Jenis-Jenis Besi untuk Berbagai Keperluan

jenis-jenis besi untuk berbagai keperluan

Besi merupakan salah satu logam yang paling banyak digunakan di dunia karena jumlahnya yang melimpah di bumi dan jenis-jenis besi sangat banyak.

Sejak berabad-abad lalu besi sudah digunakan oleh manusia untuk kebutuhan sehari-hari. Jenis-jenis besi, besi (Fe) adalah elemen ke-4 terbanyak di dunia dan menguasai 5% dari seluruh material di dalam perut bumi. Sehingga besi menjadi sumber daya yang sangat berlimpah dan bernilai ekonomi tinggi, membuat besi menjadi salah satu material yang paling banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Baca Juga: Anti Karat, Galvanis Cocok Membangun Saluran Air

Beberapa jenis-jensi besi memiliki beberapa sifat khusus dibandingkan dengan logam lain yang membuatnya diminati. Ketangguhannya, ketahanannya terhadap kondisi dan kekuatan yang keras membuatnya cocok untuk tugas-tugas sulit. Mungkin sangat sulit untuk membayangkan mesin dan alat canggih tanpa kehadiran besi di bumi. Tidak ada logam lain yang bisa menggantikannya dalam beberapa aplikasi.

Dalam penggunaannya di kehidupan sehari-hari besi dapat ditemukan pada: Makanan, Obat, Pertanian, Proses pembangunan rumah, Mobil, Alat berat, Pagar, Tungku, perkakas, Sistem keamanan, Pipa dan dalam pembangunan jembatan. Di rumah tinggal, besi dengan beragam jenis kandungan memegang peranan penting. Bisa dikatakan, besi adalah material yang selalu digunakan dari saat pembangunan rumah, penyelesaian, hingga pengisian. Besi digunakan sebagai struktur beton, teralis dan pagar, furnitur, peranti, hingga aksesori.

Banyak peralatan dan produk dapur dan memasak terbuat dari stainless steel yang terbuat dari besi. Bentuk besi ini tidak mendapatkan karat tetapi juga kuat dan tahan lama.

Selain itu, konstruksi rumah dan bangunan sangat bergantung pada besi. Ini digunakan dalam fondasi, atap dan bahkan pilar bangunan dan rumah. Ini digunakan sebagai batang panjang besi dalam kombinasi dengan beton dan semen. Menambahkan besi ke konstruksi memberi kekuatan dan daya tahan pada konstruksi. Kehadiran batang besi juga membantu menahan beban. Terutama baja karbon dapat digunakan dalam membuat atap dengan campuran RCC.

 Apa saja ragam jenis-jensi besi yang digunakan untuk rumah tinggal?

1. Besi Tuang

Besi tuang adalah campuran besi dan logam lain yang dilelehkan dan dituang ke dalam cetakan, membentuk beragam jenis sesuai gunanya. Produk rumah tangga yang dihasilkan beragam, mulai dari bahan dasar struktur, sambungan pipa, struktur jembatan, hingga peranti dapur seperti wajan.

2. Besi Pipa

Bentuknya serupa pipa, tapi bahannya terbuat dari besi. Terdapat beragam jenis besi pipa di pasaran, mulai dari pipa galvanis, pipa besi tuang, hingga pipa tembaga. Besi pipa tembaga umumnya digunakan di rumah sebagai instalasi air bersih dan air panas, karena ringan, mudah disambung, dan tahan karat.

3. Besi Tempa

Pengolahan besi tempa sering disamakan dengan seni kerajinan tangan karena prosesnya yang mirip seni pahat, sehingga cukup mahal. Besi tempa ada yang dibuat secara manual maupun mesin, dengan cara ditempa atau dipalu sehingga membentuk motif yang unik.

4. Besi Hollow

Berbentuk pipa kotak dengan lubang di tengah, biasanya terbuat dari besi galvanis, stainless, dan besi baja. Besi hollow sering digunakan dalam konstruksi bangunan, terutama sebagai aksesori pagar, railing, dan pintu gerbang, juga struktur plafon. Dimensinya beragam, dengan panjang umumnya 6m.

5. Baja Ringan

Kokoh, namun ringan. Baja ringan adalah alternatif pengganti kayu yang baik sebagai rangka atap. Pemasangan baja ringan membutuhkan keahlian khusus karena harus tepat untuk mendapatkan penahan beban sesuai kebutuhan. Material ini terbuat dari baja yang dicampur zinc dan aluminium.

Baca Juga: Besi yang Cocok Membuat Furniture Rumah Tangga

Jika Anda memerlukan bahan besi terbaik, KPS Steel selaku distributor besi menyediakan jenis-jenis besi berkualitas sesuai SNI. Anda dapat menemukannya disini.

Bagikan Artikel :

Artikel Terkait

Menu