Mengenal Apa Itu Scaffolding & Perbedaannya dengan Steger

material-perancah-atau-scaffolding-dari-pipa-baja-kps-steel-apa-itu-scaffolding

Bagi masyarakat umum mungkin masih asing dengan apa itu scaffolding. Meskipun sering menjumpai benda tersebut. Istilah tersebut berasal dari bahasa Inggris yang mempunyai arti perancah. Ketika ada pengerjaan suatu bangunan, umumnya pekerja akan memakai scaffolding. Bentuknya berupa struktur dengan bahan bambu atau besi.

Alat tersebut dipakai sebagai working platform sementara bagi pekerja. Scaffolding mempunyai peran penting dalam dunia konstruksi. Karena mampu membantu dan melindungi para pekerja. Karena bersifat sementara, alat ini dapat dibongkar apabila konstruksi sudah selesai dikerjakan.

Baca Juga: Fungsi Scaffolding dan Jenis-Jenisnya dalam Konstruksi Bangunan

Memahami Apa Itu Scaffolding dan Steger

Scaffolding merupakan sebuah bangunan sementara yang dipakai sebagai penyangga tenaga kerja, bahan bangunan dan alat dalam pekerjaan konstruksi. Alat ini dapat dipakai dalam pembuatan, pemeliharaan hingga pembongkaran bangunan. Scaffolding merupakan struktur sementara yang dipakai dalam menyangga pekerja dan material konstruksi. Umumnya mempunyai bentuk sistem modular dari besi hingga bambu. Bahan bambu umum digunakan dalam negara Asia.

Berbeda dengan scaffolding yang berasal dari bahasa Inggris. Steger berasal dari bahasa Belanda. Namun arti keduanya adalah sama, yakni perancah. Sehingga orang biasa menggunakan istilah keduanya untuk menyebut perancah. Setelah membahas mengenai apa itu scaffolding, selanjutnya ialah tentang penggunaannya. Alat ini mempunyai rangka kuat untuk menopang beban di atasnya.

Ketika melakukan suatu proyek, alat ini dapat digunakan dengan bahan yang diinginkan. Alat ini biasa dipakai dalam pekerjaan konstruksi dengan ketinggian lebih dari 2 meter. Ketinggian tersebut tidak bisa dijangkau secara langsung oleh pekerja sehingga membutuhkan bantuan scaffolding atau steger. Terdapat 3 tipe dasar dari alat ini, yakni supported scaffolding yang merupakan platform dengan penyangga tiang. Dilengkapi dengan pendukung lain berupa sambungan, kaki, kerangka hingga outriggers.

Kemudian tipe suspended scaffolds, merupakan platform yang tergantung dengan tali. Ketiga ialah aerial lift yang digunakan untuk mengangkat seperti “Man Baskets” atau keranjang manusia. Perancah mempunyai dua fungsi utama. Pertama, sebagai tempat untuk bekerja yang aman bagi tukang. Sehingga mampu memberikan jaminan keselamatan bagi mereka. Fungsi kedua ialah sebagai pelindung bagi pekerja atau orang lain.

Alat ini mampu melindungi orang yang berada di bawah dari bahan atau alat. Terdapat kemungkinan adanya bahan atau alat yang terjatuh ketika pekerjaan dilakukan.

Jenis Scaffolding yang Biasa dipakai dalam Konstruksi

Perancah mempunyai beberapa jenis. Penggunaannya dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Karena setiap jenis mempunyai kelebihan dan kelemahan masing-masing. Berikut ini beberapa jenis perancah tersebut.

1. Perancah Andang

Jenis perancah ini biasa dipakai dalam pekerjaan dengan ketinggian 2,5 m – 3 m. apabila bangunan lebih tinggi dari itu maka membutuhkan jenis lain. Andang ini bisa terbuat dari 3 bahan, yakni bambu, kayu dan besi. Andang kayu mempunyai kelebihan mudah dipindahkan namun tidak bisa disetel mengenai tingginya ketika sudah dirakit. Begitu juga dengan andang bambu. Sementara untuk Andang besi bisa diubah pada ketinggiannya.

2. Perancah Tiang

Apabila konstruksi mempunyai ketinggian lebih dari 3 m, maka perlu menggunakan perancah tiang. Alat ini bahkan bisa dipakai dalam ketinggian 10 m. hal ini dapat disesuaikan dengan keperluan konstruksi.

3. Perancah Besi Beroda

Alat ini menggunakan bahan pipa galvanis. Perancah besi beroda bisa dipakai dalam pekerjaan luar ruangan hingga dalam ruangan. Kelebihannya ialah memiliki bentuk kusen sehingga mudah disetel atau dipasang.

4. Perancang Menggantung

Perancah ini biasa dipakai dalam pemasangan eternit, finishing pengecatan eternit, plat beton dan lain sebagainya. Alat ini digunakan dalam pekerjaan bagian atas dengan cara menggantungkannya menggunakan tali atau rantai besi. Scaffolding mempunyai banyak manfaat dalam konstruksi. Mulai dari memudahkan pekerjaan tukang hingga melindungi keselamatan mereka. Anda bisa mendapatkan alat tersebut dengan mudah melalui kami.

Baca Juga: Keunggulan Pipa Besi Galvanis dalam Konstruksi

Banyak sekali jenis alat dan bahan yang digunakan dalam konstruksi. Salah satunya ialah scaffolding. Apa itu scaffolding, yakni suatu struktur sementara yang digunakan untuk menyangga pekerja dan material konstruksi. Jika Anda tertarik untuk mempelajari informasi yang lebih lengkap mengenai beragam jenis besi, kunjungi blog kami untuk info terbaru. Kunjungi juga laman produk kami untuk informasi mengenai produk di KPS Steel. Anda juga dapat melakukan pemesanan, hubungi kami melalui WhatsApp.

Bagikan Artikel :
Menu