Cara dan Contoh Menghitung Kebutuhan Besi Plat Lantai

cara dan contoh menghitung kebutuhan besi plat lantai

Bingung bagaimana cara menghitung besi plat lantai sebelum membangun rumah? Tidak perlu khawatir. Dalam artikel ini kami akan menjelaskan cara dan contohnya sesuai kebutuhan Anda.

Seperti yang kita tahu, pembuatan plat lantai butuh perencanaan tepat karena tidak sembarang orang dapat melakukannya. Selain menentukan rencana yang matang, perhitungan besi juga membutuhkan ketelitian. Solusinya sangat mudah, cukup simak penjelasan tentang cara menghitung besi plat lantai berikut ini agar lantai dapat berdiri kokoh sesuai yang diharapkan.

Baca Juga: Kegunaan dan Jenis-Jenis Plat Besi yang Perlu Diketahui

Cara Menghitung Kebutuhan Besi Plat Lantai 

Sebelum memasuki proses pembangunan berikutnya, perlu untuk menghitung berapa besi plat lantai yang dibutuhkan dengan cara sebagai berikut:

1. Menentukan Luas Rangka 

Sudah pasti, semua rumah membutuhkan rangka dengan ukuran yang berbeda tergantung dari luas dan besar rumah. Besaran tersebut sangat berpengaruh pada berapa besar besi untuk plat lantai yang Anda butuhkan. Dilihat dari banyak dan bervariasinya jenis besi, Anda juga harus menyesuaikan dengan fungsi ruangan atau rangka dalam rumah.

2. Tentukan Kedalaman Kolom Pondasi dan Ring

Sebuah pondasi rumah dikatakan kokoh apabila kolom dan ring terlihat cukup kuat dan stabil. Tidak hanya membutuhkan rangkaian besi plat yang banyak atau bervariasi, untuk membuat kolom pondasi yang paling utama dibutuhkan adalah besi wiremesh dan besi hollow, karena kedua besi ini sangat terjamin kualitasnya.

3. Bagian Rumah Mana Saja yang Membutuhkan

Ingat, tidak semua bagian rumah Anda menggunakan besi plat lantai, untuk itu pemilik harus dapat menentukan bagian mana saja yang membutuhkan besi. Tetapi, biasanya untuk bagian paling umum adalah pada rangka rumah. Atau bisa juga pada rangka tangga dan perabotan yang terkadang memakai besi plat.

4. Tentukan Berapa Besar Tulangan

Setelah kolom dan ring beres, yang harus diperhatikan selanjutnya adalah tulangan yang seringkali membutuhkan besi plat. Proses ini dilakukan agar tempat tinggal Anda bertambah kokoh, terutama jika rumah yang dibangun mengambil desain rumah bertingkat. Bisa ditebak besar tulangan yang Anda gunakan juga semakin banyak dan lebih besar, otomatis pada perhitungan besi plat pun turut bertambah.

5. Menentukan Diameter Besi Plat 

Sebelum Anda menentukan proses pembangunan, ukuran pada besi plat juga harus disesuaikan dengan rumah. Apabila sudah memperhitungkan diameter dengan matang, maka akan lebih mudah bagi Anda untuk menentukan besaran plat besi sesuai kebutuhan.

6. Konstruksi untuk Rumah Bertingkat

Sekali lagi, rumah bertingkat membutuhkan lebih banyak besi plat. Jadi sangat penting untuk mengetahui desain bangunan rumah Anda terlebih dahulu, karena secara analisa hunian bertingkat juga membutuhkan biaya lebih untuk membeli material bangunan. 

Contoh dan Rumus Cara Menghitung Kebutuhan Besi Plat Lantai 

Setelah mengetahui tentang bagaimana cara menghitung besi plat lantai sesuai kebutuhan, berikut akan kami berikan contoh beserta rumus perhitungan besi plat untuk arah datar dan arah tegak.

Rumus: (panjang ukuran plat lantai : jarak pemasangan) x 2 kali untuk dipasang pada bagian  bawah dan atas) : sisi tegak atau sisi datar. Lebih mudahnya, Anda akan menghitung jumlah besi plat lantai dengan ukuran 3 m x 6 m, dan memiliki tebal 12 cm. Untuk besi yang Anda gunakan adalah 10-200. 

1. Menghitung Jumlah Besi Plat Lantai untuk Arah Datar

Jumlah besi plat lantai yang Anda butuhkan untuk arah datar dengan jarak pemasangan 20 cm adalah 180 meter, Kok bisa? Karena didapatkan dari perhitungan; (6 m (panjang plat lantai) : 0.2 m (jarak pemasangan)) x 2 kali) : 3 m (sisi tegak) = 180 m.

2. Menghitung Jumlah Besi Plat Lantai untuk Arah Tegak

Sedangkan untuk jumlah besi arah tegak juga 180 meter dengan perhitungan; (3 m (panjang plat lantai) : 0.2 m (jarak pemasangan)) x 2 kali) :  6 m (sisi panjang) = 180 m. 

3. Total Kebutuhan Jumlah Besi pada Plat Lantai

Untuk menghitung total batang besi yang Anda butuhkan, gunakanlah rumus: (jumlah besi arah tegak + jumlah besi arah datar ) : panjang besi per batang. Jika Anda menggunakan besi dengan panjang 12 meter per batang. Maka untuk jumlah total batang besi yang dibutuhkan adalah: (180 + 180) : 12 = 30 batang besi.

Baca Juga: Mengenal Kegunaan Plat Besi untuk Konstruksi Bangunan

Untuk menemukan plat besi terbaik, KPS Steel selaku distributor menyediakan berbagai macam besi plat berkualitas. Jika Anda tertarik untuk mempelajari informasi yang lebih lengkap mengenai beragam jenis besi, kunjungi blog kami untuk info terbaru. Kunjungi juga laman produk kami untuk informasi mengenai produk plat besi di KPS Steel. Anda juga dapat melakukan pemesanan, hubungi kami melalui WhatsApp.

Bagikan Artikel :
Menu