Ragam Ukuran Plat Kapal untuk Penuhi Kebutuhan Konstruksi

harga-plat-besi-per-lembar-KPS-Steel-Distributor-Besi-Jakarta-plat-kapal

Tahukah Anda bahwa terdapat beragam ukuran plat kapal? Perbedaan ukuran ini tentu juga membuat adanya perbedaan pada penetapan harga dan penggunaannya dalam berbagai keperluan konstruksi. Dalam proses konstruksi, Anda mungkin akan melihat sebuah plat. Namun belum banyak orang yang tahu bahwa terdapat beragam jenis plat, sehingga terkadang mereka menyamakan semua plat. Setidaknya ada tiga jenis plat yang biasa digunakan untuk berbagai keperluan konstruksi.

Ketiga jenis plat tersebut adalah plat besi, plat lubang dan juga plat kapal. Plat lubang mungkin lebih mudah dikenali sebab memiliki karakteristik yang khas. Namun banyak orang yang belum bisa membedakan antara plat besi dan plat kapal karena mirip.

Baca Juga: Kegunaan Plat Kapal Pada Industri Minyak dan Gas

Memahami Plat Kapal Serta Karakteristiknya

Karena terlihat sama, banyak orang yang menganggap bahwa plat kapal adalah plat besi. Kekeliruan pemahaman ini sebenarnya bisa dimaklumi mengingat bahan pembuatan keduanya sama yaitu dari slabs. Padahal keduanya memiliki perbedaan besar yang harus dipahami. Berikut ini adalah karakter dari plat kapal yang membuatnya berbeda dari plat besi atau plat jenis lainnya.

1. Ukuran

Diketahui bahwa ukuran plat kapal lebih besar jika dibandingkan dengan plat besi. Plat kapal biasanya berukuran 5-6 x 20 kaki. Sementara plat besi hanya berukuran 2 x 8 kaki, sehingga sebenarnya dengan melihat ukuran saja Anda sudah bisa membedakan antara plat kapal dan plat biasa. Plat kapal akan jauh lebih besar dibandingkan plat besi.

2. Kegunaan

Sesuai namanya, plat kapal biasanya digunakan untuk membuat kapal. Sebab dengan ukuran yang lebih besar, sehingga proses pembuatan kapal menggunakan plat ini jauh lebih mudah. Meski begitu plat kapal juga biasa digunakan untuk keperluan lainnya. Contohnya di dalam industri minyak dan gas, plat kapal digunakan sebagai bahan pembuatan tangki atau tabung.

3. Terdapat Plat Kapal BKI

Selain plat kapal biasa, terdapat juga plat kapal BKI. Bagi Anda yang belum tahu, BKI merupakan singkatan dari Biro Klasifikasi Indonesia. Artinya bahwa plat kapal BKI sudah mendapat sertifikasi BKI. Hal ini membuat plat kapal BKI lebih terjamin secara kualitas. Untuk mengetahui plat kapal BKI, Anda bisa melihat dari cap atau stempel yang ada di bagian badan plat.

Memahami Beragam Ukuran Plat Kapal

Seperti yang kami sebutkan sebelumnya bahwa plat kapal memiliki ukuran lebih besar daripada plat besi. Biasanya plat kapal berukuran sekitar 5 x 20 kaki atau 6 x 20 kaki. Selain itu, ketebalan plat kapal juga sangat bervariasi. Anda bisa menemukan plat kapal dengan ketebalan 4,5 mm hingga 50 mm. Ketebalan ini juga akan mempengaruhi berat plat. Sebagai contoh plat kapal dengan ukuran 4,5 mm x 5’ x 20’ memiliki berat sebesar 328 kg. Sementara ukuran 5 mm x 5’ x 20’ beratnya 365 kg. 

Tentunya semakin tebal ukuran plat juga akan menambah berat. Hal ini membuat harga plat tersebut juga akan menjadi semakin tinggi. Oleh karena itu sesuaikan ukuran plat dengan kebutuhan Anda. Perlu Anda ketahui bahwa plat kapal dengan ukuran 6’ x 20’ biasanya hanya dibuat memiliki ketebalan hingga 25 mm. Untuk ketebalan lebih dari itu, bisa memilih ukuran 5’ x 20’. Oleh karena itu memahami kebutuhan konstruksi sebelum melakukan pembelian adalah hal penting. Sehingga Anda tidak keliru dalam memilih ukuran plat yang tepat sesuai dengan rencana konstruksi.

Meski begitu, perlu diketahui bahwa penggunaan plat kapal merupakan pilihan tepat untuk berbagai keperluan konstruksi, sehingga Anda tidak perlu ragu untuk membeli plat kapal sebagai material melakukan kegiatan pembangunan. Pastikan Anda membeli plat kapal di tempat terbaik. Sehingga Anda bisa mendapatkan harga yang bersahabat untuk berbagai ukuran plat kapal sesuai kebutuhan dalam rencana pembangunan.

Baca Juga: Macam-Macam Jenis Besi Plat dan Kegunaannya

Jika Anda tertarik untuk mengetahui lebih lengkap mengenai beragam jenis besi dan informasi lainnya. Anda dapat mengunjungi website KPS Steel di sini, atau dapat langsung menghubungi kami untuk melakukan pemesanan melalui Whatsapp di sini.

Bagikan Artikel :
Menu