3 Jenis Besi Siku Beserta Fungsinya yang Harus Anda Ketahui

Jenis-Besi-Siku-Serta-Keunggulannya-KPS-Steel-Distributor-Besi-Jakarta-harga-besi-siku

Jenis-Jenis Besi Siku dan Fungsinya

Dalam pembuatan sebuah bangunan terdapat beberapa jenis besi yang digunakan, salah satunya yaitu jenis besi siku. Fungsi besi ini beragam, mulai dari sebagai penguat konstruksi lainnya hingga menyusun rangka. Tiap jenisnya juga memiliki fungsi serta kekuatan berbeda – beda. Masih awam tentang penggunaan besi siku di rumah Anda? Coba amati bagaimana jendela atau pintu Anda.

Biasanya kerangka jendela atau pintunya terbuat dari besi siku. Lalu, perhatikan kembali bagian tangga, kerangkanya juga biasanya menggunakan jenis besi ini. Ada banyak sekali furnitur bangunan yang menggunakan besi siku, tidak hanya sebagai material penyusun kerangka atau penguat saja. Beberapa mengembangkannya sebagai sarana mempercantik ruangan interior maupun eksterior, sehingga hunian jadi lebih indah.

Baca Juga: Panduan Memilih Ukuran Besi Siku

3 Jenis Besi Siku yang Harus Anda Ketahui

Sesuai namanya, bentuknya seperti dua plat yang saling terhubung dengan sudut 90 derajat. Ukurannya beragam, tetapi secara standar umumnya memiliki panjang sekitar 6m. Selain itu berdasarkan ukuran dan bentuknya, tergolong menjadi 3 jenis utama, yaitu :

1. Siku Sama Sisi

Siku sama sisi memiliki karakteristik paling mudah dikenali, yaitu memiliki panjang yang sama di kedua sisi sikunya. Contohnya apabila ukurannya adalah 40mm x 40mm, maka kedua sisi platnya adalah 40mm atau 4cm.

2. Siku Beda Sisi

Karena kebutuhan konstruksi tidak semua ideal menggunakan sisi sama panjang, terkadang memerlukan salah satu sisi lebih panjang dari lainnya, karenalah muncul alternatif ini. Panjang kedua sisinya berbeda jauh, contoh ukurannya misalnya 150mm x 90mm.

3. Siku Berlubang

Secara ukuran tidak jauh berbeda dari besi siku sama sisi, namun perbedaannya adalah pada bagian permukaannya terdapat lubang – lubang. Fungsinya adalah sebagai peletak baut, sehingga lebih mudah untuk disambungkan dengan bahan konstruksi lainnya.

Fungsi Jenis Besi Siku Pada Konstruksi Bangunan

Meskipun memiliki dimensi kecil, tetapi daktilitasnya tinggi, artinya mampu menahan tekanan maupun stress ketika menopang beban berat. Karenanya sering digunakan sebagai kerangka pada konstruksi ringan. Beberapa orang juga memanfaatkannya untuk membentuk hal lain, di antaranya:

1. Membuat Menara Air

Menara besi merupakan salah satu bentuk konstruksi yang menggunakan besi siku sebagai penopang kerangkanya. Agar bisa menopang beban berat serta membuatnya tetap kokoh meskipun dibangun cukup tinggi dari tanah, pastikan memilih dimensi yang paling cocok.

2. Sebagai Teralis Jendela

Teralis jendela adalah salah satu bentuk pengaman agar tidak mudah dibobol oleh orang – orang tak bertanggung jawab. Biasanya dibentuk dari besi ulir atau polos yang dilas atau dibentuk, namun Anda juga bisa menggunakan jenis siku sebagai penggantinya.

3. Sebagai Bahan Utama Pagar

Pagar merupakan salah satu sistem keamanan yang paling dasar di setiap rumah. Pagar dapat mengurangi potensi orang memasuki area privat di dalam rumah. Ada banyak jenis material pembuatnya, mulai dari yang tradisional menggunakan batu atau kayu, hingga modern menggunakan logam. Besi siku adalah salah satu bahannya, dipilih karena lebih mudah dipasang serta memiliki nilai estetika tinggi. Terlebih apabila dipadukan dengan berbagai macam warna yang masih satu tema dengan cat temboknya.

4. Rak Besi

Pernah melihat ke dalam gudang atau pergi ke toko bangunan? Anda pasti akan melihat aplikasi siku berlubang di sana. Salah satu bentuk aplikasinya adalah pembuatan rak untuk menyimpan berbagai jenis barang. Daktilitas yang tinggi membuatnya mampu menopang beban besar. Meskipun kekuatan dan potensi penggunaannya cukup besar, Anda juga harus tetap berhati – hati dalam memilihnya.

Mengingat harus mempertimbangkan tingkat bebannya juga, itu sebabnya kualitas dari besi siku perlu dipertimbangkan. Anda tidak perlu ragu apabila melakukan pemesaranan melalui kami. Apabila masih bingung hendak menggunakan ukuran berapa, tinggal konsultasikan saja. Begitu juga ketika hendak memilih jenis besi siku yang tersedia.

Baca Juga: Keunggulan Besi Siku dalam Konstruksi

Jika Anda tertarik untuk mengetahui lebih lengkap mengenai beragam jenis besi dan informasi lainnya. Anda dapat mengunjungi website KPS Steel di sini, atau dapat langsung menghubungi kami untuk melakukan pemesanan melalui Whatsapp di sini.

Bagikan Artikel :
Menu