Besi-besi Yang Dibutuhkan Untuk Konstruksi Bangunan

besi-besi-yang-dibutuhkan-untuk-konstruksi-bangunan-kps-steel-jakarta-indonesia

Pada masa kini, hampir semua bangunan menggunakan besi/baja. Meski suatu rumah atau hotel memiliki tema bambu, biasanya itu hanya ornamen luar saja, rangkanya tetap menggunakan rangka baja.

Itu karena baja lebih kuat dan mempunyai ketahanan yang lebih lama. Namun tidak semua besi digunakan hanya untuk bangunan gedung atau rumah. Contohnya, besi plat yang sering ditujukan untuk pembuatan kendaraan, alat rumah tangga dan lainnya.

Baca Juga: Ketahui Lebih Jauh Mengenai Pipa Seamless

Berikut ini bermacam-macam besi yang dirancang khusus untuk kosntruksi bangunan atau gedung.

Besi Beton

Memiliki fungsi terpenting karena berperan sebagai pondasi. Terdapat dua jenis besi beton yaitu beton polos dan beton ulir yang memiliki fungsi kurang lebih sama, namun memiliki daya rekat yang berbeda.

Besi WF Atau Wide Flange

Mempunyai kekuatan yang baik. Besi ini dapat menahan berbagai tekanan dan tarikan. Bentuknya menyerupai huruf H bila dilihat dari sisi besi (sisi kanan/kiri). Karena unggul dalam segi kekuatan, WF banyak digunakan dalam konstruksi bangunan.

Besi H-Beam

Memiliki bentuk yang hampir sama dengan WF yaitu seperti huruf H jika dilihat dari sisi kanan atau kiri. Perbedaan di kedua besi tersebut terletak pada kekuatannya. Besi ini sangat populer di bidang konstruksi bangunan. Banyak bangunan menggunakan besi jenis ini. Gedung berlantai tinggi dan jembatan adalah dua contoh bangunan besar yang menggunakan H-beam.

Besi CNP Dan Besi UNP

Dua besi ini memiliki banyak kesamaan. CNP berbentuk seperti huruf C, UNP seperti huruf U. Dua besi ini memiliki peran penting dalam konstruksi bangunan sehingga hampir tiap gedung atau bangunan memilikinya. Fungsi besi UNP adalah menjadi balok penutup yang dipasang pada atap. Pada dinding, besi ini berperan sebagai penopang. Besi CNP dipakai pada rangka atap.

Wiremesh

Besi ini sangat cocok digunakan dalam pembuatan pagar. Bentuknya seperti batang besi kecil yang dianyam membentuk anyaman besi dengan rongga berukuran sedang. Bentuk ‘anyaman’ besi ini biasanya kotak atau dapat juga berbentuk jajar genjang. Selain digunakan untuk pembuatan pagar, wiremesh juga dipakai untuk memperkuat dak beton.

Besi Hollow

Besi ini memiliki bentuk persegi panjang yang bagian tengahnya kosong atau berlubang. Itu lah sebabnya besi ini diberi nama besi ‘hollow’. Hollow diambil dari bahasa Inggris yang berarti rongga/lubang/kosong. Sering digunakan untuk pembuatan gerbang, kanopi, pagar dan lainnya.

Besi Siku

Besi ini memiliki bentuk siku 90o derajat atau huruf L, tetapi dengan panjang sisi yang sama. Sering digunakan untuk membangun tangga. Selain itu, banyak juga dipakai untuk pembangunan menara air, konstruksi bangunan dan lainnya.

Baca Juga: Karakteristik Dan Kegunaan Pipa Hitam Yang Perlu Anda Ketahui!

Beberapa macam besi di atas adalah besi dasar yang digunakan pada sebuah bangunan. Dapat dikatakan bahwa hampir setiap bangunan dengan rangka besi menggunakan semua jenis besi di atas. Untuk pembuatan bangunan Anda, KPS Steel memiliki segala kebutuhan baja.

Bagikan Artikel :
Menu