Besi Siku, Material Kokoh, Tahan Lama Untuk Canopy Anda

besi siku material kokoh dan tahan lama untuk canopy anda

Besi siku merupakan salah satu bahan material logam yang banyak digunakan dalam sebuah proyek pembangunan.

Pasalnya batang logam yang membentuk sudut siku-siku (90 derajat) ini bisa dimanfaatkan untuk berbagai kepentingan. Ukuran dan ketebalannya sangat beragam, yang mana bisa digunakan untuk berbagai kepentingan yang berbeda.

Baca Juga: Atap Baja Ringan. Bagaimana Cara Pemasangannya?

Bahan material ini tidak hanya digunakan dalam struktur bangunan, tetapi juga banyak ditemukan dalam pembangunan fasilitas luar ruang seperti jembatan, tower, dan lain sebagainya. Bahkan konstruksi luar rumah seperti canopy, lebih disarankan untuk menggunakan besi jenis ini.

Besi siku biasa disebut juga bar siku (angle bar) atau L-Bracket. Dalam bidang konstruksi, bar siku merupakan salah satu material yang penting karena cukup bisa diandalkan sebagai penyangga struktur bangunan. Sehingga bangunan lebih awet dan tahan lama.

Selain itu material ini juga dikenal sebagai bahan material yang anti karat dan anti rayap. Sehingga ketika Anda membangun canopy dengan struktur besi jenis ini, canopy akan lebih awet walaupun terpapar langsung panas sinar matahari dan asam dari air hujan.

Secara lebih dalam, berikut beberapa informasi terkait besi siku yang dimanfaatkan untuk membangun canopy :

Spesifikasi Besi Siku

Besi siku atau bar siku terbuat dari logam besi plat dengan lapisan anti karat yang membuat besi lebih awet dan tahan lama.  Pada umumnya, bar siku dibuat dengan panjang standar 6 meter dengan lebar dan ketebalan yang bervariasi.

Ukuran penampang bar siku bermacam-macam mulai dari 2 cm, 3 cm, 4 cm, sampai 5 cm. Sedangkan ketebalannya tersedia mulai dari ukuran 1,4 mm sampai dengan 3,4 mm.

Penggunaan Besi Siku Untuk Canopy

Pada umumnya material besi berbentuk siku-siku ini digunakan dalam sebuah konstruksi bangunan sebagai elemen penstabil dan penguat, karena struktur logamnya kokoh dan memiliki lapisan anti karat yang membuatnya tahan lama. Itulah mengapa besi siku cocok digunakan sebagai bahan pembangun canopy rumah, gedung perkantoran, sekolah, atau fasilitas lainnya. Berikut penjelasan lebih rinci terkait pemanfaatan besi siku-siku sebagai canopy :

  1. Sebagai rangka canopy

Besi yang berbentuk siku-siku ini sangat cocok digunakan sebagai penyangga canopy sebagai penguat struktur. Jika bahan penyangganya kuat, anda bisa menggunakan berbagai bahan apapun sebagai atap canopy, misalnya kaca, kayu, kain, seng, dan lain sebagainya. Sehingga fungsi canopy sebagai pelindung, bisa terpenuhi.

  1. Unsur estetika

Canopy diciptakan diluar fungsinya sebagai atap tambahan di luar ruangan, yaitu sebagai pelengkap bangunan agar lebih indah. Penggunaan bahan material bar siku untuk membangun canopy, bisa mendukung unsur estetika bangunan.

Besi kokoh ini bisa menciptakan kesan tertentu jika diberi pewarnaan yang tepat dan dipadukan dengan bahan yang tepat. Misalnya bar siku yang dicat putih dipadukan dengan kaca, akan menghasilkan canopy yang estetik.

  1. Awet dan tahan lama

Lapisan anti karatnya menjadikan besi ini sangat cocok digunakan sebagai material bangunan dengan kondisi yang ekstrim di luar ruangan. Besi biasa akan cepat kropos dan berkarat jika terpapar langsung sinar matahari dan terpapar asamnya air hujan. Pada jangka panjang hal ini membahayakan dan merusak estetika bangunan.

Baca Juga: Jenis Baja Ringan untuk Material Rumah Tahan Gempa

Itulah penjelasan mengapa besi siku sangat cocok digunakan untuk membangun canopy. Canopy yang umumnya dibangun di luar ruangan harus menggunakan bahan yang kokoh, awet, dan tahan terhadap ancaman luar ruangan. Sehingga fungsi canopy sebagai atap tambahan luar ruangan yang melindungi dari hujan, panas, bahkan ancaman lainnya seperti serangga atau dahan patah bisa terpenuhi. Selain itu estetika bangunan akan tetap terjaga untuk jangka waktu yang panjang. Jika Anda memerlukan besi siku,  KPS Steel menyediakan besi siku dengan kualitas terbaik. Anda bisa menemukannya di sini.

Bagikan Artikel :
Menu