Daftar Ukuran Besi Holo dan Jenis-jenisnya

ukuran-besi-hollo-kps-steel-distributor-besi-jakarta

Bukan rahasia umum lagi jika ukuran besi holo saat ini sudah semakin beragam. Ada banyak ukuran bisa dimanfaatkan demi interior maupun eksterior. Jadi, wajar jika ukurannya dibuat lebih banyak. Di sisi lain, penggunaannya juga lebih fleksibel. Umumnya, pipa hollow dipakai untuk membuat rangka konstruksi interior.

Beberapa contoh di antaranya adalah kerangka ranjang hingga kerangka lemari pakaian. Namun, sebelum Anda menggunakannya maka harus mengetahui beberapa jenis dan ukurannya. Setiap jenis memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Jadi, Anda bisa memilih besi hollow sesuai dengan kebutuhannya.

Baca Juga: Mengenal Besi Hollow, Efektif Menopang Bangunan dan Berbobot Ringan

Jenis dan Spesifikasi Besi Holo

Sebelum Anda mengetahui ukuran besi holo, sebaiknya mengetahui dulu jenis-jenisnya. Jika dilihat dari jenisnya, maka ada 3 jenis besi holo yang biasa digunakan. Setiap jenis besi memiliki kelebihan masing-masing. Jadi, Anda bisa menyesuaikan kebutuhan berdasarkan spesifikasinya.

1. Hollow hitam

Seperti namanya, jenis pertama ini memiliki permukaan berwarna hitam keabu-abuan. Hal tersebut dikarenakan materialnya dibuat dari plat besi hot-rolled steel. Hollow hitam merupakan produk yang paling umum di pasaran. Penggunaannya sendiri juga untuk beberapa konstruksi. Namun, kebanyakan orang menggunakannya untuk membuat pagar rumah, railing tangga, hingga kanopi. Meskipun begitu, sifatnya sendiri mudah berkarat namun bisa dihindari melalui finishing.

2. Hollow galvanis

Hollow galvanis juga sangat populer karena memiliki sifat lebih tahan terhadap korosi. Materialnya merupakan kombinasi antara hot-rolled steel serta cold-rolled steel dengan tambahan lapisan galvanis. Perlu diketahui bahwa lapisan galvanis memiliki kandungan zinc coating sebesar 97% dengan tambahan zat lainnya sebesar 3%. Karena lebih tahan terhadap korosi, banyak orang lebih memilih jenis ini.

3. Hollow galvalum

Sebenarnya, hollow galvalum hamper mirip dengan galvanis. Namun, bedanya adalah galvalum memiliki lapisan luar yang lebih bervariasi dengan alumunium (55%), zinc (43,4%), serta silicon (1,6%). Jika dibandingkan dengan galvanis, maka galvalum lebih tahan terhadap korosi. Namun, galvalum memiliki sisi kelemahan berupa lebih rentan terhadap goresan saat terkena benda tumpul atau benda tajam.

Ukuran Besi Holo

Perlu Anda ketahui bahwa ukuran besi ini sangat beragam. Ukurannya menggunakan satuan milimeter untuk dimensi. Sedangkan untuk panjangnya menggunakan satuan kg dengan panjang 6 meter. Untuk rincian ukuran dibagi dalam beberapa sisi. Ada ukuran sisi A, ukuran sisi B, tebal, dan panjang panjang badan. Untuk lebih lengkapnya, berikut beberapa ukuran yang bisa Anda perhatikan.

1. Pipa kotak 20 x 20 x 1,8 mm x 6 m berat 6,78 kg

2. Pipa kotak 20 x 40 x 1,2 mm x 6 m berat 5,44 kg

3. Pipa kotak 20 x 20 x 1,4 mm x 6 m berat 6,30 kg

4. Pipa kotak 20 x 40 x 1,8 mm x 6 m berat 10,17 kg

5. Pipa kotak 20 x 40 x 2,0 mm x 6 m berat 11,30 kg

6. Pipa kotak 20 x 40 x 2,3 mm x 6 m berat 13,00 kg

7. Pipa kotak 25 x 25 x 1,8 mm x 6 m berat 8,48 kg

8. Pipa kotak 25 x 50 x 1,8 mm x 6 m berat 12,72 kg

9. Pipa kotak 30 x 30 x 1,8 mm x 6 m berat 10,17 kg

10. Pipa kotak 30 x 30 x 2,3 mm x 6 m berat 13,00 kg

Banyaknya varian ukuran tersebut ditujukan untuk mempermudah pengaplikasian konstruksi. Dengan cara seperti ini, maka kebutuhan setiap orang juga pastinya akan lebih terpenuhi, terutama kebutuhan interior dan eksterior bangunan. Oleh sebab itu, jika Anda membutuhkan besi holo, maka bisa menghubungi KPS Steel. Ada berbagai ukuran besi holo yang bisa Anda dapatkan demi memenuhi berbagai kebutuhan Anda.

Baca Juga: Perbedaan Antar Besi Tabung dan Besi Hollow

Jika Anda tertarik untuk mengetahui lebih lengkap mengenai beragam jenis besi dan informasi lainnya. Anda dapat mengunjungi website KPS Steel di sini, atau dapat langsung menghubungi kami untuk melakukan pemesanan melalui Whatsapp di sini.

Bagikan Artikel :

Artikel Terkait

Menu