Cara Mengatasi Bocor pada Sambungan Atap dengan Efektif

Cara Mengatasi Bocor pada Sambungan Atap dengan Efektif KPS Steel distributor besi jakarta

Pada dasarnya, ada beberapa cara mengatasi bocor pada sambungan atap yang efektif. Anda dapat mengatasi atap bocor menggunakan metode-metode yang sudah ada. Metode untuk mencegah dan mengatasi kebocoran sudah dilakukan oleh kontraktor profesional.

Jadi Anda tidak perlu khawatir dan hanya perlu mengikuti instruksinya saja. Atap bocor sering terjadi jika kondisi sambungannya sudah tua. Selain sambungan yang sudah tua, kebocoran juga bisa terjadi karena kesalahan manusia ketika memasang dan menyambungkannya.

Karena sambungan tidak optimal, atap mengalami kebocoran. Apalagi di musim hujan yang mengakibatkan atap mudah rusak ketika penanganannya kurang baik. Cara mengatasi bocor pada sambungan atap perlu diketahui agar tempat hunian nyaman ditinggali.

Upaya pencegahan dan penanganan ini berlaku untuk semua orang. Khususnya bagi warga di wilayah dengan curah hujan yang tinggi seperti pegunungan. Dengan mempelajari informasi tersebut, risiko kebocoran bisa dihindari dan rumah Anda tetap dalam kondisi aman.

8 Cara Mengatasi Bocor pada Sambungan Atap

Potensi terjadinya kebocoran harus segera ditangani agar rumah tetap nyaman ditinggali. Di bagian atap, potensinya bisa dari lapisan serta genteng. Untuk dapat mengatasi kebocoran, berikut ini beberapa cara atau metode yang bisa Anda gunakan secara langsung.

1. Pastikan Atap Bersih dari Genangan Air

Sebaiknya Anda jangan remehkan air yang menggenang terlalu lama di atas atap. Air bisa jadi cairan yang bersifat korosif jika ditinggalkan begitu lama. Apalagi jika cairan itu lama menetap di musim hujan, genangannya akan menggores atap secara perlahan-lahan.

Membersihkan genangan air jadi salah satu cara mengatasi bocor pada sambungan atap yang efisien. Selain mengurangi beban di atap, lapisan juga terhindar dari lumut. Bahkan atap jadi lebih kokoh dan tahan lama, jika Anda membersihkannya secara rutin.

Untuk membersihkan genangan, Anda perlu membuat celah kecil. Celah berguna sebagai saluran, agar air tidak menggenang di satu bagian saja. Jika sudah menemukan genangan, sebaiknya segera perbaiki saluran air di atap untuk kebaikan Anda ke depannya.

2. Pengecekan Secara Rutin

Tentu saja untuk memastikan tidak ada masalah, Anda harus melakukan pengecekan atap secara rutin. Selain genangan air, masih ada kondisi lain yang harus dihindari. Di antaranya retakan, goresan, material pasir dan faktor lain yang berbahaya bagi sambungan.

Dengan melakukan pengecekan, Anda bisa melakukan upaya pencegahan. Nantinya cara mengatasi bocor pada sambungan atap ditetapkan setelah mengetahui inti masalahnya. Jika upaya pencegahan sudah dilakukan, maka Anda tidak perlu memperbaikinya lagi.

Namun jika terbukti terdapat kerusakan atau lecet, sebaiknya segera diperbaiki. Tujuan utama dari pengecekan rutin ialah mengetahui kondisi lapisan atap secara berkala. Dalam kurun waktu 3 bulan sekali, Anda bisa melakukan pengecekan di lapisan atap.

3. Memastikan Kemiringan Atap

Salah satu penyebab kebocoran ialah faktor kemiringan yang tidak sesuai dengan standar bangunan. Faktor kemiringan atap bangunan paling aman di angka 30-40 derajat. Kurang dari angka tersebut, atap akan mendapat beban berat dari genangan air.

Bahkan air tidak akan bisa mengalir dengan sempurna jika faktor kemiringannya kurang. Untuk mengatasinya, Anda harus memanggil tukang perbaikan. Cara mengatasi bocor pada sambungan atap ialah mempertinggi bagian atas sehingga kemiringannya ada.

Rumah dengan atap tipe limas dan segitiga harus memperhatikan kemiringan. Hal ini bisa terlihat dari sambungan atapnya yang perlu penanganan lebih. Berbeda dengan tipe atap datar yang menggunakan beton sebagai lapisan atap atas dengan daya tahan tinggi.

