Macam Macam Beton Dan Fungsinya

macam macam beton dan fungsinya

Macam macam beton – Dalam mendirikan bangunan tentu saja ada konstruksi khusus untuk membuat bangunan tersebut berdiri kokoh.

Terlebih lagi untuk bangunan-bangunan yang tinggi seperti gedung perkantoran, apartemen, pusat perbelanjaan, rumah sakit, jembatan dan lainnya. Tentu saja bangunan-bangunan seperti ini menggunakan konstruksi bangunan beton. Artikel ini akan membahas macam macam beton dan fungsinya agar penggunaannya tepat.

Baca Juga: Jenis Baja Ringan untuk Material Rumah Tahan Gempa

Beton menjadi salah satu bagian penting dalam sebuah konstruksi bangunan. Material ini merupakan sebuah hasil pencampuran dari agregat dan bahan pengikat. Beton banyak digunakan dalam mendirikan bangunan tinggi dan besar sebab konstruksi ini dianggap membuat bangunan menjadi lebih kokoh berdiri.

Konstruksi beton yang bagus tentu saja bisa menopang beban bangunan. Untuk itu dalam pembuatan beton tentu harus disesuaikan dengan jenis bangunan dan tinggi bangunan. Jika hal ini tidak sesuai tentu saja nantinya bisa berisiko bangunan ambrol. Konstruksi beton harus benar-benar dengan komposisi yang bagus.

Inilah Macam Macam Beton dan Fungsinya

Nah, supaya sebuah bangunan bisa kokoh berdiri tentu saja dalam hal ini ada beberapa jenis atau macam-macam beton yang perlu untuk Anda ketahui. Simak berikut ini macam-macam beton dan fungsinya untuk bangunan!

1. Beton Mortar

Salah satu jenis beton yang secara umum digunakan dalam konstruksi bangunan adalah beton mortar. Jenis beton yang satu ini adalah campuran dari air, pasir dan mortar. Bagian mortar biasanya mengunakan jenis lumpur, kapur atau semen. Pada beton ini dipasangi anyaman dari tulangan baja atau yang disebut dengan ferro cement. Biasanya anyaman dipasang di bagian dalam.

2. Non Pasir

Selanjutnya beton non pasir adalah campuran dari air, semen dan kerikil. Tidak ada campuran pasir sama sekali dalam pembuatan beton yang satu ini. Dengan tidak adanya pasir maka akan terbentuk rongga-rongga diantara kerikil tersebut. Biasanya beton jenis ini banyak digunakan untuk struktur bangunan yang ringan saja. Misalnya untuk bata beton, dinding sederhana, atau bahkan buis beton.

3. Beton Ringan

Bobot dari beton yang satu ini memang sangat ringan dan biasanya sebagian orang membuat beton ini dengan tambahan elemen sehingga bisa membentuk gelembung- gelembung udara. Mengingat  ini merupakan beton ringan, maka pengaplikasianya juga hanya pada area-area yang ringan saja seperti pada dinding non struktur.

4. Bertulang

Kemudian untuk beton bertulang ini dibuat dengan menggunakan campuran tulangan dari baja. Dengan tambahan tulangan pada beton maka hal ini akan menambahkan kekuatan pada beton yang lebih kokoh. Untuk beton tulangan biasanya digunakan pada bagian jalan, kolom bangunan, jembatan, pelat lantai bangunan dan lain sebagainya.

5. Beton Hampa

Untuk beton hampa tentu saja dilakukan dengan cara menyedot air pengencer adukan pada beton. Biasanya menggunakan alat vacum yang khusus. Bisa dibilang bahwa beton ini sangat kuat karena air yang tersisa hanya merupakan air yang sudah bereaksi dengan semen saja. Biasanya beton ini diaplikasikan untuk bangunan-bangunan tinggi.

6. Massa

Beton massa biasanya dibuat dengan sangat banyak sesuai dengan kebutuhan. Biasanya beton massa memiliki dimensi ukuran diatas 60cm. Digunakan untuk pembuatan bendungan, pilar bangunan dan pondasi bangunan.

7. Beton Pra Cetak

Biasanya beton ini dibuat untuk bidang konstruksi bangunan dan proyek pengerjaan seperti saluran air atau lainnya. Beton ini tentu tidak dibuat di tempat pengerjaan proyek namun dikerjakan di tempat khusus pembuatan beton.

Demikian macam-macam beton dan fungsinya dalam konstruksi bangunan yang banyak digunakan dalam setiap pembangunan sesuai kebutuhan. Selain pemilihan jenis beton yang benar, kualitas beton juga perlu diperhatikan.

Baca Juga: Cara Mudah Agar Besi Tidak Berkarat

Jika Anda tertarik untuk mempelajari informasi yang lebih lengkap mengenai beragam jenis besi, kunjungi blog kami untuk info terbaru. Kunjungi juga laman produk kami untuk informasi mengenai produk besi beton di KPS Steel. Anda juga dapat melakukan pemesanan, hubungi kami melalui WhatsApp.

Bagikan Artikel :

Artikel Terkait

Menu