Ragam Besi yang sering digunakan dalam Pembangunan Jembatan

besi yang sering digunakan dalam pembangunan jembatan

Sebagai penghubung antara daratan satu dengan lainnya, pembangunan jembatan harus dibuat dengan sangat teliti dan kokoh. Kesalahan sedikit dalam pembangunan jembatan dapat membuat orang banyak berada dalam bahaya.

Bayangkan jika sedang menggunakan jembatan untuk menyebrang dengan mobil bersama keluarga Anda, jika jembatan tersebut memiliki bahan yang tidak kuat dan kokoh, serta pengerjaannya yang sembarang, maka dipastikan bahwa Anda akan terjatuh ke sungai di bawah jembatan.

Jembatan-jembatan besar di Indonesia rata-rata terbuat dari besi yang telah melewati banyak proses. Sehingga menjadikan besi-besi tersebut kuat untuk menjadi standard sebuah jembatan penyebrangan dari jembatan penyebrangan orang sampai jembatan penyebrangan kendaraan beroda.

Fungsi utama sebuah jembatan adalah untuk menghubungkan dua wilayah yang berbeda. Selain itu, dengan adanya jembatan dapat menimbulkan berbagai macam kemajuan di kedua wilayah yang terhubung tersebut, baik di bidang transportasi, ekonomi, budaya, dan bidang-bidang lainnya.

Jembatan memiliki beberapa jenis seperti jembatan kayu, jembatan pasangan batu dan batu bata, jembatan beton, jembatan baja, dan jembatan komposit. Baja menjadi salah satu bahan konstruksi utama membuat jembatan. Umumnya digunakan untuk jembatan dengan bentang yang panjang dengan beban yang diterima cukup besar.

Baja merupakan salah satu jenis besi yang bermanfaat bagi banyak jenis konstruksi dimana salah satunya ada jembatan. Selain besi, ada beberapa jenis besi lainnya yang berfungsi untuk menjadi bahan pembangunan jembatan.

Berikut adalah beberapa jenis besi yang sering digunakan dalam pembangunan jembatan:

1. Besi Wide Flange (WF)

Besi ini berguna sebagai penyangga sebuah konstruksi agar tidak mudah mengalami dislokasi. WF besi ini memiliki ciri khas dari dua bagian sayap paralel (flanges) yang dihubungkan dengan satu jaringan konektor di tengah (web).

Besi WF ini memiliki ukuran rasio bagian sayap yaitu 2:1. Kemampuan besi ini menahan gaya gravitasi sangatlah top, sehingga selain jembatan besi WF juga digunakan untuk jenis konstruksi lainnya seperti sebuah bangunan.

Dengan kegunaannya yang menjadi kokohnya sebuah kontruksi, ternyata besi WF ini sifatnya tidak terlalu berat sehingga pemasangannya lebih efisien.

2. H-Beam

Bentuk serta kegunaannya sama dengan besi WF sehingga seringkali besi H-Beam adalah kembarannya besi WF. Besi H-Beam ini sangatlah kokoh untuk pembangunan jembatan.

Kemampuan menyangganya bisa menahan benda yang sangat berat seperti kereta api dan beribu kendaraan, menjadikannya cocok untuk konstruksi jembatan dimana mehanan benda yang sangat berat merupakan kewajiban utamanya.

Ukuran besi ini tidak tanggung-tanggung sobat. Besi ini memiliki panjang yang bisa mencapai 330 kaki, sehingga jembatan untuk menghubungkan dua daratan yang sangat jauh tidak menjadi masalah.

Baca Juga: Ragam Ide Kanopi Minimalis dengan Besi Hollow

3. Assental

Jenis besi yang satu ini banyak kita temukan di sekeliling, tetapi sobat sekalian hanya tidak mengenal saja nama serta bentuk dan kegunaannya. Besi Assental yang biasa disebut dengan besi As ini memiliki bentuk bulat dan kotak.

Jenis besi ini dikenal dengan kuat menahan beban dan tahan lama. Kemampuan besi ini pada outdoor tidak dapat diragukan lagi, sehingga membuat besi ini cocok dijadikan bahan membangun jembatan karena sifatnya yang tahan karat dan cukup baik untuk menahan korosi.

Salah satu produk besi baja ini bisa dibuat menjadi bentuk lain seperti mur dan baut yang berfungsi untuk mengencangkan sebuah konstruksi seperti jembatan.

Untuk membantu memperlancar proyek pembangunan jembatan Anda baik itu jembatan berukuran kecil atau berukuran besar sekali pun, proses pemilihan bahan untuk jembatan sangatlah penting untuk dilewati.

Perhatikan jenis konstruksinya lalu pilih bahan yang cocok, jika besi merupakan bahan yang cocok untuk proyek Anda maka informasi di atas bisa membantu mempermudah pekerjaan Anda.

Baca Juga: Menilik Kegunaan Plat Kapal Pada Industri Minyak dan Gas

Jika Anda tertarik untuk mempelajari informasi yang lebih lengkap mengenai beragam jenis besi, kunjungi blog kami untuk info terbaru. Kunjungi juga laman produk kami untuk informasi mengenai produk besi h-beam, wide flange, dan assental di KPS Steel. Anda juga dapat melakukan pemesanan, hubungi kami melalui WhatsApp.

Bagikan Artikel :
Menu