Fungsi dan Jenis Besi Hollow

fungsi dan jenis besi hollow

Besi memang memiliki banyak fungsi dan manfaat untuk konstruksi bangunan.

Berbagai macam jenis besi tentu saja memiliki fungsi yang berbeda-beda dalam kegunaanya. Misalnya salah satu jenis besi yang umum digunakan dalam konstruksi bangunan adalah besi hollow. Fungsi & jenis besi hollow untuk bangunan memang sangat banyak.

Baca Juga: Pagar Besi Minimalis Untuk Hunian Anda

Dibandingkan dengan kayu, tidak bisa dipungkiri bahwa kini besi menjadi salah satu komponen utama untuk konstruksi bangunan. Besi dianggap lebih kuat untuk menopang bangunan dan digunakan untuk bagian-bagian lainnya dalam bangunan. Tidak heran jika sebagian besar konstruksi bangunan ada saat ini menggunakan besi.

Besi banyak digunakan dalam konstruksi bangunan untuk berbagai kepentingan seperti dalam campuran beton, penyangga bangunan dan lain sebagainya sesuai dengan karakteristik dan fungsi dari besi tersebut. Fungsi dan kegunaan besi memang sangat penting sekali dalam sebuah konstruksi bangunan. Tidak heran jika kini besi banyak macamya dan sesuai dengan yang dibutuhkan.

Mengenal Besi Hollow

Apa itu besi hollow? Mungkin sebagian dari kita belum mengetahui jenis besi yang satu ini.  Besi hollow merupakan salah satu jenis besi dengan bentuk berongga. Besi ini bisa dikatakan banyak kesesuaian sehingga bisa digunakan untuk beberapa model dan jenis konstruksi bangunan. Dengan kata lain bahwa jenis besi ini lebih mirip dengan penampang pipa dengan ukuran panjang dan berongga membentuk segi empat. Banyak juga yang menyebutnya sebagai pipa kotak

Inilah Beberapa Jenis Besi Hollow dan Fungsinya

Besi hollow tentu saja ada beberapa jenis yang umum digunakan. Fungsi besi hollow tentu saja disesuaikan dengan jenisnya. Nah, berikut ini ada beberapa jenis besi hollow serta fungsinya sesuai dengan kebutuhan.

1. Besi Hollow Galvanise

Salah satu jenis besi hollow yaitu Galvanise. Jenis besi hollow yang satu ini memiliki lapisan finishing dengan kandungan zing coating 97%. Selain itu, terdapat alumunium dan zat lainnya hingga 3%. Fungsi besi hollow yang satu ini banyak digunakan untuk kanopi, pagar dan lain sebagainya. Supaya tidak mudah berkarat sebaiknya besi hollow yang satu ini dilapisi dengan zat coating.

2. Besi Hollow Hitam

Bahan dasar besi yang satu ini adalah baja hitam sehingga akan membuat teksturnya lebih kuat dan lebih tebal. Banyak digunakan untuk pembuatan pagar. Besi hollow yang satu ini ukuranya panjang dan memang sudah distandarisasi.

3. Besi Hollow Galvalume

Kemudian untuk jenis besi hollow galvalum ini dilapisi dengan alumunium lebih besar jika dibandingkan dengan jenis hollow galvanise. Kandungan alumunium pada besi ini sekitar 55%. Kemudian ada unsur besi hingga 43.5%. Kemudian 1.5% dilapisi dengan silicon sehingga besi tidak akan mudah berkarat pada saat terkena oleh air seperti hujan. Jenis besi ini bisa digunakan untuk berbagai macam kebutuhan.

4. Besi Hollow Gypsum

Berikutnya ada jenis hollow Gypsum yang merupakan jenis besi hollow paling banyak di pakai. Jenis hollow yang satu ini memiliki ketahanan dalam jangka waktu lama karena bisa tahan terhadap segala kondisi. Lebih umum besi hollow ini banyak digunakan untuk rangka plafon dalam bangunan rumah atau gedung.

Baca Juga: Inspirasi Besi Hollow Untuk Pagar Ciptakan Nuansa Rumah Mewah

Beberapa jenis dan fungsi besi hollow tersebut tentu saja secara umum banyak digunakan sesuai kebutuhan dalam konstruksi bangunan. Dalam pembuatan pagar rumah juga lebih umum menggunakan jenis besi ini karena dianggap lebih tahan lama dan lebih kuat. Untuk menemukan bahan besi hollow terbaik, KPS Steel selaku distributor menyediakan material besi hollow berkualitas. Anda dapat melihat-lihat produknya di sini. 

Bagikan Artikel :

Artikel Terkait

Menu