

Penjelasan Lengkap Mengenai Sheet Pile

Di masa modern seperti sekarang ini, perkembangan demi perkembangan semakin pesat sehingga melahirkan inovasi baru yang menguntungkan. Salah satu hasil dari perkembangan di dunia konstruksi penahan tanah adalah sheet pile, atau penggunaan turap. Bagi yang belum tahu tentang turap ini, Anda  bisa menyimak informasi selengkapnya di bawah ini:

Baca Juga: Ukuran Pipa Galvanis, Berat dan Harganya

Pengertian Sheet Pile

Sheet pile atau turap merupakan sebuah struktur yang didesain khusus untuk menahan tekanan lateral atau dalam bentuk horizontal pada tanah. Konstruksi turap ini disusun menyerupai bentuk dinding, yang terdiri dari sejumlah turap yang kemudian dipancangkan ke dalam tanah. Hal tersebut bertujuan untuk menahan timbunan tanah ataupun belerang. Intinya, penggunaan turap ini berfungsi untuk menahan terjadinya keruntuhan pada tanah alias longsor.

Jenis-Jenis Sheet Pile

Nah, penggunaan sheet pile ini ternyata terdiri dari berbagai jenis, sehingga Anda perlu mengetahuinya agar tidak salah pilih nantinya. Berikut daftar jenisnya:

1. Kantilever

Ini merupakan jenis yang mampu menahan beban lateral dengan memanfaatkan kekuatan dari tanah yang ada di depan dinding. Defleksi lateral yang terjadi cenderung besar, sehingga kantilever hanya cocok untuk menahan tanah di kedalaman sedang saja.

2. Diangker

Diangker merupakan penjangkaran pada tanah yang disebut juga dengan nama lain alluvian atau ground anchor. Sekadar informasi, dianker ini sudah dikembangkan sejak 20 tahun lalu di benua Eropa dan cocok digunakan untuk menahan galian dalam. Namun, meskipun begitu, diangker masih bergantung pada kondisi tanah, ya. Cara kerja dari diangker ini adalah mengandalkan tahanan tanah untuk menahan beban horizontal tepatnya pada bagian turap yang terpancang dalam tanah, yang kemudian dibantu dengan angker yang berada atau dipasang pada bagian atas.

3. Dengan Landasan

Turap dengan landasan berfungsi untuk menahan tekanan tanah secara horizontal, dengan tiang-tiang yang bekerja dan dibuat landasan. Hal tersebut berfungsi untuk meletakkan bangunan tertentu. Gambaran bentuknya adalah tiang-tiang di tata sedemikian rupa, kemudian pada bagian atasnya dipasang landasan.

4. Bendungan Efek Selular

Di urutan keempat ada penggunaan turap bendungan efek selular yang merupakan struktur yang berbentuk sel-sel yang kemudian diisi dengan pasir secukupnya. Untuk yang jenis keempat ini, mampu menahan tanah dengan mengandalkan beratnya sendiri, dan memiliki kekokohan yang patut diacungi jempol. Nah, penggunaan sheet pile ini tidak hanya ada empat jenis yang telah disebutkan di atas, lho. Menurut bahan materialnya, struktur ini dibagi menjadi tiga jenis, yakni:

  • Material kayu
  • Material beton
  • Material baja atau steel

Berbicara tentang kelebihannya, Anda bisa merasakan banyak hal yang bermanfaat, mulai dari beratnya yang ringan karena didesain cukup tipis, lebih terjamin daripada konstruksi manual, tidak memerlukan proses pengeringan air dalam tahap pemasangannya, menggunakan konstruksi prefabricated atau dicetak terlebih dahulu, dll.

Fungsi Sheet Pile

Kini Anda sudah tahu tentang pengertian dan juga jenis-jenis penggunaan turap, sehingga Anda juga wajib tahu tentang fungsinya. Langsung saja, simak informasi berikut untuk mengetahuinya secara mendetail. Secara umum, penggunaan turap berfungsi sebagai dinding penahan tanah yang kemudian disusun sedemikian rupa, sehingga membentuk dinding yang kokoh dan mencegah terjadinya longsor.

Lantas, dinding penahan tersebut biasanya difungsikan di mana saja? Nah, jawabannya adalah sebagai berikut:

  1. Tebing sungai
  2. Jalan raya
  3. Tebing galian (pembuatan pondasi atau basement)
  4. Dinding dermaga
  5. Dok kapal
  6. Bendungan, dll.

Baca Juga: Tabel Ukuran Pipa Schedule dan Fungsinya

Setelah membaca informasi seputar penggunaan sheet pile di atas, tentunya Anda sudah tahu dan sudah mendapat gambarannya. Jika kamu ingin membeli turap dengan kualitas terjamin jangan lupa untuk mengjungi KSP Steel. Jika Anda tertarik untuk mengetahui lebih lengkap mengenai beragam jenis besi dan informasi lainnya. Anda dapat mengunjungi website KPS Steel di sini, atau dapat langsung menghubungi kami untuk melakukan pemesanan melalui Whatsapp di sini.

Bagikan Artikel :
Menu