Base Plate Elemen Penting Pada Struktur Baja

base-plate-elemen-penting-pada-struktur-baja-kps-steel

Keunggulan baja sebagai elemen struktural sudah diakui sejak lama oleh banyak kalangan.

Kekuatan sekaligus elastisitas, ketahanan, serta kemampuannya menyediakan bentang lebar pada konstruksi atap menjadi keunggulan tersendiri. Meskipun adakalanya tampak rumit, semisal pada struktur rangka ruang, struktur baja dirancang dengan perhitungan yang sangat detail demi mencapai kekuatan yang diinginkan.

Tahukah Anda? Pada struktur baja ada satu elemen yang berukuran “relatif kecil” dan tersembunyi, tetapi memiliki peran sangat penting dalam menjamin kekuatan struktur baja. Elemen tersebut adalah base plate atau “pelat dasar”. Apa itu base plate dan bagaimana elemen ini berperan? Simak penjelasannya menurut KPS Steel, distributor besi Jakarta.

Baca Juga: Penggunaan Plat Bordes Sebagai Elemen Interior

Posisi Dan Fungsi Base Plate

Base plate atau “pelat dasar” adalah bagian dalam struktur baja yang berada di antara kolom baja dan fondasi yang umumnya terbuat dari beton bertulang. Seperti namanya, pelat dasar merupakan bagian dasar kolom yang menghubungkan atau mengikat kolom dan fondasi.   

Beban bangunan dari bagian atas dan tengah yang diterima oleh kolom baja akan diteruskan ke struktur bawah (fondasi) melalui pelat dasar. Sebagai landasan, pelat dasar akan meratakan beban yang diterimanya dari kolom, lalu meneruskannya ke fondasi.

Konstruksi Base Plate

Sambungan antara kolom baja dan pelat dasar biasanya dilakukan dengan sistem las. Sementara, antara pelat baja dan fondasi diikat menggunakan sistem angkur. Mengingat pentingnya fungsi pelat dasar, posisi pertemuan kolom baja, base plate (pelat dasar), dan permukaan atas fondasi merupakan titik yang sangat krusial. Oleh karena itu perencanaan dan penyambungannya harus dilakukan dengan teliti.

Perencanaan harus dilakukan dengan memperhitungkan berbagai gaya dan faktor yang akan memengaruhinya. Selain menerima gaya tekan dari kolom, pelat dasar juga akan dipengaruhi oleh gaya geser dan juga gaya tarik. Bagaimanapun ada faktor luar seperti kekuatan angin, gempa atau getaran bumi, dan lainnya. yang akan memengaruhi kestabilannya.

Dengan bantuan seorang ahli, perhitungan tersebut akan menghasilkan dimensi luasan dan ketebalan plat baja secara tepat; juga ukuran panjang minimum angkur ataupun diameter baut; jarak antara baut ke ujung pelat dasar; jarak antar baut; dan sebagainya. Kesalahan dalam perhitungan tentu akan memengaruhi kekuatan struktur baja secara keseluruhan.

Plat Hitam Dan Base Plate

Plat hitam adalah salah satu produk besi/baja plat yang diproduksi dengan ukuran standar 4 ft ×8 ft (1,22m × 1,44m) atau seukuran dengan tripleks dengan ketebalan mulai 1,2mm. Salah satu pentingnya kegunaan lembaran plat yang memiliki permukaan halus dan rata ini adalah sebagai penguat atau landasan/dudukan pada struktur baja profil. Tak heran jika plat besi/baja hitam ini juga dikenal sebagai “base plate”.

Demikian sekilas informasi dari KPS Steel, distributor besi Jakarta, akan pentingnya base plate (pelat dasar) dalam struktur baja.

Baca Juga: Apakah Baja Profil Dapat Digunakan Untuk Rumah Tempat Tinggal?

Jika Anda memerlukan informasi mengenai material plat hitam untuk kebutuhan base plate (pelat dasar) dan/atau produk-produk besi/baja lain di KPS Steel, distributor besi Jakarta, Anda dapat mengunjungi laman ini.

Bagikan Artikel :
Menu