Tips Membuat Besi Cincin Sendiri Bagi Pemula

cara membuat besi cincin sendiri dengan besi behel polos

Tips membuat besi cincin sendiri bagi Anda yang memiliki alat pembengkok besi

Besi cincin atau ring besi sangat dibutuhkan dalam proses pembangunan karena memiliki fungsi penting. Anda dapat membeli jadi besi cincin yang sudah tersedia di toko bangunan, atau membuatnya sendiri. Membuat ring besi sendiri jelas lebih hemat, karena hanya perlu membeli besi lonjoran kemudian dibentuk sendiri. Sementara kalau membeli jadi, jelas harganya lebih mahal karena sudah langsung siap pakai.

Baca Juga: Cara Menghitung Besi Beton, Besi Cincin, dan Besi Pokok

Jika Anda tertarik untuk membuat ring besi sendiri, maka ketahui dulu apa saja bahan dan alatnya. Lalu, pelajari bagaimana cara dan tips membuat ring besi, agar hasilnya sesuai dengan kebutuhan.

Bahan dan Alat yang Diperlukan untuk Membuat Besi Cincin

1. Bahan

Bahan utamanya sudah pasti besi, sebaiknya gunakan besi behel polos. Jangan memilih besi yang bergerigi atau ulir, karena sangat merepotkan saat dibentuk nantinya. Besi behel polos memiliki banyak kelebihan seperti mudah dibentuk, tidak rumit, dan sangat cepat prosesnya. Untuk ukuran besinya sendiri direkomendasikan ukuran 8 mm saja karena paling pas atau tepat.

Anda dapat memilih ukuran lebih besar untuk membuat cincinnya, sesuaikan dengan kebutuhan. Namun, biasanya ukuran yang lebih besar akan membutuhkan tenaga lebih karena sangat berat untuk membuatnya.

2. Alat

Bila bahan untuk membuat besi cincin sudah disiapkan, jangan lupa siapkan juga alatnya. Karena Anda tidak mungkin membengkokkan besi dengan menggunakan tangan kosong atau tanpa alat sama sekali. Pertama, alat yang dibutuhkan adalah meteran untuk membuat cincin besi berukuran 10 x 15. Kemudian pemotong besi, jika bingung seperti apa pemotongnya maka bisa memakai gerinda saja.

Alat lainnya yaitu cetakan pembengkok besi, jika Anda sudah memilikinya tentu akan lebih memudahkan. Sebenarnya, Anda juga bisa membuat cetakan dengan cara manual dengan menggunakan alat khusus yang memang sudah siap pakai.

Cara dan Tips Membuat Besi Cincin untuk Pemula

Sebagai orang yang baru pertama kali membuat besi cincin terkadang Anda bingung bagaimana caranya. Anda bisa mengikuti panduan yang akan dijelaskan berikut ini sehingga lebih memudahkan dan dijamin langsung bisa. Untuk membuat satu cincin besi maka dibutuhkan potongan besi behel yang lebih pendek lagi yaitu 50 cm. Pertama silahkan potong besinya menjadi 50 cm dan tentukan sendiri berapa yang dibutuhkan.

Ingat untuk memotong pas ukuran 50 cm jangan dikurangi atau dilebihkan karena sangat mempengaruhi ukuran cincinnya. Semakin banyak potongan besinya maka Anda bisa membuat lebih banyak cincin besinya. Kumpulkan potongan besinya kemudian mulai untuk membentuk dengan menyiapkan alatnya. Saat ini, kita akan membuat ukuran 10 x 15, maka pembengkokkannya harus berbentuk huruf L pada alat yang digunakan.

Pertama ukur ujung besinya 2 cm kemudian bengkokkan pertama kali menjadi huruf L. Kemudian lanjut di ukuran 15 cm bengkokkan lagi, kemudian di ukuran 10 cm lalu bengkokkan lagi. Selanjutnya ukur 15 cm, bengkokkan menjadi huruf L, dan langkah terakhir diukuran 10 cm bengkokkan lagi. Setelah berbentuk persegi panjang maka pada ujungnya dibengkokkan lagi 2 cm. Jika ukuran yang Anda gunakan pas maka bisa membentuk cincin besi dengan ukuran 10 x 15 cm.

Namun jika ada kesalahan ukuran membuat hasil akhirnya jelas tidak menjadi persegi panjang. Penting untuk membeli besi berkualitas agar memudahkan prosesnya, dan KPS Steel siap melayani Anda. Kami menjual produk besi cincin jadi atau kalau ingin membuat sendiri tersedia besi behel yang terjamin ori. Nah, itulah informasi mengenai tips membuat besi cincin yang dapat Anda lakukan sendiri. Apakah Anda sudah memahami langkah-langkah membuat besi cincin?

Baca Juga: Kegunaan Besi Cincin untuk Bangunan

Jika Anda tertarik untuk mengetahui lebih lengkap mengenai jenis besi, Anda dapat mengunjungi website KPS Steel di sini, atau dapat langsung menghubungi kami melalui Whatsapp di sini.

Bagikan Artikel :
Menu