Ragam Jenis Konstruksi Baja dan Struktur Utama Baja

pembangunan sebuah gedung menggunakan dua buah crane KPS Steel toko besi jakarta

Konstruksi baja merupakan salah satu jenis struktur logam, terbuat dari komponen baja struktural. Komponen tersebut saling terhubung sehingga dapat menopang beban dengan kekuatan maksimal.

Jika bicara soal baja, maka biasanya yang terpikirkan yaitu gedung bertingkat yang tinggi dan merah atau berbagai pabrik besar. Baja memang bahan yang kokoh dan kuat, sehingga umum dipakai untuk berbagai konstruksi besar.

Apa itu Konstruksi Baja?

Konstruksi dari baja merupakan komponen baja yang membentuk struktur dan saling terhubung. Fungsinya, untuk mengangkut dan menopang berbagai jenis beban, serta dapat memberikan kekuatan.

Bahan baja memiliki kekuatan yang bagus, sehingga penggunaannya dapat lebih efektif untuk berbagai jenis bangunan yang butuh kekuatan besar. Bahan baja jauh lebih kuat dibanding bahan lain seperti kayu atau beton. Hal itu membuatnya cukup populer untuk digunakan dalam pembangunan.

Karena kekuatan yang bagus tersebut, maka struktur baja sering digunakan untuk berbagai proyek pembangunan yang besar. Sebagai contoh, untuk bahan konstruksi menara, jembatan, bandara, industri berat, pabrik, dan berbagai infrastruktur. Selain itu, baja juga bisa dipakai untuk sistem pendukung peralatan serta rak pipa.

Konstruksi dari baja menggunakan jenis bahan baja struktural. Jika melihat dari pembuatannya, baja struktural ini dibentuk dari komposisi berbagai bahan kimia dan akan disesuaikan dengan proyek pembangunannya.

Bahan utamanya yaitu karbon dan besi. Selanjutnya, terdapat berbagai bahan yang ditambahkan untuk memperkuat dan menambah ketahanannya. Bahan tersebut yaitu logam campuran, mangan, dan berbagai zat kimia pada karbon dan besi.

Terdapat berbagai kelebihan dari konstruksi baja, sehingga membuatnya populer dan sering digunakan untuk berbagai jenis bangunan. Berikut merupakan berbagai kelebihan konstruksi dari baja.

1. Faktor Keamanan dan Kesehatan

Konstruksi dari baja biasanya hanya dapat dipasang oleh tenaga yang sudah terampil dan ahli. Hal ini dapat meningkatkan faktor keamanan dan keselamatan.

Selain itu, jika dilihat dari kekuatan dan ketahanan, bahan baja juga terbilang baik. Baja akan menjadi bahan konstruksi yang membuat bangunan menjadi kokoh.

Dilihat dari jenis dan sifat bahannya, pemasangan konstruksi dari baja ini tidak menyebabkan berbagai kebisingan atau pencemaran debu. Dengan demikian, berbagai faktor risiko tentang kesehatan juga dapat dicegah.

2. Fleksibilitas

Karena berbagai teknologi pemasangan yang semakin canggih, maka struktur baja mudah untuk diubah sesuai dengan keinginan. Hal ini membuat konstruksi dari baja memiliki kelebihan dari segi fleksibilitas. Dengan fleksibilitas tersebut, maka pembangunan dapat lebih disesuaikan dengan keinginan dan kebutuhan.

3. Tahan terhadap Lingkungan

Bahan baja terbilang cukup tahan terhadap berbagai cuaca dan aspek lingkungan lainnya. Jika dibandingkan dengan kayu yang berisiko dimakan rayap, perawatan bahan baja akan lebih mudah.

Tingkat keawetannya juga lebih bagus sehingga dapat digunakan dalam jangka waktu yang panjang. Hal ini membuat Anda tidak perlu terlalu sering melakukan renovasi konstruksi bangunan.

4. Cepat dalam Pemasangannya

Tingkat keakuratan dari komponen baja dapat membuat berbagai proses pemasangannya akan lebih cepat. Hal ini akan membuat berbagai proses pembangunan dapat berjalan dengan lebih efektif dan efisien.

Di samping kelebihan tersebut, bahan baja juga memiliki berbagai kekurangan, misalnya dari segi biaya. Menggunakan konstruksi dari baja membutuhkan berbagai biaya pemasangan yang besar. Selain itu, konstruksi baja hanya dapat dipasang oleh tenaga ahli untuk menjaga aspek keamanan.

Berbagai jenis bahan yang digunakan untuk konstruksi dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Terdapat bangunan yang membutuhkan bahan sangat kuat, sehingga baja menjadi pilihan yang tepat.

