Spesifikasi Panjang Besi Siku Serta Ragam Keunggulannya

Spesifikasi Panjang Besi Siku Serta Ragam Keunggulannya KPS Steel Distributor Besi Jakarta

Pada dasarnya panjang besi siku dapat disesuaikan dengan rangka konstruksi bangunan. Besi siku dibutuhkan untuk memperkuat rangka bangunan dan meningkatkan keamanannya.

Fungsi utama besi siku yaitu agar rangka konstruksi dapat menahan beban berat dengan baik. Baik itu rangka dasar tangga, tralis jendela atau konstruksi pagar rumah, semuanya bisa disesuaikan. Jika dilihat dari dimensinya, ada banyak ukuran besi siku yang bisa digunakan.

Dimensi besi siku mempengaruhi kualitas konstruksi sehingga daya tahannya bisa ditingkatkan lagi. Untuk ketebalannya, besi siku memiliki variasi 1 mm, 2 mm hingga 4 mm. Di sisi lain ukuran besi siku juga bervariatif, dimulai dari 2 cm, 3 cm, 4 cm dan 5 cm menyesuaikan rangka bangunan.

Panjang Besi Siku Berdasarkan Jenisnya

Besi siku memiliki dimensi yang bervariasi termasuk ukuran panjangnya. Di bawah ini ada beberapa jenis besi siku yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

1. Besi Siku sama Sisi

Biasanya besi siku sama sisi memiliki panjang yang sama di kedua sisinya. Contoh sederhana seperti panjang besi siku 5 cm x 5 cm untuk sisi bagian bawah dan sisi bagian atas.

Bentuk ideal besi siku sama sisi memiliki sudut 90⁰ dengan daya tahan penopang lebih besar. Jadi dengan sudut tersebut, beban akan terbagi ke kedua sisi yang sama panjang.

Besi siku sama sisi lebih sering ditemukan di konstruksi luar ruangan. Tiang pemancar hingga antena parabola sering menggunakan besi siku sebagai penopang beban utama.

2. Besi Siku Tidak Sama Sisi

Panjang besi siku tidak sama sisi pada dasarnya berbeda antara sisi atas dan bawah. Dengan sudut 45⁰, besi siku dapat menahan beban dalam tingkatan yang berbeda.

Biasanya salah satu sisi memiliki panjang lebih dan dikenal dengan sebutan L-Bracket. Contoh besi sikunya seperti 100 mm x 75 mm untuk lebar 10 mm dan panjang 6 mm.

Di sisi lain ada juga ukuran 125 mm x 75 mm untuk lebar 100 dan panjang 6 mm. Terakhir ada ukuran 150 mm x 90 mm untuk dimensi lebar 12 mm dan panjang 6 mm.

3. Besi Siku Berlubang

Untuk besi siku berlubang, biasanya digunakan untuk dipasangkan ke salah satu sisi kerangka. Rak buku, rak portabel hingga meja portabel bisa disesuaikan panjang besi siku berlubang.

Sudutnya masih sama yaitu 90⁰ dengan fleksibilitas yang tinggi. Besi siku bisa dicopot pasang kembali menyesuaikan kebutuhan Anda pada suatu kerangka.

Ukurannya di kisaran 36 mm x 36 mm dengan panjang 3 mm dan lebar 1,8 mm. Ada juga besi siku berlubang dengan ukuran 40 mm x 40 mm dengan panjang 3 mm dan lebar 2 mm.

Baca Juga: Cara Menghitug Berat Besi Siku, Keunggulan dan Kegunaannya

Kelebihan dan Keunggulan Besi Siku

Karena memiliki fleksibilitas yang tinggi, besi siku dapat memberikan berbagai macam kelebihan. Berikut ini ada beberapa kelebihan besi siku yang bisa Anda dapatkan.

1. Kokoh dan Daktilitas Tinggi

Alasan mengapa banyak orang menggunakan besi siku karena daktilitasnya tinggi. Umumnya daktilitas lebih dikenal dengan definisi ketahanan untuk material bangunan.

Panjang besi siku mempengaruhi ketahanannya saat dipasang ke rangka konstruksi. Satu hal yang mencolok adalah siku besi tidak mudah memuai ketika berada di suhu panas.

Daktilitas tinggi dan tidak mudah memuai menjadi karakteristik material berkualitas. Dengan daya tahannya yang tinggi, besi siku cocok digunakan untuk berbagai jenis konstruksi.

2. Material Serba Guna

Pada dasarnya besi siku bisa dimanfaatkan untuk membangun berbagai macam proyek. Mulai dari arsitektural, struktural, desain interior dan eksterior menyesuaikan panjang besi siku.

Jika Anda ingin tiang penyangga, penopang rangka atap atau rangka tangga, besi siku bisa jadi material alternatif. Untuk furnitur, besi siku juga cocok digunakan karena variannya banyak.

Contohnya seperti besi siku berongga yang dapat digunakan untuk rak buku, rak barang dan furnitur bergaya Industrial lainnya. Fleksibilitasnya cocok untuk berbagai macam kebutuhan.

3. Anti Karat

Panjang Besi siku tidak mempengaruhi daya tahannya terhadap karat. Hal ini disebabkan oleh lapisan luarnya yang sudah terjamin aman sehingga tidak mudah terserang efek korosif.

Karena anti karat, besi siku banyak digunakan untuk konstruksi luar ruangan. Contohnya pada penyangga tiang pemancar, tandon, tower listrik, antena parabola hingga gerbang rumah.

Meski begitu, lapisan anti karat juga harus selalu dicek secara berkala. Pastikan Anda cat ulang lapisan yang sudah terkelupas agar besi tidak berkarat ketika sudah lama di luar ruangan.

4. Dimensi Variatif

Jika dilihat dari jenis dan ukurannya, besi siku memiliki dimensi yang bervariasi. Jika hendak menggunakannya, Anda dapat menyesuaikan panjangnya dengan kerangka konstruksi sehingga kekuatannya optimal.

Ketebalan besi siku juga dapat memberikan daya tahan lebih tinggi dengan daktilitasnya yang anti pemuaian. Anda bisa menggunakan besi siku untuk berbagai macam konstruksi. Dengan berbagai kelebihan yang diberikan, Anda tidak perlu cemas ketika memilih varian besi sikunya.

Anda bisa menghubungi KPS Steel selaku distributor besi Jakarta untuk mendapatkan varian besi siku terbaik. Tersedia beragam ukuran dan panjang besi siku.

Baca Juga: Tips Membuat Rak Menggunakan Besi Siku

Kunjungi laman produk kami untuk informasi selengkapnya. Bila Anda tertarik untuk mempelajari lebih lanjut mengenai dunia perbesian, konstruksi, dan inspirasi hunian, kunjungi blog KPS Steel

Bagikan Artikel :
Menu