3 Jenis Besi Siku Serta Keunggulannya dalam Konstruksi

Jenis-Besi-Siku-Serta-Keunggulannya-KPS-Steel-Distributor-Besi-Jakarta-harga-besi-siku

Jenis Besi Siku dan Keunggulannya

Jenis besi siku tampaknya memiliki peranan cukup penting dalam konstruksi. Jenis ini sebenarnya tidak hanya dipakai untuk kepentingan rumah tangga. Namun, urusan komersil juga sering membutuhkan adanya besi siku. Beberapa contoh penggunaan besi ini sendiri bisa dilihat dari pagar besi, gerbang, hingga konstruksi tangga besi.

Anda pastinya sudah sering melihat dipakai untuk keperluan teralis jendela juga, bukan? Namun, sebelum lebih jauh, ada baiknya jika Anda memahami terlebih dahulu seluk beluk dari besi ini. Anda perlu memahami mulai dari spesifikasi, ukuran hingga nanti pada jenis-jenisnya.

Baca Juga: Cara Mudah Menghilangkan Karat Pada Besi

Spesifikasi dan Ukuran yang Perlu Diketahui

Jenis siku juga biasa disebut sebagai angle bar. Biasanya, angle bar diproduksi memanjang pada ukuran 6 meter setiap batang. Namun, yang membedakan adalah ukuran lebarnya cukup bervariasi. Beberapa ukuran yang telah tersedia adalah 2 cm hingga 5 cm. untuk ketebalannya, hampir semua memiliki ketebalan 1,4 hingga 3,4 mm.

hal inilah yang membuatnya cukup ringan. Melihat dari ukurannya tersebut, angle bar memiliki daktilitas yang sangat tinggi. Hal tersebut membuatnya cukup mudah diaplikasikan pada beberapa konstruksi mulai dari pagar kokoh hingga kerangka jendela.

Jenis Besi Siku yang Berbeda

Setidaknya, ada 3 jenis yang saat ini sangat populer. Dari sisi bentuk, tentu ketiganya memiliki kemiripan. Hanya saja, daya tahan serta kegunaannya mungkin cukup berbeda.

1. Angle bar sama sisi

Seperti Namanya, angle bar satu ini memiliki ukuran yang sama untuk setiap sisinya. Misalnya saja, ukuran 40 mm x 40 mm artinya pada kedua sisinya memiliki Panjang 2 cm. Karena sisinya sama, biasanya jenis satu ini sering dipakai untuk membuat pagar besi atau gerbang. Bentuknya ketika digabungkan membuatnya tetap simetris. Itulah mengapa jenis ini cukup banyak digunakan.

2. Angle bar berlubang

Jenis besi siku ini memiliki lubang bulat dan lonjong di beberapa titik. Tentu lubang tersebut ada bukan karena hiasan semata. Namun, lubang tersebut memiliki fungsi sendiri untuk mempermudah konstruksi. Biasanya, besi siku berlubang ini lebih banyak dipakai untuk konstruksi rak. Hal tersebut dimudahkan dengan adanya lubang-lubang saat merangkainya. Anda juga pasti sering menjumpai jenis ini, bukan?

3. Angle bar tidak sama sisi

Jika ada besi siku sama sisi, maka ada juga yang tidak sama sisi. Ukurannya juga bervariasi tergantung dari produsennya. Namun, yang paling umum adalah ukuran 125 mm x 75 mm. Penggunaannya sebenarnya juga cukup beragam. Beberapa orang menggunakannya untuk membuat rak. Namun, ada juga kegunaan lain untuk membuat konstruksi tertentu seperti pagar besi atau gerbang.

Kelebihan Besi Siku untuk Konstruksi

Sebagai salah satu bahan konstruksi, angle bar jelas memiliki sisi kelebihan sendiri. Setidaknya, ada beberapa kelebihan yang perlu Anda pahami. Berikut beberapa kelebihan yang mungkin jarang diketahui.

1. Anti karat

Perlu dipahami bahwa angle bar memiliki sifat anti karat. Hal tersebut karena adanya lapisan anti karat saat proses pembuatan. Anda harusnya juga sudah menyadari bahwa besi ini anti karat, bukan?

2. Material kuat

Meskipun ukurannya kecil dan tipis, tapi jangan salah. Justru besi tipis ini memiliki daya tahan yang sangat kuat. Bahkan, angle bar memiliki dektalitas yang sangat tinggi sehingga mampu menahan beban.

Baca Juga: Tips Memilih Rangka Atap Besi

3. Serbaguna

Ya, angle bar atau besi siku memiliki kegunaan yang sangat beragam. Anda bisa menggunakannya untuk membuat rak dinding atau rak dapur. Bahkan, Anda juga bisa menggunakannya untuk membuat pagar. Jika Anda tertarik untuk mengetahui lebih lengkap mengenai beragam jenis besi dan informasi lainnya. Anda dapat mengunjungi website KPS Steel di sini, atau dapat langsung menghubungi kami untuk melakukan pemesanan melalui Whatsapp di sini.

Bagikan Artikel :

Artikel Terkait

Menu