Berbagai Jenis Besi yang Harus Anda Ketahui Sebelum Merenovasi Rumah

Memilih-besi-sebelum-merenovasi-rumah-kps-steel-jakarta-indonesia

Berencana merenovasi rumah?

Pembangunan ulang atau renovasi rumah sering dilakukan ketika bangunan mengalami berbagai kerusakan atau ingin mengganti model yang lebih modern. Untuk melakukan renovasi, ada yang dilakukan secara total ada pula yang dilakukan hanya sebagian. Nah, pada saat merenovasi ada baiknya apabila Anda mengetahui berbagai jenis besi yang biasanya digunakan.

Baca Juga: Besi-Besi yang Dibutuhkan Untuk Konstruksi Bangunan

Cek apa saja kebutuhan jenis besi tersebut di bawah ini, yuk!

1. Besi Plat

Bentuk besi yang satu ini berupa lempengan yang memanjang. Karena bentuknya inilah lebih mudah untuk dilakukan pembentukan dan pemakaian. Jenis besi ini lebih banyak digunakan untuk pembuatan perkakas rumah tangga dan juga kendaraan transportasi.

2. Besi CNP

Bentuk jenis besi ini mirip dengan huruf C. Saat Anda merenovasi rumah dan butuh konstruksi baru, maka keberadaan besi yang satu ini akan dibutuhkan. Besi CNP ini paling banyak digunakan untuk rangka atap. Model dan ukuran besi ini beragam jenis sesuai dengan kebutuhan konstruksi bangunan rumah.

3. Besi UNP

Sama halnya dengan besi CNP, besi UNP mempunyai bentuk yang mirip dengan huruf U. Untuk keperluan renovasi rumah besi ini mempunyai banyak kegunaan. Salah satunya adalah sebagai balok penutup pada bagian atap. Digunakan juga untuk menopang bagian dinding. Besi UNP ini juga sering digunakan sebagai bahan membuat rangka. Jadi ketika membangun konstruksi rumah, besi ini bisa Anda gunakan.

4. Besi Ulir

Jenis besi selanjutnya adalah besi ulir. Permukaan besi ini dipasangi ulir sehingga dinamakan besi ulir. Besi ini lebih banyak digunakan untuk menghubungkan rangka atau beton. Sehingga kekuatan bangunan akan lebih kokoh lagi dibandingkan dengan bangunan sebelumnya.

5. Besi Hollow

Memiliki bentuk seperti pipa kotak. Besi ini berguna untuk pembangunan plafon dan sering juga digunakan sebagai rangka dinding partisi. Keunggulan dari besi Hollow adalah kekuatannya yang tahan api, anti rayap dan tahan lama. Selain plafon besi ini juga banyak digunakan untuk pembuatan kanopi atau pagar rumah.

6. Besi Wiremesh

Ingin membuat lantai bangunan rumah Anda lebih kuat dan kokoh? Tak ada salahnya apabila Anda menggunakan besi wiremesh saat membuat konstruksi rumah. Bentuk besi yang seperti jaring ini memiliki kekuatan yang lebih dibandingkan  besi lainnya, sehingga kekokohan lantai akan selalu terjaga. Saat ingin membangun rumah dengan 2 lantai pun, besi ini paling banyak digunakan.

7. Pipa Besi

Sesuai dengan namanya, bentuknya menyerupai pipa. Sebenarnya besi ini paling banyak digunakan di area industri, tapi bangunan rumah juga bisa menggunakannya sebagai alat untuk menyalurkan gas yang dibutuhkan di rumah.

Baca Juga: Ternyata 7 Bangunan Terkenal Ini Menggunakan Rangka Baja

Untuk mengetahui lebih banyak lagi tentang berbagai jenis besi yang dibutuhkan untuk renovasi rumah, Anda bisa berkunjung ke Kpssteel.com. Penyedia berbagai kebutuhan besi konstruksi.

Bagikan Artikel :
Menu