Namun, untuk berbagai konstruksi lain, ada pula yang dapat menggunakan bahan yang lebih ringan, misalnya besi. Untuk mendukung berbagai konstruksi, Anda dapat membeli berbagai kebutuhan besi melalui Distributor Besi KPS Steel. 

Jenis-Jenis Konstruksi Baja

Terdapat tiga jenis konstruksi yang umum digunakan untuk berbagai jenis bangunan. Berikut adalah penjelasan dari masing-masing jenis konstruksi.

1. Konstruksi Tipe Rangka

Jenis struktur yang pertama yaitu tipe rangka atau frame structure. Tipe ini terbilang cukup populer dan sering digunakan untuk berbagai jenis bangunan.

Terdapat beberapa batang baja, antara lain batang belok, batang tarik,dan batang lentur. Batang-batang baja tersebut dapat saling memperkuat untuk membuat konstruksi yang kokoh.

Konstruksi tipe rangka sangat sesuai jika digunakan untuk jembatan, atap, tower listrik, gudang, pabrik, dan sebagainya. Menara Eiffel yang terletak di Perancis merupakan salah satu bangunan terkenal yang menerapkan tipe ini dalam pembangunannya.

2. Konstruksi Tipe Suspensi

Jenis konstruksi selanjutnya yaitu tipe suspensi atau disebut juga suspension type structure. Tipe ini juga sangat menarik bagi banyak orang untuk diterapkan dalam konstruksi bangunannya.

Adanya kabel listrik dalam tipe ini menjadi penyebab menariknya struktur ini bagi banyak orang. Banyak yang meyakini bahwa elemen tarik yang dimiliki konstruksi ini adalah yang paling efisien untuk menopang berbagai jenis beban.

Tipe ini sering dipakai untuk konstruksi bangunan dengan tingkat beban yang tinggi serta membutuhkan elastisitas yang juga tinggi. Dengan menggunakan tipe ini, berbagai aspek keamanan juga dapat ditingkatkan.

Penggunaan tipe ini sering ditemui dalam pembangunan jembatan. Lebih tepatnya, pada kabel baja yang terdapat di jembatan.

3. Konstruksi Tipe Cangkang

Jenis konstruksi baja yang terakhir di pembahasan kali ini yaitu konstruksi tipe cangkang atau shell type structure. Dengan menggunakan tipe ini, konstruksi akan memiliki kemampuan utama yaitu dapat menahan tarikan dengan baik.

Biasanya, pada berbagai jenis bangunan, tipe cangkang akan digabungkan dengan tipe rangka. Hal tersebut dilakukan supaya mendapatkan daya tahan yang lebih tinggi. Kolaborasi dari kedua tipe tersebut sering ditemui pada berbagai jenis bangunan.

Tipe ini sering digunakan untuk bejana atau tangki air. Selain itu, berbagai jenis bangunan juga menggunakan tipe ini, terutama untuk bangunan yang di bagian atasnya memiliki kubah, misalnya masjid. Bangunan lain yang sering menggunakan tipe ini yaitu stadion dan gelora.

Struktur Utama Baja

Terdapat berbagai jenis struktur konstruksi dari baja, berikut merupakan 10 strukturnya:

  •  Arch
  • Arch bridge
  • Beam bridge
  • Cable-stayed bridge
  • Frame structures (Beams and columns)
  • Truss structures (Bar or truss members)
  • Prestressed structures
  • Grids structures (latticed structure or dome)
  • Suspension bridge
  • Truss bridge: truss members 

Baca Juga: Daftar Besi Bangunan untuk Kebutuhan Konstruksi

KPS Steel Toko Besi Bangunan Terlengkap di Jakarta

Bahan baja bersifat kuat dan cocok untuk berbagai konstruksi skala besar yang membutuhkan kekuatan yang besar pula. Namun, untuk berbagai konstruksi jenis lain, misalnya untuk rumah hunian, maka terdapat berbagai pilihan bahan lain yang lebih ringan, misalnya besi.

Besi sering digunakan untuk berbagai jenis dan bagian bangunan. Selain itu, banyak juga digunakan untuk keperluan lain yang mendukung bangunan.

Untuk mendapat hasil pembangunan, maka berbagai bahannya perlu dipertimbangkan dan dipilih dengan baik, termasuk dalam memilih bahan besi. Penting jenis besi yang sesuai dan berkualitas, sehingga konstruksi Anda dapat diselesaikan dengan maksimal sesuai fungsi yang diinginkan.

Selain berbagai konstruksi baja, kontruksi besi juga dapat menjadi pilihan Anda. Untuk berbagai kebutuhan bahan besi, distributor besi KPS Steel menyediakannya untuk Anda tanpa minimum pembelian. Kunjungi laman produk KPS Steel untuk informasi terkait jenis besi yang kami sediakan, hubungi kami untuk melakukan pemesanan.

Bagikan Artikel :

Butuh Besi untuk Konstruksi Baja?