4. Mengganti Genteng yang Hancur

Rumah dengan atap tipe limas atau segitiga umumnya menggunakan genteng. Jika atap menggunakan genteng, maka sambungan bergantung pada kondisi materialnya. Genteng yang rusak atau hancur bisa menyebabkan kebocoran sehingga harus segera diganti.

Tentu saja mengganti genteng menjadi salah satu cara mengatasi bocor pada sambungan atap. Usahakan lakukan pengecekan rutin agar tahu kondisi genteng rumah Anda. Segera ganti genteng dengan material baru agar masalah kebocoran atap bisa dihindari.

Genteng hancur bisa diakibatkan oleh beberapa hal seperti usia, alam dan faktor manusia. Faktor alam, diakibatkan oleh guncangan gempa atau terkikis oleh pergantian suhu yang ekstrem. Faktor alam sulit untuk ditangani kecuali dengan persiapan yang matang.

5. Gunakan Cat Water Proof

Satu hal yang perlu dilakukan untuk mengoptimalkan kondisi atap ialah menggunakan cat Water Proof. Cat pelapis anti air ini sangat berguna untuk menjaga sambungan agar tetap kokoh. Biasanya cat pelapis dapat diaplikasikan di seng, genteng beton dan metal.

Dengan menggunakan cat pelapis, atap rumah tidak akan mudah bocor. Cat menjadi salah satu cara mengatasi bocor pada sambungan atap dengan mengoptimalkan proteksi. Jadi, cat dapat dioleskan di saat atap masih baru atau ketika lapisannya masih bagus.

Jika atap sudah retak atau sambungannya bermasalah, maka proteksinya kurang optimal. Anda harus menggantinya dengan material baru sebelum dioleskan cat water proof. Hal ini hanya berlaku bagi atap yang menggunakan genteng tanah liat dan keramik.

6. Memperhatikan Ventilasi Udara

Siapa sangka jika ventilasi udara itu juga harus dipertimbangkan saat menjaga sambungan atap dari kebocoran. Ventilasi biasanya dapat mempengaruhi kondisi kelembapan di area atap. Jika terlalu lembap, kondisi atap bisa terkikis dari dalam dan itu berbahaya.

Atap mudah rusak ketika mendapatkan perbedaan suhu yang cukup ekstrem. Oleh sebab itu, perhatikan ventilasi udara rumah agar tidak terlalu lembap. Cara mengatasi bocor pada sambungan atap yang satu ini dinilai cukup efektif untuk jangka waktu panjang.

Agar dapat mengoptimalkan ventilasi udara, sebaiknya persiapkan ruang yang cukup. Dari kemiringan hingga besar kecilnya ventilasi, semua harus dipertimbangkan. Tentu saja hal ini perlu diperhatikan ketika merancang konstruksi rumah.

7. Gunakan Pelapis Atap

Selanjutnya Anda bisa menggunakan pelapis atap untuk memperkuat sambungan. Untuk pelapis atap, Anda bisa menemukannya di toko bangunan karena banyak dijual di sana. Fungsi pelapis tentu saja untuk menebalkan atap agar tidak mudah ditembus air.

Kebocoran bisa dihindari dengan mempersiapkan lapisan yang optimal. Cara mengatasi bocor pada sambungan atap itu mudah jika Anda sudah tahu poin-poin pentingnya. Atap dan lapisannya jadi poin penting karena mempengaruhi faktor ketahanan.

Sambungan atap jadi lebih kuat ketika diberikan lapisan tambahan. Bahkan Anda juga bisa meningkatkan daya tahan atap setelah diberi material tersebut. Contoh pelapis yang biasa digunakan ialah semen, polimer, akrilik dan batumen.

8. Gunakan Material Berkualitas

Untuk menghindari kebocoran, tentu Anda perlu material yang berkualitas. Saat ini ada 2 jenis material atap yang kualitasnya terjamin yaitu UPVC Holodeck dan Avantguard. Kedua material itu sudah dilengkapi lapisan khusus yang dapat bertahan bertahun-tahun.

Baca Juga: Ketahui Beragam Jenis Atap Rumah Multiroof dan Keunggulannya

Rumah Anda bisa terbebas dari kebocoran dengan menggunakan dua material tersebut. Untuk mendapatkannya sangat mudah, Anda bisa membelinya di KPS Steel. Sebagai distributor material bangunan terbaik, KPS Steel menawarkan atap UPVC dan atap Holodeck.

Kunjungi laman produk KPS Steel untuk informasi mengenai beragam produk yang tersedia.

Bagikan Artikel :

Artikel Terkait