Mengenal Spesifikasi dan Penggunaan Besi Siku

mengenal spesifikasi dan penggunaan besi siku

Penggunaan besi siku dalam konstruksi bangunan merupakan hal yang penting.

 

Besi siku merupakan sebuah batang logam yang membentuk sudut siku-siku (90 derajat). Besi siku lebih populer dengan istilah bar siku (angle bar) atau L-Bracket. Dalam dunia konstruksi, besi siku merupakan salah satu material yang penting karena biasa digunakan sebagai penyangga stuktur bermacam konstruksi bangunan. Penggunaan besi siku membuat konstruksi bangunan menjadi lebih stabil dan kokoh. Berikut beberapa informasi terkait spesifikasi, penggunaan, dan harga besi siku.

Baca Juga: Red Iron Building Ramah Lingkungan

Spesifikasi Besi Siku

Besi siku terbuat dari logam besi plat yang diberi lapisan anti karat dan anti rayap sehingga awet dan tahan lama.  Ukurannya bervariasi tergantung lebar dan ketebalan penampangnya dengan panjang standar 6 meter. Terdapat berbagai ukuran penampang, mulai dari 2 cm, 3 cm, 4 cm, hingga 5 cm, sedangkan ketebalan besi siku tersedia antara ukuran 1,4 mm sampai 3,4 mm.

Penggunaan Besi Siku

Besi siku biasa digunakan sebagai penyangga stuktur konstruksi bangunan. Penggunaan besi siku membuat bangunan lebih stabil dan kokoh. Berikut penjelasan tentang kegunaan besi siku pada konstruksi:

1. Lingkungan Rumah

Pada lingkungan rumah, penggunaan besi siku bisa ditemukan pada beberapa konstruksi berikut:

  • Pagar atau Gerbang rumah

Pagar atau gerbang rumah biasanya dibuat dari besi tempa atau besi cor. Tetapi besi siku juga bisa dimanfaatkan untuk membuat pagar rumah. Tentunya, biaya yang dikeluarkan lebih ekonomis.

  • Konstruksi tangga

Pada konstruksi tangga terdapat sudut siku pada setiap anak tangganya. Pada titik ini dibutuhkan besi siku yang kuat untuk menopang berat badan setiap orang yang akan mengakses tangga.

  • Penyangga Menara Tangki Air

Hampir semua hunian modern memerlukan penampungan air untuk memastikan pasokan air tidak terkendala bahkan saat listrik padam. Tangki air ini memiliki bobot yang sangat berat karena berisi air dalam jumlah banyak. Oleh karena itu, penyangga atau menara tangka air biasanya dibuat menggunakan besi siku.

  • Teralis Jendela

Teralis yang dibuat dari besi siku bisa menambah keunikan dari desain jendela rumah dan berfungsi sebagai anti maling.

  • Kerangka Pintu

Kerangka pintu yang dibangun dengan besi siku bisa digunakan untuk menopang pintu besi. Apabila dibuat dengan besi siku, kerangka pintu akan memiliki durabilitas yang tinggi.

  • Rak

Rak besar yang ada di pertokoan atau perkantoran biasanya disusun dari besi siku. Besi siku digunakan karena besi siku dianggap kuat dan kokoh sehingga bisa menopang benda besar dan berat dalam jumlah banyak.

 

2. Lingkungan Luar Rumah

Pada lingkungan di luar rumah, besi siku juga umum digunakan sebagai bahan konstruksi bangunan. Penggunaan besi siku bisa ditemukan pada beberapa konstruksi berikut:

  • Jembatan

Jembatan yang merupakan penghubung dan dilalui kendaraan setiap saat harus kuat dan kokoh. Oleh karena itu, besi siku cocok digunakan sebagai bahan konstruksi jembatan.

  • Menara Pemancar Radio

Sama halnya dengan menara tangka air, menara pemancar radio juga memerlukan bahan yang kokoh untuk menopang kebutuhan konstruksinya yang tinggi. Penggunaan besi siku yang kokoh dan anti karat cocok untuk membangun menara yang tinggi sehingga tahan dengan terpaan angin yang kencang.

  • Rangka Baliho

Rangka baliho yang ada di pinggir jalan juga dibangun dengan menggunakan besi siku karena sifatnya yang tahan lama dan anti karat.

Baca Juga: Jenis Besi Konstruksi Beserta Kegunaannya

Harga Besi Siku

Harga besi siku berbeda-beda tergantung pada kualitas bahan yang digunakan. Apabila Anda membutuhkan besi siku dengan kualitas terjamin, jangan ragu untuk menghubungi KPS Steel.

Bagikan Artikel :
Menu