Tabel Ukuran Seng Spandek untuk Atap Rumah

jenis-atap-spandek-kps-steel-jual-besi-jakarta-ukuran-seng-spandek

Ukuran Seng Spandek untuk Atap Rumah Anda

Kekhawatiran dan kebingungan pertama kali ketika ingin menggunakan spandek sebagai atap rumah adalah menentukan besar ukuran seng spandek yang akan digunakan. Mengingat di pasaran ada banyak sekali jenis dan ukurannya. Salah menghitung ukuran bisa berdampak pada beberapa hal, pertama mempengaruhi efektivitasnya untuk melindungi rumah dari paparan sinar matahari atau hujan. Kedua berpengaruh pada jumlah anggaran yang harus dikeluarkan, semakin besar ukurannya semakin banyak biayanya.

Baca Juga: Mengenal Keunggulan Atap UPVC dan Ragam Jenisnya

Spandek sendiri adalah sebuah terobosan sebagai pengganti genteng tradisional. Dibentuk menggunakan perpaduan antara seng, aluminium, dan silikon, membuatnya kuat dan tahan lama. Bahan ini kian diminati, namun belum banyak orang tahu cara menghitung ukuran sesuai kebutuhan.

Mengapa Banyak Orang Beralih Ke Atap Spandek?

Permasalahan ketika menggunakan atap atau genting tradisional yang terbuat dari tanah liat adalah bahannya berat. Selain itu pemasangannya juga kompleks, memerlukan banyak waktu serta membutuhkan banyak material untuk memasang rengnya. Apabila gentingnya tidak dilapisi dengan cat khusus, seperti cat anti air, ada potensi besar terjadi kebocoran di berbagai titik. Fenomena ini sering terjadi ketika musim hujan telah tiba.

Ditambah lagi juga harus senantiasa membersihkannya dari berbagai lumut yang berpotensi menempel. Spandek berkebalikan dari atap tradisional, berasal dari bahan seng, alumunium, dan silikon, menjadikannya sebagai bahan atap yang ringan tetapi kuat. Secara ukuran seng spandek, juga cukup lebar, sehingga proses pemasangannya lebih cepat. Dari segi bentuk, ada berbagai macam, mulai jenis bergelombang tinggi atau bergelombang lebar.

Bentuk tersebut membuat aliran air menjadi lebih lancar, sehingga mengurangi potensi terjadinya kebocoran pada berbagai titik. Namun jenis ini memiliki kelemahan, yaitu terkadang membuat ruangan terasa lebih panas atau ketika hujan terdengar sangat berisik. Namun kini terdapat berbagai teknologi pelapis atapnya, sehingga mengurangi tingkat kebisingannya.

Berbagai Ukuran Seng Spandek dan Cara Menghitung Kebutuhannya

Secara umum, spandek memiliki ukuran universal apapun jenisnya, baik berjenis pasir, transparan, warna, atau original. Secara ketebalan bervariasi, paling tipis yaitu 0,25 mm dan paling tebal biasanya 0,5 mm, sangat tipis dan ringan. Secara panjang, bervariasi, biasanya tersedia ukuran mulai dari 2m, 3m, 4m, 5m, dan 6m, namun tersedia juga ukuran custom, seperti 2,4m atau 5,7m. Lebarnya juga beragam, mulai dari 0,78m hingga 2m, biasanya bentuk gelombangnya juga menyesuaikan.

Untuk menghitung kebutuhan spandeknya, Anda bisa mengukur terlebih dahulu luas permukaan atapnya. Misalkan sebuah kanopi ingin ditutupi menggunakan spandek transparan, ukuran panjang kali lebarnya sebesar 10m x 5m. Rencananya hendak dipasang spandek transparan 0,35mm dengan panjang x lebarnya adalah 3m x 0,78m. Untuk mengukur banyak spandeknya, bisa menggunakan rumus berikut :

Kebutuhan = 2 x (panjang x lebar atapnya) x (1/(panjang x lebar spandeknya, sehingga berdasarkan informasi kebutuhan tersebut, kebutuhan spandeknya adalah sebesar : 2 x (10 x 5) x (1/(3 x 0,78)) = 42,73. Berdasarkan perhitungan ini, didapatkan bahwa Anda harus memesan bahannya minimal sebanyak 43 buah. Setelah mengetahui kebutuhan tersebut, langkah berikutnya adalah menghitung anggarannya. Caranya sederhana yaitu tinggal mengalikan kebutuhan total panjang pendeknya dengan harga per satuannya.

Baca Juga: Kuda-Kuda Baja, Membangun Ketangguhan Atap

Pastikan Anda membuat tabel budget untuk rombak atap rumah. Jangan lupa Anda juga harus memastikan membeli spandek berkualitas tinggi, agar lebih tahan lama, anti panas, serta tidak berisik ketika musim hujan tiba. Kami menyediakan beberapa jenis atap dengan berbagai jenis ukuran, sesuai dengan permintaan Anda. Memilih atap yang tepat merupakan salah satu langkah cerdas dalam menghemat anggaran serta menjaga hunian tetap nyaman. Karenanya semuanya harus direncanakan seperti ukuran seng spandek, kebutuhan atapnya, serta cara perawatannya, yuk cek produknya.

Jika Anda tertarik untuk mengetahui lebih lengkap mengenai beragam jenis besi dan informasi lainnya. Anda dapat mengunjungi website KPS Steel di sini, atau dapat langsung menghubungi kami untuk melakukan pemesanan melalui Whatsapp di sini.

Bagikan Artikel :

Artikel Terkait

Menu