Mengenal Spesifikasi Baja Profil untuk Konstruksi Bangunan

spesifikasi baja profil KPS Steel distributor besi jakarta

Material baja profil adalah salah satu material penting yang digunakan untuk konstruksi bangunan. Jika Anda tertarik untuk menggunakan baja profil sebagai salah satu material konstruksi, pastikan Anda memilih baja profil yang SNI (Standar Nasional Indonesia).

Apabila Anda menggunaka jasa kontraktor, biasanya kontraktor profesional akan memberikan anjuran terbaik sesuai dengan konsep bangunan yang Anda inginkan. Seperti apa rinci pembahasannya? Simak penjelasan berikut ini.

Ragam Jenis Baja Profil

Ada banyak jenis material baja untuk melengkapi konstruksi hunian maupun jenis bangunan lainnya. Melihat bahwa setiap bangunan memiliki tujuan dan fungsi berbeda maka penggunaan ragam bajanya juga bisa beragam.

Ketahui lebih jauh terkait apa saja ragam jenis material bajanya dari pembahasan berikut ini. Kenali 11 jenis bajanya melalui penjelasan berikut!

1. Wide Flange (WF)

Penggunaan WF lebih banyak dan cocok untuk pembangunan berbagai tempat umum, seperti tiang pancang, jembatan, kolam, dan juga balok. Nilai tambah jenis wide flange adalah memiliki kekuatan cukup tinggi pada bagian tarik menarik.

2. Baja Kanal U

Kanal U juga dikenal sebagai jenis UNP dengan fungsi tidak jauh berbeda dari wide flange. Hanya saja tipe kanal U tidak cocok untuk menjadi material kolam karena sifatnya mudah melengkung.

3. Equal Angle (Hot Rolled)

Hot rolled kerap disebut juga sebagai baja H Beam karena bentuknya menyerupai huruf H. Berbagai jenis konstruksi yang biasanya menggunakan material ini adalah hunian, jembatan, juga konstruksi komersil. Orang Indonesia memiliki istilah lain dari hot rolled, yakni canai panas.

4. Unequal Angle (Hot Rolled)

Jenis baja profil unequal angle hampir sama seperti rqual angle, yang membedakan adalah bentuk detailnya saja. Sementara untuk penggunaannya sama-sama bermanfaat sebagai material berbagai konstruksi struktur ringan, salah satunya sebagai penguat.

5. Lipped Channel

Lipped channel atau C/CNP adalah salah satu jenis yang memiliki peranan penting selaku penghubung satu bagian dengan bagian lainnya. Tutup dinding serta bangunan semi permanen adalah beberapa contoh konstruksi yang menggunakan lipped channel.

6. Equal Angle (Cold Formed)

Jenis baja profil egual angle cold rolled sebelumnya berfungsi sebagai penguat, demikian juga cold formed. Untuk membedakan bajanya dari jenis lain, Anda bisa mengidentifikasi melalui bentuknya yang menyerupai huruf L.

7. Cold Formed untuk Unequal Angle

Cold formed untuk jenis unequal angle ini sebenarnya memiliki fungsi serupa seperti cold formed untuk equal angle. Secara kasat mata, tidak ada perbedaan detail antara poin 6 dan 7.

8. RHS (Rectangular Hollow Section)

Ada lagi jenis baja profil rectangular hollow section, RHS memiliki fungsi arsitektural, bukan termasuk ke dalam rangka struktur bangunan. Karena tujuan utamanya untuk menonjolkan keindahan atau estetika maka aplikasinya biasa pada plafon atau juga drywall.

9. Square Hollow Section

Jenis lainnya yang lebih berperan memberikan sentuhan estetika dibandingkan fungsi struktural bangunan adalah SHS. Istilah yang digunakan berbeda dari RHS, namun pada fungsinya memiliki kesamaan, yakni untuk membuat tampilan bangunan lebih cantik.

