Tips Memasang Konstruksi Atap Besi CNP dan Ragam Kegunaannya

rangka atap besi cnp KPS Steel besi kanal c distributor besi jakarta

Pelaku pelaku bisnis di bidang konstruksi tentu sudah tidak asing dengan konstruksi atap besi CNP. Besi CNP atau biasa dikenal dengan istilah kanal C merupakan material yang kerap digunakan untuk pembuatan atap bangunan.

Kanal C merupakan bahan yang terbuat dari baja dengan lapisan krom pada permukaannya. Sehingga menjadikan bahan tersebut memiliki karakteristik yang tahan terhadap korosi. Dibuat dari baja, kanal C juga sangat kuat dan kokoh.

Itulah mengapa material satu ini menjadi pilihan yang banyak direkomendasikan untuk proyek pembangunan gedung, pabrik, hingga gudang terutama pada bagian rangka atapnya. Nah, kali ini kami akan membahas bagaimana tips pemasangannya.

Tips Memasang Konstruksi Atap Besi CNP

Bahan besi CNP terdiri dari beragam jenis dan ukuran yang berbeda. Sebelum memasangnya, pastikan Anda mempelajari bagaimana cara pemasangan yang baik. Sehingga mendapatkan hasil sempurna. Ikuti beberapa tips dan panduan berikut ini.

1. Memperhatikan Pola

Langkah pertama memasang konstruksi atap besi CNP yaitu harus memperhatikan pola. Pastikan untuk mengamati pola serta desain yang telah dibuat untuk kemudian mengeksekusi bentuk rangka sesuai pola dan desain tersebut.

Pastikan pula Anda telah memilih jenis serta ukuran yang sesuai berdasarkan kebutuhan desain maupun model pola rangka atap. Apabila rangka tidak sesuai dengan pola dan desain, maka proses pengerjaan akan sulit diselesaikan.

Maka dari itu, perhatikan dengan cermat dan teliti pola yang sudah dimiliki. Apabila langkah ini terpenuhi, pemasangan konstruksi atap yang menggunakan material besi CNP akan lebih mudah dan efisien.

2. Menggunakan Dynabolt

Tips memasang konstruksi atap besi CNP yang kedua adalah dengan menggunakan dynabolt. Dynabolt yaitu alat konstruksi berupa sekrup khusus yang kegunaannya adalah untuk menggabungkan dua objek pada suatu bangunan.

Pada konteks pemasangan konstruksi atap, penggunaan dynabolt akan membuat pemasangan rangka besi lebih mudah serta praktis. Untuk memudahkan Anda, usahakan memilih dynabolt berukuran besar.

Jika ingin lebih mudah, ada baiknya memakai lebih dari satu dynabolt. Pastikan Anda telah mengetahui bagaimana cara memasang dynabolt dengan benar supaya bisa membantu pemasangan konstruksi atap CNP secara sempurna.

Adapun cara memasang dynabolt untuk membantu pemasangan konstruksi atap besi CNP yaitu sebagai berikut:

  1. Buat lubang sebagai media untuk memasang dynabolt. Pastikan ukuran lubang sesuai dengan ukuran selongsong silinder sampai bagian dalamnya menyentuh ring penahan.
  2. Bersihkan lubang agar dynabolt terpasang sempurna.
  3. Masukkan selongsong silinder pada posisi yang tepat.
  4. Pasang rangka sesuai lubang yang telah dibuat.
  5. Masukkan anchor lalu kencangkan.

3. Memasang dalam Keadaan Bersih

Tips memasang konstruksi atap besi CNP selanjutnya yaitu memastikan kondisinya dalam keadaan bersih. Kondisi bersih akan memudahkan Anda selama proses pemasangan karena tidak terganggu berbagai kotoran.

Rangka yang bersih juga akan menghasilkan tampilan lebih menarik saat pemasangan sudah selesai. Di samping itu, rangka yang sudah terpasang dengan bersih, perawatannya juga akan lebih mudah.

Baca Juga: Ukuran Besi CNP dan Harganya untuk Atap Rumah

Ragam Kegunaan Besi CNP (Kanal C)

Setelah mengetahui tips memasang konstruksi atap besi CNP, tidak ada salahnya Anda juga mengenal apa saja fungsi material ini dalam pekerjaan konstruksi. Kegunaan material kanal C pada bangunan antara lain sebagai berikut:

1. Kanal C sebagai Rangka Atap

Penggunaan material kanal C atau besi CNP untuk pembuatan rangka atap sangat umum. Biasanya, penerapannya yaitu dalam proyek bangunan besar seperti pabrik, gedung, gudang, atau bangunan besar lainnya.

Konstruksi atap besi CNP pada bangunan besar memiliki keunggulan tersendiri. Material ini sangat kuat dan kokoh sehingga cocok untuk bangunan besar. Pemasangannya juga relatif mudah serta awet karena tahan terhadap korosi.

2. Kanal C sebagai Pagar Bangunan

Kegunaan kanal C lainnya yaitu untuk pagar bangunan. Kekuatannya yang sangat baik membuat material ini kokoh serta aman sehingga cocok dijadikan sebagai pagar bangunan seperti pabrik, gudang, ataupun bangunan lainnya.

3. Kanal C sebagai Purlin

Selain konstruksi atap besi CNP, material ini juga sangat baik untuk purlin, yaitu balok dudukan pada penutup atap. Purlin sendiri merupakan komponen yang amat penting pada konstruksi atap.

Komponen ini berperan sebagai penopang tarik benda di atasnya sehingga harus dibuat dari material sangat kuat. Nah, penggunaan kanal C sebagai purlin dengan demikian sangat tepat karena kuat menahan beban besar.

4. Kanal C sebagai Penutup Dinding

Mungkin Anda pernah menjumpai dinding suatu bangunan yang tertutup oleh penutup seperti logam. Penutup dinding menyerupai logam tersebut biasanya dibuat menggunakan besi CNP. Selain itu, ada kalanya material ini juga digunakan sebagai partisi jendela.

5. Bingkai Komponen Arsitektur

Kegunaan kanal C lainnya yaitu sebagai material untuk membuat bingkai komponen arsitektur. Tidak hanya untuk pembuatan rangka atap, bahan ini juga kerap digunakan pada pembuatan bingkai arsitektur lain yang lebih beragam.

Pembangunan rangka atap sangat penting untuk diperhatikan karena menyangkut keamanan bangunan. Pastikan Anda selalu memilih besi CNP berkualitas dari kami dengan ukuran yang sesuai untuk membuat konstruksi atap besi CNP.

Baca Juga: Tabel Harga Besi CNP Beserta Fungsi dan Kelebihannya

Jika Anda tertarik untuk mempelajari informasi yang lebih lengkap mengenai beragam jenis besi, kunjungi blog kami untuk info terbaru. Kunjungi juga laman produk kami yang menyediakan beragam jenis besi kanal, mulai dari besi kanal C hingga kanal UHubungi kami untuk pemesanan.

Bagikan Artikel :
Menu