Mengenal Beragam Ukuran Besi Hollow untuk Berbagai Tujuan

ukuran-besi-hollow-untuk-beragam-tujuan-kps-steel-distributor-besi-jakarta-menghitung-kanopi-besi-hollow tabel besi hollow

Jika Anda sering ke toko bangunan, pasti akan menjumpai berbagai ukuran besi hollow. Hal seperti ini memang sudah umum karena kebutuhan rangka ini sangat besar, terutama untuk berbagai tujuan.

Nama lain besi ini adalah besi kotak karena bentuknya memang kotak dengan rongga di bagian tengahnya. Penggunaannya lebih fleksibel dan sering digunakan sebagai kerangka karena konstruksinya kuat.

Namun, seperti konstruksi bangunan lainnya, tentu ada banyak sekali ukuran dari besi ini. Beragamnya ukuran juga memberikan alternative lebih banyak kepada konsumen. Lalu, ada berapa saja ukurannya? Simak lebih lanjut pembahasan yang kami rangkum berikut ini.

Apa Itu Besi Hollow?

Sebelum membahas mengenai ukuran besi hollow, mari mengenal terlebih dulu tentang besi hollow. Sebenarnya, ini merupakan jenis besi yang dibuat dengan bentuk kotak dan berongga pada bagian tengahnya.

Bentuknya lebih menyerupai pipa, hanya saja tidak bulat seperti saluran pada umumnya. Karena lubang berongga itulah banyak orang juga sering menyebutnya sebagai pipa hollow. penggunaannya lebih fleksibel sebagai kerangka. Bahkan, lemari modern memanfaatkan konstruksi dari material tersebut.

Jika dilihat dari penggunaannya, maka material ini jadi salah satu yang cukup banyak digunakan. Dalam industri konstruksi, besi hollow memang tidak digunakan secara langsung pada rancangan bangunan.

Namun, besi hollow lebih banyak digunakan sebagai interior serta eksterior bangunan. Biasanya, penggunaan pipa hollow lebih banyak digunakan sebagai pagar, tangga, kanopi, hingga kuda-kuda atap.

Material Pembuatan Besi Hollow

Pada dasarnya, semua pipa besi memiliki material yang hampir sama. Pipa hollow sendiri dibuat dari plat besi yang kemudian ditekuk dan disambung melalui metode pengelasan sehingga bagian tepinya tersambung.

Oleh sebab itu jika melihatnya dari sisi spesifikasi, maka akan sama dengan plat besi pada umumnya. Sebagai contoh, spesifikasinya juga memiliki kesamaan dengan hot-rolled, galvanis, hingga galvalum.

Dari sisi daya tahan, meskipun terbuat dari plat maka sudah bisa dipastikan sangat kuat. Konstruksinya kuat, tapi bobotnya sangat ringan. Banyak orang yang sangat menyukai pipa hollow untuk interior rumah.

Baca Juga: Mengenal Besi Hollow, Berbobot Ringan Namun Dapat Menopang Bangunan

Berbagai Ukuran Besi Hollow

Seperti yang sudah diketahui, ukuran besi ini pada dasarnya tidak selalu berbentuk persegi. Rincian dimensinya dapat diketahui melalui ukuran sisi A x ukuran sisi B x tebal x panjang badan.

Untuk satuannya adalah millimeter sehingga memudahkan dalam pengaplikasiannya dalam konstruksi interior atau eksterior bangunan. Panjang setiap pipa biasanya adalah 6 meter dengan satuan berat berupa kilogram.

Untuk varian ukuran tentu dibuat lebih banyak oleh produsen. Tercatat, ada lebih dari 15 ukuran berbeda yang bisa Anda pilih. Untuk lebih jelasnya bisa Anda lihat sebagai berikut:

1. Pipa kotak 20 x 20 x 1,8 mm x 6 m (6,78 kg)

2. Pipa kotak 20 x 40 x 1,2 mm x 6 m (5,44 kg)

3. Pipa kotak 20 x 20 x 1,4 mm x 6 m (6,30 kg)

4. Pipa kotak 20 x 40 x 1,8 mm x 6 m (10,17 kg)

5. Pipa kotak 20 x 40 x 2,0 mm x 6 m (11,30 kg)

6. Pipa kotak 20 x 40 x 2,3 mm x 6 m (13,00 kg)

7. Pipa kotak 25 x 25 x 1,8 mm x 6 m (8,48 kg)

8. Pipa kotak 25 x 50 x 1,8 mm x 6 m (12,72 kg)

9. Pipa kotak 30 x 30 x 1,8 mm x 6 m (10,17 kg)

Selain ukuran tersebut, tentu masih ada beberapa ukuran lainnya. Ukuran paling besar adalah 200 x 200 x 6,0 mm x 6 m dengan berat sekitar 226,08 kg.

Dengan banyaknya ukuran yang dapat disesuaikan dengan penggunaannya, maka tidak begitu sulit untuk menentukan ukuran. KPS Steel menyediakan berbagai ukuran besi hollow sesuai dengan kebutuhan Anda.

Baca Juga: Perbedaan antara Besi Tabung dan Besi Hollow

Jika Anda tertarik untuk mempelajari informasi yang lebih lengkap mengenai beragam jenis besi, kunjungi blog kami untuk info terbaru. Kunjungi juga laman produk kami untuk informasi mengenai besi hollow di KPS Steel. Anda juga dapat melakukan pemesanan, hubungi kami melalui WhatsApp.

Bagikan Artikel :
Menu