10. Steel Pipe

Jenis baja profil satu ini dinamakan steel pipe karena memang bentuk fisiknya menyerupai pipa. Biasanya juga digunakan untuk kepentingan arsitektural sehingga penempatannya diekspos sebab bentuk aslinya sudah memberikan nilai seni secara visual.

11. T-Beam

Sesuai dengan namanya, bentuk jenis bajanya menyerupai huruf T. Kanopi, kuda-kuda, dan juga lantai balok adalah beberapa konstruksi yang menggunakan T Beam.

Karakteristik dan Spesifikasi Baja

Baja memiliki dua sifat utama, yakni sifat fisik dan sifat mekanis. Sifat mekanis terbagi lagi ke dalam empat hal utama. Detail kedua sifat tersebut akan kami ulas dalam pembahasan berikut:

1. Sifat Fisik

Karakteristik pertama baja profil paling nyata secara visual dari wujudnya. Berbagai sifat fisik pada material ini mutlak, seperti berat jenis, berat saja, konduktivitas listrik, dan juga konduktivitas termal.

2. Sifat Mekanis

Agak sedikit banyak materi untuk memahami sifat mekanis, semuanya terbagi ke dalam 4 pembahasan rinci. Adapun keempat sifat tersebut, diantaranya:

Kekuatan

Sifat mekanis pertama adalah kekuatan tarik, di mana material ini sifatnya elastis. Ketika dikenai deformasi awal maka bentuk fisiknya bisa lentur, menyesuaikan dengan tekanan yang diterima. Menariknya, bentuk semula bisa kembali asalkan deformasi terlepaskan.

Daktilitas

Daktilitas disebut juga dengan keuletan, yakni kemampuan material untuk melakukan perubahan sebelum akhirnya bisa rusak. Jika bingung bagaimana menguji daktilitas, coba gunakan daya tarik.

Kekerasan

Sifat mekanis baja profil selanjutnya adalah kekerasan atau seberapa besar kekuatan baja menghadapi gaya penetrasi pada bagian permukaan. Untuk menguji kekuatan bisa menggunakan kekerasan rockwell, brinell, dan juga ultrasonik.

Ketangguhan

Ketangguhan berkaitan dengan jumlah energi yang diterima baja sampai dengan bentuk fisiknya rusak. Semakin sedikit energi diterima dan rusak maka semakin rapuh materialnya, semakin banyak energi diterima dan utuh maka semakin kokoh materialnya.

Baca Juga: Harus SNI, Ini Mutu Baja Profil yang Wajib Anda Pahami Sebelum Membeli

Standar Nasional Indonesia (SNI) untuk Baja Profil

Standar Nasional Indonesia menetapkan standarisasi untuk masing-masing jenis baja adalah sebagai berikut ini:

  1. Siku sama kaki proses equal angle hot rolled dengan kode SNI 07-2054-2006
  2. SNI 07-0329 terbit pada tahun 2005 I-beam untuk pembuatan canai panas.
  3. Pada 2006 kanal U untuk pembuatan hot rolled terbit dengan kode SNI 07-0052
  4. SNI 07-7178-2006 WF-beam proses hot rolled.
  5. Terbit tahun 1992 berupa hasil pengelasan dengan filler untuk berbagai bangunan umum dengan kode SNI 07-2610

Berbagai standarisasi tersebut menjadi acuan kontraktor ataupun Anda dalam memilih material baja profil. Pastikan juga Anda membeli baja profil yang berstandar SNI agar keamanan bangunan semakin terjamin.

Jika Anda tertarik untuk membeli baja profil, KPS Steel selaku distributor besi terpercaya di Jakarta menyediakan beragam ukuran dan jenis baja profil untuk melengkapi kebutuhan Anda.

Baca Juga: Cara Menghitung Diameter Pipa Besi Secara Akurat

Bila Anda ingin mempelajari informasi seputar dunia perbesian, konstruksi, dan inspirasi hunian, kunjungi blog KPS Steel untuk pembahasan selengkapnya.

Bagikan Artikel :
Menu