Penjelasan dan Karakteristik dari Besi Tuang Putih

Karakteristik Besi Tulang Putih

Besi tuang sering juga disebut dengan nama besi cor yang merupakan paduan besi-karbon dengan kandungan lebih dari 2%. Perlu dipahami kandungan karbon jika kurang dari 2% maka dapat disebut baja. Cara pembuatannya cukup menarik karena bijih besi harus dilelehkan terlebih dahulu baru kemudian dibentuk. Cairan panas hasil lelehan tersebut kemudian dibentuk menggunakan cetakan sesuai dengan kebutuhan.

Baca Juga: Penjelasan Perbedaan Warna Pada Besi Tulangan

Tidak heran jika Anda akan menemukan banyak sekali jenis besi cor dipasaran yang berbeda ukuran, bentuk dan modelnya. Dari banyaknya jenis, pembahasan kali ini hanya fokus pada besi tuang putih. Namun, akan dijelaskan sekilas tentang jenis-jenis lainnya selain putih sebagai informasi saja. Jadi, Anda dapat mengetahui lebih banyak jenis-jenis besi cor yang ada di pasaran dan bisa mencari sesuai kebutuhan.

Mengenal Besi Cor dan Besi Tuang Putih Secara Sederhana

Besi cor dibentuk melalui unsur karbon (C) dan Silikon (Si) dimana perbedaan keduanya menyebab kan titik lebur. Sehingga lebih rendah jika dibandingkan baja yaitu antara 1.150 – 1200 derajat celcius. Jika Anda heran kenapa ada banyak warna ternyata unsur paduan didalamnya yang menjadi pengaruh pertahanan warnanya. Misalnya besi tuang putih mengandung unsur karbida lebih besar dibandingkan unsur lainnya.

Jenis besi ini sebenarnya cenderung rapuh kecuali yang jenis tempa sehingga digunakan untuk bahan rekayasa. Seperti digunakan pada pipa, mesin dan suku cadang seperti blok silinder dan masih banyak lainnya. Besi cor yang berwarna putih memiliki bidang patahan berwarna putih karena kandungan sementit. Dimana kandungan karbonnya juga lebih dari 1,7% sehingga mempengaruhi warnanya menjadi lebih dominan warna putih.

Karena kandungan silikon rendah dimana laju pendinginan menjadi lebih cepat maka akan terbentuk fasa metastabil sementit. Pada dasarnya sementit memiliki sifat keras dan getas sehingga membuat tingkat ketahanan aus tinggi. Namun dari segi kekuatan tariknya juga sangat rendah sehingga tidak digunakan pada pondasi bangunan. Jenis besi ini sering digunakan sebagai bahan baku untuk membuat besi cor maupun tempa.

Jenis-jenis Besi Cor Lainnya Selain Warna Putih

Jika Anda hanya mengetahui yang warna putih saja sebaiknya simak penjelasan berikut ini. Karena faktanya jenis besi tuang ada banyak dengan berbagai pilihan warna sebagai tanda dari kualitasnya.

1. Besi Cor Kelabu

Jenis besi ini sering disebut juga dengan istilah gray cast iron dengan kandungan grafit berbentuk serpihan tipis. Namun merata pada seluruh bagian sehingga menyebabkan warna pertahanan menjadi kelabu. Mengandung 2,5 – 4% karbon dan 1 – 3% silikon membuat besinya memiliki kadar silikon tinggi. Memiliki kekuatan tarik dan ketangguhan rendah daripada baja membuat kekuatan tekanannya setara dengan baja karbon rendah.

2. Besi Cor Mampu Tempa

Jenis ini merupakan perpaduan besi cor putih kemudian diberi perlakuan panas sampai mencapai 900 derajat celcius. Perlakuan panas ini bertujuan untuk memisahkan karbida besi menjadi besi dan grafit. Pada jenis tempa ini memiliki sifat hampir sama dengan baja ringan sehingga memiliki kekuatan tempa sangat baik. Dari ketahanan terhadap beban kejut dan mampu mesin sehingga banyak digunakan pada industri.

3. Besi Cor Nodular

Terakhir adalah jenis nodular atau nodular cast iron yang berbentuk seperti grafir bulat. Adanya bahan penambah seperti magnesium dan cerium membuat grafit menjadi bulat sehingga konsentrasi regangannya lebih kecil.

Baca Juga: Miliki Bangunan Tahan Gempa Berbahan Besi Wide Flange

Sebagai distributor besi resmi, kami menyediakan berbagai jenis besi cor dengan berbagai pilihan warna. Konsultasikan saja besi tuang jenis apa yang Anda butuhkan dan kami akan memberikan rekomendasi terbaik. Jika Anda tertarik untuk mengetahui lebih lengkap mengenai besi tuang dan beragam jenis besi lainnya, Anda dapat mengunjungi website KPS Steel di sini, atau dapat langsung menghubungi kami melalui Whatsapp di sini.

Bagikan Artikel :
Menu