Empat Rekomendasi Bahan Atap Anti Bocor Paling Bagus

4 rekomendasi atap anti bocor paling bagus

Bahan atap anti bocor yang bagus membuat Anda tenang kala musim hujan datang.

Atap adalah salah satu komponen penting dalam membangun sebuah rumah.  Atap yang dibuat dengan bahan berkualitas dan dibangun melalui proses yang tepat akan membuat penghuni rumah lebih nyaman, apalagi saat hujan lebat.  Oleh karena itu, rekomendasi bahan atap anti bocor sangat diperlukan bagi Anda yang sedang berencana untuk membangun rumah.

Baca Juga: Cara Membuat Penyangga Kanopi dan Tiang untuk Lampu Jalan

Penyebab Atap Rumah Bocor

Sebelum kita membahas lebih jauh tentang rekomendasi bahan atap anti bocor, kita harus tahu dulu apa saja penyebab atap bocor. Jadi, ketika Anda membangun rumah nanti, Anda sudah bisa mengantisipasi agar atap rumah anda anti bocor.

1. Faktor alami

Perubahan cuaca dari panas ke dingin setiap hari, apalagi di saat musim hujan, bisa membuat material pembangun atap cepat rusak.  Jika bahan pembuat atap kurang berkualitas, atap akan mudah tergerus karena tempaan air hujan dan panasnya matahari setiap hari.

2. Pemasangan atap yang kurang rapi

Jika membangun rumah dari nol, perhatikan teknik pemasangan atap yang Anda lakukan.  Pastikan atap yang Anda pasang tertata dalam kondisi rapi dan tidak meninggalkan rongga, sebab rongga yang ada akan menjadi celah air untuk masuk.

3. Sudut kemiringan atap yang salah

Atap rumah yang ideal memiliki sudut kemiringan sebesar 30 derajat. Tujuannya adalah agar air hujan yang jatuh mengenai atap bisa langsung mengalir ke bawah dan tidak merembes masuk ke dalam rumah.

4. Sambungan atap terlalu banyak

Saat membangun rumah, usahakan sambungan atap seminimal mungkin.  Jika terlalu banyak, maka titik pertemuan antara material atap akan semakin banyak.  Jika titik pertemuan renggang, maka celahnya akan memungkinankan air hujan untuk masuk.

5. Bahan pembuat atap yang tidak tepat

Ada banyak sekali bahan untuk membuat atap, namun tidak semuanya tepat. Bahkan, bahan pembuat yang sama pun biasanya kualitasnya berbeda. Pastikan material atap yang Anda gunakan berkualitas serta tidak kaku. Dengan memilih bahan yang tepat, air hujan akan tetap dapat mengalir meskipun kemiringan atap kurang dari 30 derajat.

Bahan Pembuat Atap Anti Bocor

Terdapat berbagai material yang dapat digunakan sebagai atap bangunan. Namun, bahan mana yang baik dan tepat untuk bangunan Anda? Berikut beberapa ulasan berbagai material yang biasa digunakan sebagai atap bangunan.

1. Asbes

Dibandingkan atap yang terbuat dari tanah liat, atap lembaran seperti asbes terbukti ampuh untuk menahan bocor.  Pada bahan asbes, sudut kemiringan sangat penting untuk mencegah kebocoran. Meski begitu, asbes merupakan salah satu bahan atap yang bisa mentoleransi jika sudut kemiringan atap tidak tepat 30 derajat.

2. Aspal

Genteng yang terbuat dari material aspal juga terbukti anti bocor. Pasalnya, genteng dari aspal ini juga dilapisi mineral dan dipadukan dengan fiberglass.  Jadi, atap Anda tidak akan mudah rusak meski tergerus air. Selain itu, aspal merupakan bahan yang tahan terhadap panas dan api.  Jika ada angin puting beliung, resiko atap terbawa juga lebih rendah.

Meski mudah dipasang dan ringan, genteng berbahan dasar aspal tetap kokoh. Dengan banyaknya keunggulan dari material aspal, jangan heran jika harga yang ditawarkan lebih tinggi dari material lainnya.

3. Metal

Mau yang benar-benar tahan lama? Atap dari genteng berbahan metal bisa menjadi jawaban. Genteng ini perpaduan dari jenis bahan metal terbaik, seperti aluminium, besi, seng dan tembaga.  Anda akan mendapatkan atap yang anti karat, tidak mudah pecah, tahan terhadap angin, bocor, dan hal-hal yang biasa Anda khawatirkan terjadi pada atap Anda.

4. Beton

Hampir sama dengan aspal, beton merupakan bahan yang baik untuk membuat atap. Dari segi harga, atap berbahan beton relatif lebih terjangkau. Kendati demikian, masyarakat cenderung menggunakan beton hanya sebagai pelapis untuk memperkuat atap karena dianggap kurang bagus secara estetika.

Padahal, jika rumah Anda didesain minimalis, atap dari beton dapat menjadi pilihan tepat untuk menghadirkan kesan modern.

Baca Juga: Berbagai Jenis Besi yang Harus Anda Ketahui Sebelum Merenovasi Rumah

Memilih bahan membuat atap memang sangat krusial untuk membangun sebuah rumah.  Demi kenyamanan penghuninya, atap anti bocor sangat penting, terutama di musim hujan. Semoga daftar rekomendasi bahan atap anti bocor di artikel ini bisa membantu Anda untuk menentukan nasib rumah Anda. Jika membutuhkan material untuk atap rumah Anda, jangan segan untuk menghubungi KPS Steel.

Bagikan Artikel :
Menu