Jenis-Jenis Besi Konstruksi Untuk Renovasi Rumah

Renovasi perlu Anda lakukan ketika bagian rumah mulai mengalami kerusakan. Selain itu, renovasi untuk mengganti model rumah dan menambah ruangan juga diperlukan.

Dengan renovasi, Anda akan mampu menyusun rumah yang sesuai dengan impian. Kemudian, Anda akan menjadi semakin betah dengan rumah yang desainnya sesuai dengan apa yang diinginkan. 

Renovasi rumah memiliki dua sifat, ada yang bersifat total dan ada yang bersifat sebagian. Renovasi total berarti rumah lama akan dihancurkan secara keseluruhan. Selain itu, sudah pasti membutuhkan waktu yang tidak sebentar dan biaya yang cukup besar. Dengan renovasi sebagian, hanya beberapa bagian rumah yang akan dihancurkan, sehingga tidak membutuhkan waktu dan biaya yang banyak.

Untuk melakukan renovasi ini, ada beberapa pilihan jenis besi yang dapat Anda gunakan. Apa sajakah itu? Berikut penjelasan selengkapnya dari KPS Steel, selaku distributor besi Jakarta.

Baca Juga: Macam-Macam Jenis Besi Plat Dan Kegunaannya

Besi Beton

Besi beton, seperti besi beton yang bertulang, merupakan pilihan  besi yang cukup kuat dan cukup kukuh untuk menahan beban pondasi rumah. Ada dua jenis besi beton yang dapat Anda gunakan, yaitu besi beton polos dan besi beton uliran. Memilih besi beton yang tepat untuk kebutuhan renovasi merupakan hal penting.

Besi Hollow

Besi yang satu ini merupakan pipa dengan bentuk persegi yang digunakan untuk membuat balkon, pagar rumah, plafon, rangka dinding, dan rangka kanopi. Keunggulan jika Anda menggunakan besi hollow, rumah Anda akan terhindar dari serangan hama, rayap, serta tahan terhadap api.

Besi Kanal

Ada dua jenis besi kanal yang biasa digunakan saat merenovasi rumah, yaitu besi CNP dan besi UNP. Bentuk besi CNP menyerupai bentuk huruf awalnya (huruf C) yang sering digunakan untuk membuat rangka atap atau rangka lainnya. Sementara itu, bentuk besi UNP menyerupai bentuk huruf U yang sering digunakan untuk penutup atap, penopang dinding, dan pelengkap konstruksi rumah.

Besi Plat

Bentuk dari besi plat berupa lempengan yang panjang dan mudah dibentuk. Oleh karena itu, besi plat cocok untuk Anda gunakan renovasi sebagai material renovasi rumah. Selain digunakan untuk merenovasi rumah, besi plat juga digunakan untuk membuat sparepart kendaraan dan perkakas rumah tangga.

Besi Siku

Sesuai namanya, besi siku memiliki bentuk yang menyerupai segitiga siku-siku. Namun, pada satu sisi segitiga itu terbuka. Besi yang diproduksi dengan ukuran yang sama panjang ini digunakan untuk membuat detail dan kerangka tangga, rak besi, rangka pintu, dan tower air.

Besi Wiremesh

Untuk Anda yang menginginkan penguatan pada dak beton rumah, maka pilihlah besi wiremesh. Wiremesh adalah besi yang terbuat dari kawat dengan cara dianyam sehingga berbentuk lembaran yang berkotak-kotak. Ketebalan besi ini sangat bervariasi dan Anda dapat memilih ketebalan yang sesuai dengan kebutuhan. 

Pipa Besi

Pipa besi memiliki bentuk bulat memanjang dengan warna hitam di sekitar pipa tersebut. Material ini terbuat dari baja. Penggunaan material ini cocok digunakan untuk menyalurkan bahan-bahan yang mudah terbakar seperti oli, minyak, dan gas.

Material-material tersebut dapat Anda pesan secara khusus di KPS Steel. Sebagai distributor besi Jakarta, KPS Steel telah dipercayakan oleh banyak kontraktor sebagai penyedia material konstruksi dengan harga yang terjangkau namun memiliki kualitas yang terjamin.

Baca Juga: Proses Pembuatan Dan Manfaat Pipa Hitam

Jika Anda berkeinginan untuk merenovasi rumah, percayakan pilihan material pada PT Karya Perkasa Steelindo sebagai distributor besi Jakarta. Anda bisa hubungi kami di sini!

Bagikan Artikel :
Menu